skip to Main Content

Curug Ciparay Muara Herang: Tiket Masuk, Daya Tarik, Jam Buka

Membahas wisata alam di Bogor seolah tidak ada habisnya. Daerah di Jawa Barat ini termasuk salah satu tujuan wisata akhir pekan yang populer. Salah satu destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi adalah Curug Ciparay Muara Herang.

Baca juga : Indahnya Panorama Alam Curug Kondang di Bogor

Curug ini punya banyak pesona hingga membuatnya tidak pernah sepi pengunjung. Simak ulasan lengkap Curug Ciparay Muara Herang mulai dari daya tarik, fasilitas, lokasi dan rute, hingga tiket masuknya yuk!

Daya Tarik

Foto oleh @rizal_.am

Curug Ciparay Muara Herang merupakan air terjun asli dengan ketinggian 72 meter di kaki Gunung Salak. Air yang mengalir deras dari tebing setinggi 50 meter menciptakan pemandangan yang sangat menakjubkan di tempat ini. Suasana di sekitarnya pun masih sangat asri, dipenuhi oleh batu-batu besar dan tumbuhan liar.

Pada musim kemarau, volume air terjun berkurang sehingga bebatuan tinggi yang dilalui air akan terlihat jelas lekukannya. Selain air terjun, di sini juga ada sungai dengan aliran air yang cukup deras. Menariknya, air sungai masih sangat jernih hingga bagian dasarnya terlihat jelas dari permukaan.

Foto oleh @melissa_chacha

Seakan belum cukup, Anda juga akan dimanjakan oleh sebuah telaga di dekat curug. Telaga ini dihiasi air bernuansa biru kehijauan, sementara di bagian yang datar air cenderung berwarna merah kecoklatan. Yang tidak kalah menarik dari petualangan di Curug Ciparay Muara Herang adalah perjalanan untuk sampai ke air terjun.

Diperlukan sedikit perjuangan jika ingin menyaksikan keindahan air terjun ini. Namun tentu saja hal itu tidak menyurutkan minat pada pengunjung untuk datang.

Fasilitas

Curug yang satu ini memang tidak bisa dijangkau oleh kendaraan secara langsung. Namun fasilitas yang disediakan untuk para pengunjungnya boleh dibilang lengkap. Sebut saja seperti kamar mandi, musholla, tempat parkir yang luas, serta penginapan di sekitar rumah warga jika Anda ingin bermalam di sana.

Lokasi dan Rute

Foto oleh @abbey_zhunaedy

Curug Ciparay Muara Herang terletak di Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Dari pusat kota, jaraknya sekitar 38 kilometer atau setara dengan 1 jam 30 menit perjalanan. Karena curug ini merupakan tempat wisata alam asli, maka butuh sedikit perjuangan untuk mencapainya.

Pengunjung akan diajak melewati persawahan, perkebunan sayur, dan hutan agroforestry yang berada dalam satu area. Perjalanan ini memakan waktu 15 menit dari pos gerbang tiket, melewati lintasan dengan kemiringan 20 sampai 60 meter. Setelah itu, pengunjung harus melalui jalan setapak untuk bisa mencapai curug. Jalanan ini tidak bisa dilalui kendaraan, sehingga pilihan satu-satunya adalah dengan trekking. 

Nah, buat Anda yang memang suka trekking, Anda bisa memulainya dari tempat parkir sampai ke lokasi lho! Lintasan trekking sudah cukup memadai dengan tanjakan dan turunan berbatu. Sebagian jalan masih berupa tanah merah. Perjalanan ini kira-kira memakan waktu 30 menit.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa menyaksikan pemandangan Curug Ciparay Muara Herang yang menakjubkan ini secara langsung meskipun ada 2 macam tiket yang harus dibayar. Pertama adalah tiket masuk ke trek menuju curug seharga Rp 15 ribu. Kemudian tiket untuk masuk ke area curug seharga Rp 10 ribu per orang. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, akan ada biaya parkir yang harus dibayar.

Kawasan wisata ini buka setiap hari mulai jam 7 pagi sampai 4 empat sore. Di akhir pekan, jam operasionalnya ditambah 30 menit karena banyaknya pengunjung yang datang. Waktu terbaik untuk mengunjungi curug adalah saat musim kemarau, dimana debit air lebih sedikit sehingga Anda bisa lebih puas bermain air terjun. Tidak hanya itu, lintasan trek pun juga lebih kering karena tidak ada air hujan.