Oleh Oleh Bogor yang Wajib Dibeli Saat Liburan ke Bogor!

Bogor, dengan daya tariknya yang tak pernah padam, menawarkan berbagai destinasi wisata. Salah satunya adalah destinasi kuliner atau berbagai macam Oleh Oleh Bogor yang menarik untuk dijelajahi.

Dari begitu banyaknya kuliner yang ditawarkan di kota Bogor. Ada beberapa makanan khas yang wajib Anda coba saat mengunjungi kota Hujan yang satu ini. 

Berikut kami akan menyajikan 10 oleh oleh Bogor yang wajib dibeli saat berkunjung ke kota Bogor. Yuk simak daftarnya di bawah ini!

Oleh oleh Bogor – Asinan Bogor

Foto oleh shutterstock

Oleh Oleh Bogor pertama yang wajib dibeli adalah asinan Bogor. Kuliner  ini merupakan Makanan khas Bogor yang dibuat dari campuran beberapa buah-buahan dan sayuran. Selain isian buah di dalamnya, Asinan ini diberi bumbu kuah yang pedas dan segar. Dengan cita rasa uniknya, Asinan ini menjadi salah satu oleh oleh yang wajib Anda coba.

Untuk menikmati Asinan Bogor ini, anda bisa dengan mudah menemukannya di berbagai pedagang Asinan Bogor. Namun, jika ingin membelinya sebagai oleh oleh, anda harus memperhatikan kualitas Asinan yang akan dibeli. Pastikan untuk membeli Asinan Bogor yang dikemas dengan baik supaya tetap segar saat sampai tujuan ya.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Healing di Bogor yang Bikin Rileks

Lapis Bogor Sangkuriang

Oleh oleh Bogor selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah lapis Bogor, salah satu kuliner legendaris populer adalah Lapis Talas Bogor Sangkuriang. Sangkuriang sendiri merupakan toko yang menjual Lapis Bogor sejak tahun 2011. Sangkuriang telah dikenal sebagai toko oleh oleh Bogor kekinian yang menjual berbagai olahan berbahan dasar Tepung Talas. 

Bagi Anda yang ingin menikmati kelembutan Lapis Talas Bogor Sangkuriang, anda bisa membelinya di outlet resmi Lapis Bogor Sangkuriang yang terletak di Jalan Padjajaran, Baranangsiang, Bogor. Selain menawarkan Lapis Talas, Sangkuriang juga menyajikan berbagai produk lain. Seperti Donat kukus, Cupcake Coklat, dan Cupcake Talas Keju, serta menu lain seperti Brownies Caramel, Lapis Bunder coklat, serta berbagai menu lezat lainnya. 

Meskipun menyajikan kualitas bintang lima, tetapi tenang saja, berbagai produk pada Lapis Bogor Sangkuriang ini dijual dengan harga yang terjangkau. Anda bisa menikmati kelembutan dari berbagai produknya mulai dari harga Rp 3500 hingga Rp 37.000 saja. 

Kacang Bogor

Kacang Bogor, merupakan salah satu jenis kacang khas yang dibudidayakan di tanah Jawa Barat. Kacang Bogor ini memiliki cita rasa khas yang gurih alami. Sehingga, banyak orang mencari Kacang ini  sebagai oleh oleh yang wajib dibeli. 

Karena banyak dicari oleh para wisatawan dari luar daerah Bogor, kacang ini sudah banyak diolah menjadi camilan yang lezat. Berbagai olahan Kacang Bogor yang sudah banyak dipasarkan adalah seperti, kacang rebus dan kacang goreng. 

Bagi Anda yang ingin menikmati cemilan khas Bogor ini, kacang Bogor biasanya banyak ditemukan pada bulan Februari sampai April. Saat masa panen ini, Anda bisa menemukan banyak pedagang yang menjual kacang Bogor.

Bika Bogor

Oleh Oleh Bogor - bika bogor
Foto oleh bisniswisata

Oleh oleh Bogor yang tidak kalah menggugah selera selanjutnya adalah Bika, kuliner satu ini merupakan kue basah legendaris yang dikenal akan tekstur lembut dan kenyalnya. Mungkin Anda hanya sering mendengar Bika Ambon, tapi tahukah Anda bahwa Bogor juga menawarkan Bika? Lalu apa yang membedakan Bika Bogor dengan Bika lainnya?

Perbedaan Bika Bogor dengan jenis bika lain adalah terlihat dari bahan baku nya. Jika bika jenis lain, biasanya hanya menggunakan tepung terigu namun juga dibuat dengan bahan dasar Tepung Talas.

Cupcake Talas 

Jika Anda sedang mencari oleh oleh khas Bogor yang unik dan berbeda, ini akan menjadi pilihan yang tepat. Cupcake ini, merupakan sajian unik dan baru dari Sangkuriang yang menggugah selera. 

Dibuat menggunakan cookies and cream sebagai bahan utamanya. Cupcake Talas Sangkuriang, memiliki tekstur lembut serta rasa yang legit. 

Bagi Anda yang ingin merasakan kelembutan Cupcake Talas dari Sangkuriang ini. Anda bisa membelinya di outlet Sangkuriang dengan harga 15 ribu saja. 

Ubi Bakar Cilembu

ubi bakar cilembu - oleh oleh bogor
Foto oleh @snack_bocil

Bogor, menjadi salah satu kota yang banyak dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah. Terkenal akan suasana dingin yang ditawarkan di Puncak, Bogor. Banyak sekali wisatawan yang ingin merasakan sejuknya alam di Puncak ini.

Dengan atmosfer dingin ini, akan sempurna jika menikmatinya dengan makanan hangat. Ya, salah satu hidangan yang sempurna adalah Ubi Bakar Cilembu. 

Banyak wisatawan yang mencari Ubi Bakar Cilembu ini untuk dinikmati saat berada di Puncak. Karena itu, Anda bisa dengan mudah menemukan penjual Ubi Bakar Cilembu di sekitar Puncak.  

Oleh – Oleh Bogor – Donat Kukus

lapis bunder keju

 

Masih dari Sangkuriang, oleh oleh khas Bogor kekinian kali ini adalah lapis bunder. Lapis Bunder Sangkuriang ini hadir dengan tekstur lembut dan cita rasa manis yang pas. 

Dengan rasa lezat ini, donat kukus Sangkuriang bisa Anda dapatkan hanya dengan Rp 3500 per bijinya. Anda bisa membeli Lapis Bunder di seluruh toko resmi Lapis Bogor sangkuriang.

Bir Kotjok

bir kotjok - oleh oleh bogor
Foto oleh @wisksuljakarta

Jika ingin membawa oleh-oleh berupa minuman, maka tak ada salahnya untuk membeli Bir Kotjok. Merupakan salah satu minuman khas Bogor tradisional, yang wajib untuk dicoba.

Walau mungkin namanya bir, tenang saja karena minuman yang satu ini tidak mengandung alkohol ya.

Selain rasanya yang unik, Bir Kotjok juga dikenal sebagai minuman yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Bahan-bahan untuk membuat Bir Kotjok pun alami karena terbuat dari rempah seperti cengkeh, kayu manis, jahe, dan gula aren.

Anda bisa membeli Bir Kotjok di Es Bir Kotjok Si Abah yang ada di Surya Kencana. Buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga setengah 6 sore ya.

Roti Unyil Bogor

roti unyil - oleh oleh bogor
Foto oleh @biteandbrew

Oleh oleh khas Bogor selanjutnya yang bisa Anda bawa untuk keluarga atau teman-teman yaitu Roti Unyil Bogor. Banyak sekali varian rasa dari roti unyil yang bisa Anda pilih.

Beberapa yang populer yaitu varian mocca adonan putih, talas, sosis keju, pisang coklat keju, selai 3 rasa, kismis, kacang merah madu, asap sapi, dan keju. Roti ini bertahan kurang lebih 3 hari di suhu ruang dan hanya ada di Bogor.

Anda bisa membeli roti unyil di seluruh toko resmi Lapis Bogor sangkuriang.

Selai Strawberry Puncak

Bogor juga terkenal dengan daerah Puncaknya yang memiliki hamparan kebun strawberry yang luas. Selain bisa berwisata memetik buah strawberry, Anda juga bisa membeli selai strawberry dari puncak Bogor. Kapan lagi bisa membeli oleh-oleh yang manis dan menyehatkan?

Itulah tadi beberapa rekomendasi yang wajib Anda beli. Kira- kira oleh oleh mana nih yang paling ingin Anda coba? Jangan lupa mencobanya saat Anda berkunjung ke Bogor nanti ya!