skip to Main Content

10 Oleh Oleh Bogor yang Wajib Dibeli Saat Liburan ke Bogor!

Bogor, dengan daya tariknya yang tak pernah padam, menawarkan berbagai destinasi wisata. Salah satunya adalah destinasi kuliner yang menarik untuk dijelajahi.

Dari begitu banyaknya kuliner yang ditawarkan di kota Bogor. Ada beberapa makanan khas yang wajib Anda coba saat mengunjungi kota Hujan yang satu ini. 

Berikut kami akan menyajikan 10 oleh oleh Bogor yang wajib dibeli saat berkunjung ke kota Bogor. Yuk simak daftarnya di bawah ini!

Asinan Bogor

Foto oleh @IDN_Times

Oleh Oleh Bogor pertama yang wajib dibeli adalah asinan Bogor. Asinan Bogor ini merupakan Makanan khas Bogor yang dibuat dari campuran beberapa buah- buahan dan sayuran. Selain isian buah di dalamnya, Asinan ini diberi bumbu kuah yang pedas dan segar. Dengan cita rasa uniknya, Asinan ini menjadi salah satu oleh oleh yang wajib Anda coba!

Untuk menikmati Asinan Bogor ini, Anda bisa dengan mudah. Anda bisa menemukannya di berbagai pedagang Asinan Bogor. Namun, jika ingin membelinya sebagai oleh oleh, Anda harus memperhatikan kualitas Asinan yang akan dibeli. Pastikan untuk membeli Asinan Bogor yang dikemas dengan baik supaya tetap segar saat sampai tujuan ya!

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Healing di Bogor yang Bikin Rileks

Oleh Oleh Bogor – Lapis Talas Bogor Sangkuriang

Foto oleh Lapis Bogor Sangkuriang

Oleh oleh Bogor selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah lapis Bogor. Salah satu lapis Bogor legendaris populer adalah Lapis Talas Bogor Sangkuriang.

Sangkuriang sendiri merupakan toko yang menjual Lapis Bogor sejak tahun 2011. Sangkuriang telah dikenal sebagai toko oleh oleh Bogor kekinian yang menjual berbagai olahan berbahan dasar Tepung Talas. 

Bagi Anda yang ingin menikmati kelembutan Lapis Talas Bogor Sangkuriang. Anda bisa membelinya di outlet resmi Lapis Bogor Sangkuriang yang terletak di Jalan Padjajaran, Baranangsiang, Bogor. 

Selain menawarkan Lapis Talas, Sangkuriang juga menyajikan berbagai produk lain. Seperti Donat kukus, Cupcake Coklat, dan Cupcake Talas Keju. Serta menu lain seperti Brownies Caramel, Lapis Bunder coklat, serta berbagai menu lezat lainnya. 

Meskipun menyajikan kualitas bintang lima, tetapi tenang saja. Berbagai produk pada Lapis Bogor Sangkuriang ini dijual dengan harga yang terjangkau. Anda bisa menikmati kelembutan dari berbagai produknya mulai dari harga Rp 3500 hingga Rp 37.000 saja. 

Kacang Bogor

Foto oleh @pandasurya

Kacang Bogor, merupakan salah satu jenis kacang khas yang dibudidayakan di tanah Jawa Barat. Kacang Bogor ini memiliki cita rasa khas yang gurih alami. Sehingga, banyak orang mencari Kacang ini  sebagai oleh oleh Bogor yang wajib dibeli. 

Karena banyak dicari oleh para wisatawan dari luar daerah Bogor. Kacang ini sudah banyak diolah menjadi camilan yang lezat. Berbagai olahan Kacang Bogor yang sudah banyak dipasarkan adalah seperti, kacang rebus dan kacang goreng. 

Bagi Anda yang ingin menikmati cemilan khas Bogor ini. Kacang Bogor biasanya banyak ditemukan pada bulan Februari sampai April. Saat masa panen ini, Anda bisa menemukan banyak pedagang yang menjual kacang Bogor.

Bika Bogor

Oleh Oleh Bogor
Foto oleh bisniswisata

Oleh oleh Bogor yang tidak kalah menggugah selera selanjutnya adalah Bika Bogor. Bika, merupakan kue basah legendaris yang dikenal akan tekstur lembut dan kenyalnya.

Mungkin Anda hanya sering mendengar Bika Ambon, tapi tahukah Anda bahwa Bogor juga menawarkan Bika? Lalu apa yang membedakan Bika Bogor dengan Bika lainnya?

Perbedaan Bika Bogor dengan jenis bika lain adalah terlihat dari bahan baku nya. Jika bika jenis lain, biasanya hanya menggunakan tepung terigu. Namun, Bika Bogor ini dibuat dengan bahan dasar Tepung Talas.

Cupcake TalasĀ 

Oleh Oleh Bogor
Foto Oleh Talas Sangkuriang Bogor

Jika Anda sedang mencari oleh oleh Bogor yang unik dan berbeda, ini akan menjadi pilihan yang tepat. Cupcake Talas Bogor, merupakan sajian unik dan baru dari Sangkuriang yang menggugah selera. 

Dibuat menggunakan talas Bogor sebagai bahan utamanya. Cupcake Talas Sangkuriang, memiliki tekstur lembut serta rasa yang legit. 

Bagi Anda yang ingin merasakan kelembutan Cupcake Talas dari Sangkuriang ini. Anda bisa membelinya di outlet Sangkuriang dengan harga 15 ribu saja. 

Ubi Bakar Cilembu

Foto oleh @snack_bocil

Bogor, menjadi salah satu kota yang banyak dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah. Terkenal akan suasana dingin yang ditawarkan di Puncak, Bogor. Banyak sekali wisatawan yang ingin merasakan sejuknya alam di Puncak ini.

Dengan atmosfer dingin ini, akan sempurna jika menikmatinya dengan makanan hangat. Ya, salah satu hidangan yang sempurna adalah Ubi Bakar Cilembu. 

Banyak wisatawan yang mencari Ubi Bakar Cilembu ini untuk dinikmati saat berada di Puncak. Karena itu, Anda bisa dengan mudah menemukan penjual Ubi Bakar Cilembu di sekitar Puncak.  

Donat Kukus

Foto oleh Lapis Bogor Sangkuriang

Masih dari Sangkuriang, oleh oleh Bogor kekinian kali ini adalah donat kukus. Donat kukus Sangkuriang ini hadir dengan tekstur lembut dan cita rasa manis yang pas. 

Dengan rasa lezat ini, donat kukus Sangkuriang bisa Anda dapatkan hanya dengan Rp 3500 per bijinya. Donat kukus ini bisa Anda beli di toko resmi Sangkuriang yang terletak di Jalan Pajajaran, Bogor. 

Bir Kotjok

Foto oleh @wisksuljakarta

Jika ingin membawa oleh-oleh berupa minuman, maka tak ada salahnya untuk membeli Bir Kotjok. Merupakan salah satu minuman khas Bogor tradisional, yang wajib untuk dicoba.

Walau mungkin namanya bir, tenang saja karena minuman yang satu ini tidak mengandung alkohol ya.

Selain rasanya yang unik, Bir Kotjok juga dikenal sebagai minuman yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Bahan-bahan untuk membuat Bir Kotjok pun alami karena terbuat dari rempah seperti cengkeh, kayu manis, jahe, dan gula aren.

Anda bisa membeli Bir Kotjok di Es Bir Kotjok Si Abah yang ada di Surya Kencana. Buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga setengah 6 sore ya.

Roti Unyil Bogor

Foto oleh @biteandbrew

Oleh oleh Bogor selanjutnya yang bisa Anda bawa untuk keluarga atau teman-teman yaitu Roti Unyil Bogor. Banyak sekali varian rasa dari roti unyil yang bisa Anda pilih.

Beberapa yang populer yaitu varian mocca adonan putih, talas, sosis keju, pisang coklat keju, selai 3 rasa, kismis, kacang merah madu, asap sapi, dan keju. Roti ini bertahan kurang lebih 3 hari di suhu ruang dan hanya ada di Bogor.

Anda bisa membeli roti unyil di Toko Roti Unyil Venus. Terdapat beberapa cabang yaitu Venus Pajajaran, Venus Siliwangi, dan Venus Harmoni.

Selai Strawberry Puncak

Bogor juga terkenal dengan daerah Puncaknya yang memiliki hamparan kebun strawberry yang luas. Selain bisa berwisata memetik buah strawberry, Anda juga bisa membeli selai strawberry dari puncak Bogor. Kapan lagi bisa membeli oleh-oleh yang manis dan menyehatkan?

Itulah tadi beberapa rekomendasi oleh oleh Bogor yang wajib Anda beli. Kira- kira oleh oleh mana nih yang paling ingin Anda coba? Jangan lupa mencobanya saat Anda berkunjung ke Bogor nanti ya!