skip to Main Content

Indahnya Panorama Alam Curug Kondang di Bogor

Menghabiskan waktu liburan di tempat wisata alam bisa menjadi salah satu cara tersendiri untuk mengistirahatkan badan. Untungnya, Indonesia memiliki berbagai rekomendasi wisata alam yang indah dan menarik mata. Salah satu daerah destinasi wisata yang bisa Anda coba adalah Bogor. Jika Anda sedang berlibur ke daerah Kabupaten Bogor, Anda dapat mencoba salah satu destinasi wisata alam Curug Kondang.

Baca juga : 5 Destinasi Curug Terbaik di Bogor

Serupa dengan namanya, salah satu Curug yang berada di Kabupaten Bogor ini sudah ‘kondang’ atau terkenal di kalangan wisatawan. Keindahan pepohonan dan derasnya aliran air yang biru jernih dapat memanjakan tubuh dan mata Anda. Aliran air yang berasal dari Gunung Salak mengalir deras dari tebing dengan tinggi kurang lebih 15-20 meter. 

foto oleh @dien_zm

Untuk berkunjung ke tempat wisata ini, Anda hanya cukup membayar tiket masuk senilai Rp10.000 saja. Tempat wisata alam indah dan murah meriah ini buka setiap hari, pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Jika tertarik, Anda bisa menuju lokasi Curug Kondang yang berada di Gunung Sari, Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 2 km dari gerbang pintu masuk kawasan wisata Gunung Salak Endah. 

Masih ada informasi mengenai fasilitas dan keistimewaan dari tempat wisata ini. Berikut adalah fakta menarik dan tips berwisata ke Curug Kondang.

Keunikan daya tarik panorama wisata alam Curug Kondang

foto oleh @hadjukemal

Tempat wisata ini memiliki daya tarik keindahan tersendiri, air yang hijau dan jernih sangat indah dipandang. Dulunya, Curug Kondang dikenal dengan nama Curug ‘Ngumpet’ karena lokasinya yang tersembunyi di tengah lembah. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir akan akses jalan menuju lokasi tempat wisata ini. Pengelola tempat wisata Curug Kondang sudah menambah tangga buatan, hal ini tentu akan memudahkan dengan jalur trekking yang aman bagi pengunjung. 

Dari area parkir, Anda cukup mengikuti jalan setapak bebatuan yang sudah tersusun rapi,. Walaupun terlihat sempit dan berbatu, jalan setapak tersebut sudah dilengkapi dengan pagar pembatas. Anda dapat dengan mudah berpegangan supaya tidak mudah tergelincir. Dengan begitu, Anda tidak perlu kelelahan berlebih sebelum melihat air terjun. 

Jika melihat dari jarak dekat, Anda dapat dengan jelas melihat tebing batu yang tersusun berundak. Air terjun Curug Kondang akan terlihat jatuh dengan sempurna mengalir layaknya undakan anak tangga. Selain itu anda juga dapat berendam di kolam renang alami yang jernih. Suhu air terjun dan pepohonan di sekitar menambah kesejukan ketika Anda berendam di kolam tersebut. 

Setelah lelah berenang dan bermain air, Anda dapat beristirahat di beberapa gazebo di sekitar air terjun. Anda bisa mencoba sensasi makan siang bersama keluarga di tengah sejuknya alam bebas. Anda juga diperbolehkan mendirikan tenda untuk berkemah di area yang aman di sekitar air terjun. Selain itu, mereka juga menyediakan beberapa fasilitas lain seperti area parkir, toilet, mushola, dan warung makan. 

Tips wisata di Curug Kondang

foto oleh @gandaprima.e

Terdapat beberapa tips yang perlu Anda perhatikan jika ingin berkunjung ke tempat wisata Curug Kondang. Karena berada di alam bebas, Anda perlu memperhatikan kondisi alam dan cuaca. Anda harus memperhatikan cuaca terkini di Kota Bogor supaya tidak berkunjung pada saat musim kemarau. Sementara itu, Anda juga dapat lebih waspada saat musim penghujan untuk menghindari ancaman air bah. 

Perlu diperhatikan juga, kedalaman air yang berada di sekitar air terjun mencapai 5 meter. Sebaiknya, Anda tidak berada di dekat air terjun terlebih pada saat volume air sedang naik. Namun, Anda tidak perlu khawatir, tempat wisata Curug Kondang sudah berada di bawah pengawasan petugas SAR untuk menjaga keamanan pengunjung. 

Demikian adalah rekomendasi wisata Curug Kondang, Bagaimana? Anda tertarik untuk mencobanya?