7 Destinasi Wisata di Jonggol, Hits dan Kekinian Banget!

Bogor dikenal punya pemandangan alam yang indah dan udara sejuk. Tidak terkecuali di Jonggol, sebuah kawasan yang ada di Kabupaten Bogor. Jonggol punya sejumlah destinasi wisata yang cocok dijadikan tempat healing di akhir pekan. Yuk, simak berbagai rekomendasinya!

Baca juga : 7 Destinasi Pantai Dekat Bogor yang Tak Boleh Dilewatkan!

Heaven Memorial Park

Foto oleh @alfiansugondo

  • Alamat: Jl. Buanajaya, Buanajaya, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Bogor.
  • Jam buka: 24 jam.

Heaven Memorial Park merupakan salah satu destinasi yang unik dan berbeda dari kebanyakan tempat wisata lainnya. Meskipun berupa pemakaman, namun suasana di sini jauh dari kesan seram yang biasa Anda temui. Taman pemakaman ini telah diatur sedemikian rupa untuk menciptakan suasana yang menarik dan ramah, sehingga beberapa pengunjung pun tak ragu untuk berfoto dengan latar belakang indahnya taman tersebut.

Agrowisata Rawa Gede

Foto oleh @kokoanang_

  • Alamat:  Desa Sirnajaya, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor.
  • Jam buka: 07.30-17.00 WIB.

Agrowisata Rawa Gede atau Situ Rawa Gede adalah destinasi wisata dengan panorama alam indah. Danau besar yang luas ini dihiasi perbukitan mengagumkan. Aktivitas menarik seperti berkeliling danau dengan perahu membuat liburan Anda semakin seru. Suasana dan pemandangan yang menakjubkan akan meredakan kepenatan. Jangan lewatkan pesona matahari tenggelam yang memukau di danau ini saat senja tiba, menjadi momen indah penutup liburan Anda.

Curug Cibeureum

Foto oleh @balqismelza

  • Alamat: Jl. Cisarua Puncak KM. 10, Desa Cilember, Kec. Cisarua, Puncak, Kabupaten Cianjur.
  • Jam buka: 06.00-18.00 WIB.

Curug Cibeureum merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Air terjun setinggi 30 meter ini menarik banyak pengunjung setiap akhir pekan. Anda dapat menikmati indahnya tebing yang mengapit curug ini dan berfoto dengan latar belakang pemandangan yang menakjubkan. Dikelilingi oleh pepohonan hijau dan suara gemericik air terjun, tempat ini cocok untuk relaksasi dan pikiran menjadi jernih.

Villa Khayangan

Foto oleh @ns_sisii

  • Alamat: Jl. Puncak Dua, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor.
  • Jam buka: 24 jam.

Jika Anda mencari liburan akhir pekan bersama anak-anak dengan suasana berenang yang berbeda, Villa Khayangan di Jonggol adalah pilihan tepat. Anda dapat menikmati kolam renang dengan tiket sekali masuk yang terjangkau, berenang sepuasnya sepanjang hari. Untuk menghindari keramaian, disarankan kunjungi saat hari kerja. Pihak pengelola juga menyediakan gazebo di sekitar kolam untuk beristirahat bagi wisatawan yang ingin melepas lelah.

Gunung Batu

Foto oleh @budi_ryan

  • Alamat: Kampung Gunung Batu, Desa Sukaharja, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor.
  • Jam buka: 07.00-17.00 WIB.

Gunung Batu Jonggol sangat diminati oleh wisatawan karena pemandangannya yang indah dan menenangkan. Bagi pecinta hiking, gunung ini adalah destinasi wajib, dengan ketinggian 875 mdpl dan trek yang cukup mudah. Tidak perlu khawatir, bahkan pemula bisa menaklukkan gunung ini. 

Jika Anda punya kesempatan, menginap dan mendirikan tenda di sini sangat disarankan karena Anda akan disuguhi pemandangan indah Kota Jonggol di malam hari dan panorama matahari terbit yang memukau di pagi hari.

Pemandian Mata Air Sodong

Foto oleh @yulinciprut

  • Alamat: Jalan Raya, Ligarmukti, Kec. Klapanunggal, Kabupaten Bogor.
  • Jam buka: 06.00-18.00 WIB.

Pemandian Mata Air Sodong adalah destinasi terakhir yang menarik. Beda dari kolam renang biasa, pemandian ini bersumber dari mata air alami bukit kapur. Bermain air di sini akan memberikan kesegaran tersendiri. Suasana asri dengan pohon-pohon yang rindang membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi.

Hutan Pinus Cipamingkis

Foto oleh @vicrmd

  • Alamat: Jl. Puncak Dua, Jonggol, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor.
  • Jam buka: 24 jam.

Hutan Pinus Cipamingkis merupakan destinasi wisata hutan pinus yang menarik. Di sini, Anda akan menemukan deretan pepohonan pinus yang rindang, cocok sebagai latar belakang foto. Kabut tipis di kawasan ini menambah keindahan pemandangan hutan pinus. Kabut tipis yang menyelimuti kawasan hutan juga memberikan sensasi tersendiri lho! Jangan lewatkan kesempatan ini ya!