Puncak Paralayang Bogor: Tiket Masuk, Daya Tarik dan Fasilitas

Buat Anda yang ingin memacu adrenalin, paralayang termasuk salah satu aktivitas yang menantang untuk dilakukan. Bogor punya wisata paralayang yang menyuguhkan hamparan pemandangan indah untuk mengisi liburan akhir pekan Anda. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

 

Baca juga : Yuk Ngabuburit dengan Bermain Skuter di Kebun Raya Bogor!

 

Daya Tarik Puncak Paralayang Bogor

Foto oleh @seputarpuncak

Melihat lokasi paralayang yang ada di kawasan Gunung Mas, tentu suguhkan pemandangan alam yang masih alami menjadi daya tarik utama objek wisata ini. Puncak Paralayang Bogor merupakan destinasi wisata yang pas untuk Anda yang suka berpetualang dan mencari sensasi terbang bebas.

Anda akan terbang dari sekitar 1.300 MDPL (meter di atas permukaan laut). Dari ketinggian tersebut Anda bisa menikmati panorama pegunungan hingga atap rumah penduduk yang berjajar dan menciptakan pemandangan cukup estetik. Serunya lagi, Anda bisa merekam petualangan selama udara dalam foto, video, sampai mengambil selfie. 

Bagi Anda yang belum pernah naik paralayang sebelumnya, Anda juga tidak perlu khawatir. Anda akan didampingi oleh instruktur profesional saat terbang untuk menjaga keselamatan Anda. Namun pastikan kondisi fisik Anda benar-benar prima sehingga Anda bisa menikmati pengalaman seru ini.

Lokasi & Rute

Foto oleh @paralayangpuncak_official

Wisata Paralayang Puncak berlokasi di Jalan Raya Puncak KM 87, Bukit Paralayang, Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor. Tidak sulit untuk menemukan tempat ini, terlebih jika Anda datang dari arah Bandung.

Dari Bandung, Anda dapat menuju ke arah Cimahi dan melewati jalan tol Padaleunyi menuju Padalarang. Kemudian, ikuti Jalan Nanggeleng-Cirahayu. Setelah mencapai Jalan Raya Cianjur Bandung, ambil Jalan Cibogo Sawo dan teruslah mengikuti jalan tersebut hingga menemukan percabangan. Lanjutkan ke Jalan Raya Cianjur Bandung menuju arah Warpat. Lewati Warpat dan lanjutkan perjalanan hingga mencapai Jalan Venue Paralayang. Destinasi wisata ini bisa ditemukan di sebelah kiri jalan.

Kegiatan paralayang di tempat ini dimulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Jadi pastikan Anda datang di waktu yang tepat untuk mendapatkan view terbaik ya!

Tiket Masuk Paralayang Bogor

Foto oleh @paralayangpuncak_official

Untuk bisa menikmati sensasi naik paralayang di Puncak Paralayang Bogor, siapkan sejumlah budget yang diperlukan. Pertama Anda harus membayar tiket masuk ke kawasan wisata Bukit Gantole seharga Rp 13 ribu hingga Rp 21 ribu per orang. Kemudian untuk naik paralayang, harga yang wajib dibayarkan oleh wisatawan lokal mulai dari Rp 450 ribu, sedangkan tarif untuk wisatawan asing sekitar Rp 550 ribu.

Fasilitas

Paralayang Puncak Bogor yang ada di Bukit Gantole juga menyediakan sejumlah fasilitas yang membuat para pengunjungnya semakin nyaman. Mulai fasilitas umum dari toilet, tempat ibadah, dan area parkir yang luas tersedia di sini. 

Tidak hanya itu, di tempat ini juga ada sejumlah cafe dengan dekorasi kekinian untuk dikunjungi. Anda bisa mengisi perut yang lapar setelah bermain paralayang sekaligus menikmati hidangan di tengah udara sejuk dan pemandangan indah Bogor.

Tips Berkunjung

Sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke Puncak Paralayang Bogor, simak dulu sejumlah tips dan aturan yang akan membuat kunjungan Anda makin berkesan. Pertama adalah memperhatikan musim dan cuaca. Agar bisa menikmati sensasi terbang di atas ketinggian alam Bogor, pastikan Anda datang di musim kemarau atau ketika curah hujan sedang rendah.

Kemudian perhatikan juga masalah berat badan. Paralayang hanya boleh dilakukan orang yang berat badannya mulai 20 kg sampai 85 kg. Selain itu, kegiatan ini juga tidak dianjurkan untuk para penderita asma akut, penyakit jantung, hingga pemilik fobia pada ketinggian.