skip to Main Content

Cara Membuat Soto Bening Bogor di Rumah Sendiri

#makanan #resep #sotomie #bogor #lezat

Soto Bening Bogor- Soto mie Bogor merupakan salah satu  makanan berkuah yang memiliki rasa segar dan lezat. Makanan ini juga memiliki beberapa varian kuah yang menarik. kamu bisa mencoba Soto Mie kuning Bogor, dengan kuah santannya yang lezat, atau Soto bening bogor yang tak kalah menggoyang di lidah. Biasanya, soto ini memiliki perpaduan antara daging, mie kuning, bihun, risol, serta kuah soto yang segar.  Namun, salah sau ciri Soto Bogor memiliki ci kuah bening. Lalu, diberi pelengkap seperti kerupuk dan tomat.

selain itu, Paling nikmat menyantap soto Bogor dicampur dengan nasi putih yang masih hangat.  Rasanya yang gurih dan lezat akan membuat siapa saja ketagihan . apalagi jika ditambah dengan sambal, agar rasanya semakin menusuk lidah.  . Untuk membuat resep soto Bogor juga tidak terlalu sulit. Kamu  bisa mencoba membuat soto Bogor di rumah dengan resep pilihan.

Seperti apa cara membuat soto bening Bogor yang enak di rumah ? yuk, simak informasi selengkapnya di artikel ini.

Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum membuat soto bening, beberapa  bahan utama perlu disiapkan, antara lai :: 1/2 kg daging sandung lamur, satu bungkus mie telur, sepuluh  risol bihun, tiga kentang Seledri secukupnya, 1/4 kol Tomat Jeruk nipis Bawang goreng Daun bawang, dua  lembar salam, tiga daun jeruk, satu  batang serai,  dua  cm lengkuas,  Garam secukupnya,  Gula secukupnya,  dan Kaldu sapi bubuk secukupnya.

Siapkan Bumbu Halus

limakaki.com

Setelah menyiapkan bahan-bahan dasar, setelah itu kamu juga perlu menyiapkan bahan untuk bumbu halusnya. Adapun bahan tersebut berupa tiga cabai merah keriting, tiga  siung bawang putih,  tujuh siung bawang merah. Dua  cm jahe,  tiga butir kemiri, satu sendok  merica, dan dua cm kunyit. Bahan-bahan tersebut nantinya akan diolah untuk menjadi hidangan soto being Bogor yang lezat.

Cara Memasak Bahan-Bahan Soto Bening Bogor

selerarasa.com

Setelah semua bahan disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah memasak bahan tersebut sehingga menjadi santapan yang lezat. Adapun langkah-langkah yaitu sebagai berikut :

  1. Rebus air hingga mendidih, masukkan daging bersama dengan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai, masak daging hingga matang angkat dan tiriskan, potong daging sesuai selera lalu masukkan kembali ke dalam panci tadi.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang lalu masukkan ke dalam panci, tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk secukupnya aduk hingga rata terakhir masukkan potongan daun bawang.
  3. Kupas kentang dan potong menjadi empat, lalu goreng hingga matang.
  4. Rebus mie telur hingga matang angkat lalu tiriskan.
  5. Goreng risol bihun hingga matang. Siapkan mangkuk isi dengan mie rebus, irisan kol, potongan risol bihun, irisan tomat, potongan kentang goreng, taburi dengan irisan daun seledri dan bawang goreng, tambahkan sedikit kecap manis, perasan jeruk nipis, sambal dan emping.

Setelah semua langkah itu dilakukan, soto bening Bogor yang lezat sudah bisa dihidangkan dan siap untuk disantap. Cukup mudah untuk membuatnya di rumah, bukan?

Selain itu, bogor juga memiliki makanan  lain yang tidak kalah menarik dan lezat lho. Makan tersebut sering dijadikan buah tangan oleh para wisatawan yang sedang berkunjung ke Bogor. Apalagi kalau bukan Lapis Bogor Sangkuriang yang sudah sangat terkenal. Banyak varian rasa menarik yang bisa kamu coba. Makanan yang satu ini juga sangat cocok dinikmati dengan berbagai macam minuman hangat seperti teh, coklat atau kopi. Selamat mencobanya ya.