skip to Main Content

5 Makanan Khas Bogor saat Hujan: Mengenyangkan dan Membuat Hangat Badan

Makanan Khas Bogor Saat Hujan

Bogor terkenal dengan kota dengan intensitas hujan yang tinggi dan sulit diprediksi. Sebab, bisa saja saat siang begitu terik tetapi ternyata beberapa jam kemudian turun rintik air dari langit. Inilah mengapa orang-orang biasanya menjadi makanan khas Bogor saat hujan untuk membuat badan tetap hangat dan terasa kenyang.

Nah, makanan apa saja sih memangnya yang biasa bahkan wajib disantap saat hujan di Bogor? Kamu bisa nih menyimak ulasan 5 makanan khas Bogor saat hujan yang mengenyangkan dan membuat hangat badan sebagai referensi.

Terlebih, jika kamu adalah wisatawan yang kebetulan berkunjung ke Bogor dan merasa lapar saat hujan turun, bisa nih 5 makanan berikut kamu tambahkan ke daftar untuk dikunjungi sebagai bukti wisata kulinermu di Bogor.

Yuk, langsung simak saja!

1. Seupan Talas

Seperti namanya, makanan ini terbuat dari talas yang direbut. Ya, selayaknya singkong rebus pada umumnya, seupan talas juga memiliki cita rasa yang lembut.

Yang membuat makanan ini pas sekali untuk disantap saat hujan adalah karena seupan talas disajikan tepat setelah matang sehingga masih terasa hangat dan nikmat. Tidak disajikan begitu saja kok melainkan diberi toping parutan kelapa dan kucuran gula merah sehingga rasanya gurih dan manis. Wah, nikmat sekali!

2. Lapis Bogor Sangkuriang

makanan khas bogor saat hujan
www.lapisbogor.co.id

Ini adalah versi modern dari pengolahan talas ya. Jadi, bagi yang tidak terlalu suka talas yang dimakan begitu saja karena rasanya begitu hambar dan kadang ada rasa pahit yang tertinggal di dalamnya, maka kamu wajib mencoba Lapis Bogor Sangkuriang nih!

Lapis Bogor Sangkuriang memiliki banyak outlet yang bisa kamu datangi sehingga tidak perlu khawatir susah mencarinya ya. Beberapa outlet bahkan memiliki fasilitas pesan antar yang lebih memudahkanmu dalam memesan makanan ini.

Seperti halnya kue modern lainnya, Lapis Bogor Sangkuriang memiliki banyak variasi rasa loh sehingga kamu tidak perlu bingung ingin memesan rasa apa. Cita rasa kesukaanmu pasti ada deh! Oh ya, makanan ini awet loh selama berhari-hari meskipun tidak menggunakan bahan pengawet.

3. Pepes Sagu

Bukan benar-benar terbuat dari sagu kok, pepes sagu justru terbuat dari adonan tepung yang di dalamnya ada irisan pisangnya. Adonan ini kemudian dibungkus dalam daun pisang lalu dikukus. Ya, persis seperti pepes.

Cita rasa yang manis, lalu disantap saat masih hangat, membuat makanan khas Bogor saat hujan ini sangat lezat dan menghangatkan tubuh yang merasa kedinginan. Karena terbuat dari adonan tepung juga, jadi kamu bisa merasa kenyang ya saat memakan beberapa bungkus.

4. Toge Goreng

makanan khas bogor saat hujan
www.carimakanaja.com

Tidak, jangan terkecoh dengan namanya. Toge goreng tidak benar-benar berupa makanan yang terbuat dari toge yang digoreng seperti bakwan. Makanan ini terbuat dari toge rebus, lontong, mie kuning, dan tahu goreng yang dipadukan dengan saus kacang dengan campuran tauco.

5. Soto Mie Bogor

Aduh, hujan ataupun tidak hujan sih kalau pergi ke Bogor wajib memesan soto mie Bogor ya. Makanan khas Bogor ini memang sangat cocok untuk disantap saat hujan. Selain mengenyangkan juga membuat tubuh hangat karena kuah panas menyegarkannya.

Soto mie ini biasanya di dalamnya ada mie yang kemudian dipadu dengan topping daging sapi iris, kikil, usu, urat, hingga risol yang dipotong kecil-kecil lalu disiram kuah hangat yang menyegarkan. Sambal jangan lupa karena membuat cita rasanya akan menjadi lebih mantap!

 

Itulah 5 makanan khas Bogor saat hujan yang bisa kamu coba ya. Jangan lupa, selayaknya turis yang sedang berwisata kuliner, untuk foto makanan tersebut. Kamu bisa mengulasnya dengan baik di media sosial kamu. Biasanya, reviewer makanan bisa mendapat tawaran bagus dari tempat makan yang diulas loh. Siapa tahu kamu bisa dilirik mereka.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan selama berwisata di Bogor ya. Sebab keadaan cuaca tidak menentu bisa membuat tubuh terserang flu. Persiapkan liburan dengan baik!