skip to Main Content

6 Fakta Sejarah Istana Bogor Jaman Dulu Wajib Tahu!

Istana Kepresidenan Bogor Jaman Dulu

Istana Bogor Jaman Dulu- Melihat kata sejarah saja sudah terasa membosankan. Eh, tapi tunggu dulu. Fakta sejarah yang akan dibahas hari ini cukup ringan dan menarik, kok. Kita akan membahas tentang 6 fakta sejarah istana Bogor jaman dulu. Kalau kamu tahu keindahan istana Bogor saat ini, kamu pasti tidak terbayang jaman dulunya seperti apa, bukan? Nah, langsung saja, yuk!

1. Dibagun Pada Tahun 1745 

Istana Bogor Zaman Dulu

https://id.wikipedia.org/

Istana Bogor jaman dulu adalah hasil pencarian seorang Gubernur Jendral Belanda bernama Gustaaf Willem Baron Van Imhoff.  Mulanya, Ia bertujuan mencari lokasi sejuk yang dapat digunakan sebagai tempat peristirahatan karena menurutnya Batavia (kini Jakarta) cukup panas untuk di tinggali.

Gubernur Jenderal Van Imhoff kemudian menemukan sebuah kampung yang disebut Kampong Baroe pada 10 Agustus 1744. Kemudian, pada tahun 1745, ia memerintahkan untuk membangun sebuah rumah yang ia sebut Buitenzorg (artinya bebas masalah). Menurut sejarah, nama itu juga sebutan untuk daerah tersebut yang sekarang kita kenal dengan Bogor. 

2. Ditinggali Oleh 38 Gubernur Jendral

Istana Bogor Zaman Dulu

https://id.wikipedia.org/

Istana Bogor jaman dulu sebelum kemerdekaan RI, ditinggali oleh 38 Gubernur Jendral Belanda, tepatnya dari awal pembangunan oleh Gubernur Van Imhoff sampai tahun 1942. Setiap pergantian Gubernur Jendral, Buitenzorg atau istana Bogor ini mengalami perubahan dan perbaikan sesuai gaya masing-masing pemimpin. 

3. Pernah Mengalami Kehancuran

Istana Kepresidenan Bogor

https://id.wikipedia.org/

Dalam perjalanannya, istana bogor zaman dulu tidak selalu bagus dan indah. Istana ini setidaknya pernah mengalami kehancuran sebanyak dua kali, yaitu saat pemberontakan perang Banten pada tahun 1750-1754 di bawah kepemimpinan Kiai Tapa dan Ratu Bagus Buang. Peristiwa kedua, Istana Bogor hancur pada bencana gempa bumi pada tahun 1843. 

4. Sempat Dikuasai Oleh Jepang 

Istana Bogor Jaman Dulu
www.sejarahbogor.com

Gubernur Jenderal Tjarda Van Starkenborgh-Stachouwer adalah Gubernur Jenderal Belanda yang terakhir menduduki istana Bogor. Setelah itu, ia menyerahkan Buitenzorg kepada Jenderal Imamura saat Jepang menguasai wilayah tersebut. Jepang memfungsikan Buitenzorg sebagai markas pasukan selama 3 tahun sejak 1942-1945. 

Istana Bogor jaman dulu di masa penguasaan Jepang adalah yang terkelam.Jepang menggunakan gedung bawah tanah sebagai penjara tentara Belanda yang tertangkap. Seluruh gedung di cat dengan warna hitam, agar tidak mudah di intai. Kolam-kolam juga dikeringkan agar tidak memantulkan cahaya. Rusa yang jumlahnya ratusan juga disembelih untuk dimakan prajurit Jepang.

5. Berganti nama dari Buitenzorg menjadi Istana Kepresidenan Bogor

Istana

www.sejarahbogor.com

Setelah Jepang kalah dan memberikan kemerdekaan kepada Republik Indonesia, istana Bogor sepenuhnya telah menjadi milik Indonesia. Buitenzorg diserahkan kembali kepada pemerintah Republik Indonesia pada akhir 1949, lalu berganti nama. Setelah itu, dampak kerusakan Istana Kepresidenan Bogor jaman dulu yang kelam mulai dibersihkan dan diperbaiki dan mulai digunakan oleh pemerintah Indonesia pada Januari 1950.

6. Tempat Berbagai Peristiwa Bersejarah Terjadi

Istana

https://jabarnews.com/

Setelah masa kemerdekaan, Istana Bogor berfungsi sebagai kantor urusan kepresidenan serta dan kediaman resmi Presiden Republik Indonesia. Tempat ini juga menjadi tempat bersejarah beberapa peristiwa seperti Konferensi Lima Negara, yaitu India, Pakistan, Birma, Ceylon, dan Indonesia, tempat pembahasan masalah konflik Kamboja pada forum JIM (Jakarta Informal Meeting) tahun 1998, dan tempat pertemuan tahunan menteri ekonomi APEC (Asia Pacific Economic Cooperation) tahun 1994, dan di sana diterbitkan Deklarasi Bogor.

Itu dia 6 fakta sejarah Istana Bogor jaman dulu. Menarik, bukan? Kalau kamu sedang berwisata ke Bogor, jangan lupa datang ke kawasan Istana Bogor. Tempat ini dibuka untuk umum, loh. Ada hutan raya dan kau bisa memberi makan rusa peliharaan istana. Tapi, jangan lupa juga setelah berwisata di sini, kamu haru pulang membawa oleh-oleh Lapis Bogor Sangkuriang, ya. Dijamin kamu pasti suka.