skip to Main Content

5 Fakta Rafflesia Arnoldi, Si Bunga Bangkai yang Langka dan Cantik

Rafflesia Arnoldi Di Kebun Raya Bogor

Siapa sih yang tidak kenal dengan bunga bernama rafflesia arnoldi? Bunga yang juga memiliki nama lain sebagai bunga bangkai ini menjadi tanaman langka yang ditemukan oleh pemerintahan Inggris saat masih menjajah Indonesia. Nah, apa saja ya fakta mengenai rafflesia arnoldi ini?

Supaya tidak penasaran, yuk langsung simak saja penjelasan mengenai fakta rafflesia arnoldi ini!

1. Tumbuhan Parasit Terbesar dan Terancam Punah

Sudah menjadi fakta umum bahwa bunga berwarna merah ini merupakan tumbuhan parasit. Ia hidup di tumbuhan inang dan kerap kali menyerap nutrisi dari tumbuhan itu. Selain makan dari tumbuhan inang, bunga bangkai ini juga mencari makan dengan menjerat serangga di sekitarnya loh.

Rafflesia arnoldi ini menjadi tumbuhan parasit terbesar loh. Diameternya bisa mencapai hingga 100 meter lebih dengan berat hingga 11 kilogram. Wah, besar sekali, kan?

Sayangnya, tanaman ini merupakan tanaman langka dan masuk ke tumbuhan yang dilindungi. Hal ini dikarenakan bunga rafflesia arnoldi bisa tumbuh dengan mudah di sembarang tempat.

2. Masa Mekar yang Tidak Bisa Diprediksi

Fakta rafflesia arnoldi memang unik-unik, terutama mengenai masa mekarnya. Bunga ini tidak bisa diprediksi kapan mekar. Banyak asumsi-asumsi yang datang, seperti mekar saat musim hujan, di empat bulan terakhir setiap tahunnya, atau bahkan ada yang mengatakan saat musim kemarau di pertengahan tahun.

Padahal, lama masa mekar bunga ini hanya seminggu loh. Pantas saja ya banyak yang mengatakan bahwa hanya orang yang beruntung sajalah yang bisa menyaksikan bunga ini mekar dengan indahnya.

3. Benar-Benar Bunga dengan Bau Bangkai

fakta rafflesia arnoldi
photo by republika.co.id

Ada alasan mengapa bunga cantik ini memiliki nama lain sebagai bunga bangkai. Hal ini tentu saja berkaitan dengan aroma yang dikeluarkan si bunga. Ya, berbau persis seperti bangkai, yaitu busuk.

Lagi-lagi, ada alasan kok mengapa bunga ini memiliki bau yang busuk. Bau tersebut digunakan untuk menarik perhatian serangga seperti lalat yang memang menyukai bau busuk. Lalat tersebut kemudian akan menghampiri rafflesia arnoldi yang kemudian akan menyalurkan serbuk sari ke bunga betina sebagai proses pembuahan.

4. Jumlah Bunga Jantan dan Betika yang Tidak Seimbang

Jika manusia memiliki jumlah laki-laki lebih sedikit dibanding perempuan, berbeda dengan proporsi jumlah jenis rafflesia arnoldi loh.

Bunga ini memiliki jumlah jantan yang jauh lebih banyak dibanding yang betina. Fakta rafflesia arnoldi inilah yang membuat spesial bunga ini menjadi langka karena pembuahan sulit terjadi dikarenakan sangat jarang sekali bunga jantan dan betina terletak berdekatan sehingga bisa dibuahi dengan mudah.

5. Penyebaran Spesies di Asia Tenggara

fakta rafflesia arnoldi
kebun raya bogor phoyo by kemdikbud.go.id

Seperti yang kita semua tahu bahwa bunga rafflesia arnoldi ditemukan oleh Sir Thomas Stamford pada awal tahun 1800 saat mereka masih menjajah Indonesia. Bunga bangkai memang banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara dan spesies terbanyak berada di Indonesia dan Malaysia. Total ada 20 spesies dengan 12 sisanya tersebar di Thailand dan Filipina.

 

Itulah fakta rafflesia arnoldi yang bisa kamu ketahui. Terlebih, bunga ini juga sudah sah menjadi bunga nasional Indonesia loh sehingga kamu cukup berbangga nih. Kini, ia ditangkarkan di Kebun Raya Bogor sehingga jika kamu ingin melihatnya, cukup ke sana saja deh.

Nah, jika berlibur ke Bogor tentu saja kurang afdol jika tidak membawa oleh-oleh dong. Kamu bisa banget nih membeli Lapis Bogor Sangkuriang untuk dijadikan oleh-oleh bagi teman dan keluarga. Kenapa? Ya tentu saja karena rasanya lezat dan harganya murah meriah.

Lapis Bogor Sangkuriang terdapat banyak varian rasa juga jadi tidak perlu bingung ketika ingin membeli dalam jumlah banyak. Dan, yang paling penting sih bisa bertahan cukup lama ya sehingga bisa dikirim ke luar kota.