skip to Main Content

Intip Fakta Orang Bogor! Sifat, Karakter, dan Kebiasaannya

Fakta Orang Bogor

Fakta Orang Bogor – Orang Bogor dalam interaksi sosialnya dituntut untuk mematuhi berbagai nilai budaya yang berlaku dalam kehidupan sosial. Diantaranya adalah yang berhubungan dengan etika Sunda.

Di lingkungan budaya Sunda ada ungkapan yang menekan bahwa di setiap lingkungan ada ciri dan tata cara tersendiri yang mempengaruhi tindak tunduk para penghuninya. 

Orang Bogor memang terkenal ramah, hal itu terbukti jika ada orang Sunda bertemu dengan orang Sunda lain di tanah rantau. Mereka biasanya akan cepat akrab dan berbicara menggunakan logat Sunda dan menganggap sebagai dulur ataupun saudara.

Berikut tujuh fakta orang Bogor yang terkenal bagus dari segi sifat, karakter dan kebiasaannya. Simak artikel ini ya

 

1. Fakta orang Bogor salah satunya adalah pastinya ramah, sopan, dan murah senyum

www.kumparan.com

Pada umumnya orang Bogor  itu ramah, sopan, dan murah senyum kepada siapa aja, meskipun belum kenal.

Dalam dirinya orang sunda ada filosofi “Someah Hade ka Semah” yang artinya, ramah, bersikap baik, menjaga, menjamu dan membahagiakan setiap tamunya atau setiap orang.

 

2. Selanjutnya, orang Bogor terkenal dengan nggak bisa membedakan antara huruf F dan P

Orang Bogor dikenal susah membedakan atau susah ngomong huruf F dan P (nggak semuanya ya), Ketika menyebut fitnah malah keliru menjadi pitnah.

Sebetulnya ada penjelasan ilmiah mengapa orang sunda nggak bisa mengatakan F atau V. Salah satunya karena huruf tersebut memang nggak dikenal dalam aksara Sunda (Kaganga) di jaman dulu, Hal ini mungkin menular turun menurun dan menjadi sebuah kebiasaan.

 

3. Logat ngomongnya selalu khas

Pasti sudah tau, hanya dari logat bicaranya saja orang Bogor dapat langsung dikenali. Meskipun berbicara menggunakan bahasa Indonesia kadang masih membawa dialek aslinya yang khas dan bergelombang.

 

4. Tekstur muka yang khas

Sein dari gaya bicaranya, orang Bogor juga biasanya dapat dikenali langsung dari tekstur muka dan kulitnya, wajahnya yang kalem dengan kulit putih atau sawo matang pas menandakan bahwa orang itu adalah orang sunda pisan.

 

5. Suka makan lalapan dan sambal

fakta orang Bogor
www.radarempoa.com

Kamu punya teman orang Bogor? pernah main ke rumahnya? 

Nggak asing lagi kalau ke rumah orang Bogor pasti dijamu dengan suguhan lalapan dan sambal. Dipadukan dengan goreng tempe dan tahu. Hmm nikmat banget pastinya.

 

6. Kalau ngomong pake imbuhan “mah, da, atuh euy, sok” 

www.idntimes.com

Ketika berbicara dalam Bahasa Indonesia pun biasa terselip kata-kata seperti mah, da, atuh, euy. Dan susah untuk menghilangkan karena sudah menjadi kebiasaan orang Sunda.

Berbicara tanpa imbuhan bagi orang Bogor seperti makan sayur tanpa air.

 

7. Terakhir, fakta orang Bogor adalah Banyak bahasa kosakata

Banyak sekali kosakata dalam bahasa sunda yang nggak bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ataupun kalau diterjemahkan semakin aneh rasanya.

Sok.. contoh ya apa arti tikusruk, tikosewad, tiseureuleu, tijengkang, tigebrus dalam bahasa Indonesia? mau nyari kamus bahasa Indonesia pun nggak bakalan ada. 

Kalaupun ada paling artinya adalah “jatuh”. Padahal bagi orang Bogor mah beda artinya hehe.

 

Nah gimana? sekarang jadi sudah tau nih fakta orang Bogor dari segi sifat, karakter, dan kebiasaannya.

Oiya, saat kamu berkunjung ke Bogor, Jangan lupa cobain cemilan khas Bogor, yaitu Lapis Bogor Sangkuriang. Lapis Bogor Sangkuriang ini terkenal tekstur yang lembut, empuk dan rasa yang selalu bikin ketagihan. Biasanya digunakan oleh-oleh Khas Bogor loh.

Penasaran kan? Langsung aja cek di sini untuk melihat variannya