skip to Main Content

6 Cemilan Khas Bogor Untuk Oleh-Oleh Keluarga Di Rumah

Cemilan Khas Bogor

Cemilan Khas Bogor – Berada di daerah yang udaranya dingin memang selalu membuat ingin ngemil, apalagi saat berada di kota hujan, Bogor. Cemilan khas Bogor cukup banyak dijual hampir di seluruh kota dan tempat wisata. Kamu dapat dengan mudah menemukan cemilan- cemilan tersebut bahkan di sudut-sudut kota Bogor sekalipun. 

Selain cocok untuk dinikmati saat berada di Kota Bogor, cemilan khas Bogor juga bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh keluarga di luar kota, loh. Oleh-oleh cemilannya cukup bervariasi. Saking banyaknya varian, terkadang orang-orang bingung harus membawa oleh-oleh apa. Nah, dibawah ini ada beberapa rekomendasi cemilan yang bisa kamu pilih.

1. Asinan

https://makananoleholeh.com

Cemilan khas bogor yang rasanya asin-asin pedas ini cukup digemari oleh wisatawan, bukan warga asli Bogor sendiri. Asinan Bogor terbuat dari buah-buahan dan sayuran yang diberi bumbu dan kuah yang segar. Asinan ini biasanya dibungkus plastik berukuran agak besar. Harganya berkisar Rp15.000-Rp20.000 tapi bisa dimakan ramai-ramai dengan keluarga. 

2. Kue Cubit

https://cookpad.com

Makanan tradisional yang satu ini juga merupakan cemilan khas Bogor. Nama kue cubit sendiri berasal dari kebiasaan pedagangnya yang mencubit kue-kue tersebut menggunakan alat penjepit saat kue matang. Kue cubit hadir dengan berbagai rasa seperti original bubblegum, red velvet, green tea, taro, dan masih banyak  lagi. Kamu dapat membelinya dengan harga Rp8.000 per loyang 

3. Bika Bogor

https://img.beritasatu.com

Bika Bogor, cemilan khas Bogor, bukan bika Ambon, ya. Bika ini terbuat dari talas. Rasanya enak dan khas. Terdiri dari berbagai macam rasa seperti original talas, coco pandan, coklat dan green tea. Satu kotaknya terdapat 10 potong bika. Cemilan ini bisa kamu makan sendiri di rumah, atau membawakannya untuk keluarga, keratabat, dan teman-teman di luar kota. 

4. Lapis Talas

Cemiilan Khas Bogor

 

https://cdn.idntimes.com

Komoditas talas di Bogor cukup berlimpah, itulah sebabnya berbagai macam makanan dan cemilan khas Bogor terbuat dari umbi talas. Talas diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan enak pada lapis talas asal Bogor. Lapis talas biaya terdiri dari dua lapis dan taburi berbagai macam topping di atasnya. 

5. Roti Unyil

https://jejakpiknik.com

Roti Unyil, cemilan khas Bogor yang legendaris. Hampir sebagian besar orang di berbagai kota sudah mengenal roti unyil sebagai oleh-oleh khas Bogor. Roti untuk sendiri diberi nama “unyil” karena bentuknya yang mungil-mungil.  Roti ini dapat dimakan dengan sekali gigitan saja. Rasanya bervariasi, yaitu coklat, keju, cream, moca, tiramisu, dan masih banyak lagi rasa manis. Selain itu ada rasa asin juga seperti abon, sosis, bakso, dan lainnya. 

6. Kacang Bogor Istana

Cemiilan Khas Bogor

https://budaya-indonesia.org

Kebanyakan cemilan Bogor memang terbuat dari talas, tapi yang satu ini hadir sebagai pesaing cemilan-cemilan tersebut. Namanya kacang Bogor Istana. Kacangnya bukan kacang biasa, berbeda dengan kacang tanah atau kacang kedelai. Kacang ini berbentuk bulan dan berwarna biru. Kamu bisa menemukan kacang in lebih banyak di bulan Februari-April. Kacang Bogor Istana menyediakan berbagai varian rasa seperti pedas, balado, BBQ, asin, dan masih banyak lagi. 

Itu dia 6 cemilan khas Bogor yang enak dan dapat kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat. Beragamnya cemilan yang terbuat dari talas, Lapis Bogor Sangkuriang adalah rekomendasi nomor satu untuk kamu. Lapis Bogor sangkuriang memiliki ciri-ciri berwarna ungu dan kuning. Topping yang paling difavoritkan pelanggan adalah keju. Yuk, langsung dicoba saja.