skip to Main Content

5 Bangunan Tua di Bogor Ini Bersejarah dan Wajib Dikunjungi!

Bangunan Tua Di Bogor

Bangunan Tua di Bogor – Tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang indah, Bogor juga merupakan salah satu kota yang menyimpan banyak kisah sejarah yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Menggali berbagai peristiwa sejarah dengan berkunjung ke bangunan tua di Bogor pastinya dapat menciptakan sensasi dan pengalaman wisata yang berbeda dari biasanya. 

Nah, jika kamu tertarik untuk menikmati pengalaman wisata sejarah di kota hujan ini, berikut 5 destinasi wisata bangunan tua di kota ini yang bisa kamu sambangi saat akhir pekan nanti!

Istana Bogor

http://indonesia.go.id

Istana Bogor merupakan salah satu bangunan tua di Bogor yang paling bersejarah dan sekaligus menjadi ikon kota ini. Lokasi yang sekarang menjadi tempat dinas Presiden Indonesia ini, didirikan pada tahun 1745 oleh Baron Gustaf Willem Van Imhof. Selain memiliki nilai sejarah yang tinggi, istana ini juga bak museum seni rupa, karena di dalamnya terdapat ratusan lukisan dan patung hasil karya para seniman dari mancanegara.

Menariknya, gedung ini dapat kamu kunjungi pada saat 17 Agustus. Karena biasanya, istana Bogor akan dibuka saat hari kemerdekaan Indonesia.

Gedung Balai Kota Bogor

Bangunan Tua di Bogor

http://dewima.gazine.ccom

Bangunan Tua di Bogor yang sudah ada sejak tahun 1868 ini dulunya bernama Societeit. Dulunya tempat ini merupakan tempat hiburan bagi orang-orang Belanda setelah lelah bekerja seharian. Pada masa itu, di dalam Gedung Balai Kota ini terdapat berbagai fasilitas hiburan seperti bar, tempat bilyar, panggung, hingga lantai dansa. Namun setelah masa penjajahan berakhir, gedung ini beralih fungsi menjadi Gedung Balai Kota Bogor.

Gereja Zebaoth

bangunan tua di kota bogor

http://pegopegi.com

Gereja kuno yang sudah ada sejak tahun 1920 ini berlokasi di area Istana Bogor. Di awal pembangunannya, peletakan batu pertama pembangunan Gereja Zebaoth dilakukan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-61, Graaf Van Limburg Stirum.

Pada saat itu, gereja ini khusus digunakan oleh orang-orang Eropa yang ingin beribadah di tempat ini. Sementara untuk jemaat lokal, mereka beribadah di gereja yang sekarang beralih fungsi menjadi Kantor Pos Pusat Bogor.

Museum Perjuangan

bangunan tua di bogor

http://hipwee.com

Museum yang berada di i jalan Merdeka Nomor 56. Terletak di kelurahan Cibogor, kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, ini merupakan salah satu museum yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak sedikit yang menyangka bahwa bangunan tua di Bogor ini adalah museum yang menyimpan banyak sekali artefak sejarah perjuangan. 

Museum yang diprakarsai oleh tokoh pejuang karesidenan Bogor pada tahun 1957 ini memang memiliki nilai sejarah yang cukup besar. Jika kamu berkunjung ke kawasan museum ini, maka kamu dapat menyaksikan beragam koleksi yang berhubungan dengan sejarah perjuangan.

Museum PETA (Pembela Tanah Air)

Bangunan Tua di Bogor

http://indonesiakaya.com

Museum PETA atau Pembela Tanah Air merupakan salah satu gedung tua di kota Bogor lainnya yang memiliki hubungan erat dengan keberadaan angkatan militer di Indonesia. Bangunan yang dijadikan sebagai museum ini sendiri merupakan bangunan bekas tentara KNIL yang didirikan pada tahun 1745. Tak heran memang jika nuansa bangunan yang satu ini sangat kental dengan nuansa Eropa.

Sebagai salah satu destinasi pilihan wisata unik yang ada di Indonesia, koleksi yang terdapat di bangunan ini sendiri bisa dikatakan sangat lengkap dan beragam. Kamu bisa menemukan beragam diorama yang menunjukkan pergerakan dan momen-momen penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Puas menikmati liburanmu di 4 destinasi bangunan tua di Bogor? Jangan lupa untuk menikmati Lapis Bogor Sangkuriang camilan khas kota hujan ini. Selain rasanya yang nikmat, Lapis Bogor Sangkuriang sering dijadikan sebagai buah tangan para wisatawan untuk dibawa ke kota asal juga lho!

Penasaran rasanya seperti apa? Kamu bisa mendatangi salah satu outlet kudapan lezat ini yang terletak di Jalan Padjajaran kota Bogor! Ssstt, harus datang lebih cepat ya karena stocknya cepat habis!