skip to Main Content

Tea Bridge Gunung Mas: Tiket Masuk Terbaru, Daya Tarik, dan Rute

Kawasan Puncak di Bogor masih menjadi destinasi wisata favorit, terutama bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Keindahan alam dan sejuknya udara Puncak adalah daya tarik utama yang membuat banyak orang ingin datang berkunjung dan menghabiskan waktu bersama orang tercinta.

Baca juga : Puncak Bogor, Pilihan Wisata Keluarga

Puncak juga punya banyak objek wisata Instagramable, salah satunya adalah Tea Bridge Gunung Mas. Meskipun hanya jembatan, tidak sedikit yang rela menempuh perjalanan panjang untuk datang kesini lho!

Simak ulasan lengkap tentang objek wisata tersebut dalam artikel berikut!

Pesona Tea Bridge Gunung Mas

Foto oleh @enjoybogor

Tea Bridge Gunung Mas merupakan jembatan yang terbuat dari kayu, membentang sepanjang 260 meter di antara hamparan kebun teh nan hijau. Karena seluruhnya terbuat dari kayu, semakin menguatkan nuansa alam di sekitarnya. 

Hampir semua pengunjung yang datang ingin berfoto di atas jembatan yang cantik ini. Pemandangan di Tea Bridge Gunung Mas semakin mempesona karena siluet Gunung Pangrango yang berdiri gagah terlihat sangat jelas, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai latar belakang foto.

Objek wisata ini sebenarnya relatif baru, karena baru diresmikan pada bulan Mei tahun 2022. Namun popularitasnya meningkat pesat, jumlah pengunjungnya mencapai 1.300 orang di akhir pekan, mayoritas datang dari kawasan Jabodetabek. Hanya saja, jumlah pengunjung yang bisa naik ke jembatan kayu dibatasi, maksimal 200 sampai 250 orang. Jadi ketika kuota sedang penuh, mau tidak mau Anda harus mengantre. Tapi tenang saja, banyak kok yang rela menunggu demi bisa menjelajah kebun teh di atas jembatan estetik ini.

Foto oleh @stevanyalf

Selain pemandangan alam yang sangat indah, udara di sekitar perkebunan teh sangat sejuk karena berada di ketinggian 800-1.200 mdpl. Diperkirakan suhu harian di tempat ini rata-rata adalah 12-22 derajat celcius.

Aktivitas yang bisa dilakukan di area wisata kebun teh Puncak ini tidak hanya jalan-jalan dan berfoto di atas jembatan kayu Tea Bridge Gunung Mas saja. Anda juga bisa menikmati kegiatan lain seperti paralayang, panahan, offroad, berkuda, ATV, sampai menginap di penginapan dekat perkebunan.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Foto oleh @firdaamaliaaa_

Untuk bisa menikmati pemandangan alam dan udara sejuk di kawasan perkebunan teh ini, biaya yang harus dikeluarkan sangat terjangkau. Tiket untuk bisa jalan-jalan di atas Tea Bridge adalah Rp 10 ribu per orang. Namun sebelum itu, Anda harus membayar tiket masuk ke kawasan Agrowisata Gunung Mas sebesar Rp 15 ribu per orang. Untuk anak-anak usia di bawah 3 tahun tidak perlu membeli tiket masuk.

Pembelian tiket dapat dilakukan di tempat, dengan pembayaran tunai maupun non tunai melalui dompet digital. Jangan lupa catat juga jam bukanya! Tea Bridge dibuka mulai pukul 6 pagi hingga jam 5 sore. Di akhir pekan, jam tutupnya diperpanjang sampai jam 7 malam.

Fasilitas dan Rute Lokasi

Tea Bridge Gunung Mas merupakan bagian dari Agrowisata Gunung Mas yang terletak di Kabupaten Bogor, tepatnya di Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua yang jaraknya kurang lebih 29 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam 40 menit jika lalu lintas tidak macet.

Dari Bogor, Anda bisa berkendara ke Rest Area Gunung Mas dan melanjutkan perjalanan ke Jalan Pangrango. Kemudian tinggal ikuti saja petunjuk jalan yang ada atau menggunakan bantuan GPS.

Sebagai kawasan wisata yang banyak dikunjungi, fasilitas yang disediakan pengelola cukup lengkap lho! Mulai dari toilet, masjid, hingga tempat parkir kendaraan yang luas. Tidak lupa Anda juga bisa menemukan spot-spot foto estetik di berbagai sudut perkebunan teh Puncak.