skip to Main Content

Taman Buah Mekarsari, Wahana & Fasilitas

Taman Buah Mekarsari 1

Begitu banyak tempat wisata di Kota Bogor. Salah satunya adalah Taman Buah Mekarsari. Destinasi wisata keluarga ini merupakan tempat wisata yang mempunyai kemiripan dengan lokasi wisata alam Bogor lainnya. Misalnya Taman Safari Bogor dan juga Kebun Raya Bogor. 

Tetapi wisata favorit keluarga ini memang terasa lebih berbeda dan memiliki kelebihan yang tidak ditemukan pada Kebun Raya Bogor ataupun Taman Safari Bogor. 

Sejarah

Destinasi wisata keluarga ini pertama kali digagas oleh Almarhum Ibu Tien Soeharto yang dibangun pada tahun 1990 dan diresmikan pada tahun 1995. Taman Buah Mekarsari adalah wisata dengan konsep tempat rekreasi agrowisata yang memiliki sekitar 1.470 varietas tanaman buah dan 100.000 pohon. Termasuk di antaranya tanaman rempah, tanaman biofarma, tanaman pangan, tanaman hias, tanaman sayur, tanaman industri, dan tanaman pelindung. 

Di dalamnya, terdapat laboratorium yang berguna untuk menyilangkan beberapa varietas tumbuhan. Diantaranya adalah menghasilkan Barbados cherry, jambu air irung petruk, jambu air cengkeh, nenas arnis, jambu air toon klow. Ada juga persilangan buah cempedak dan nangka yang dinamakan pedakka, cempaka, dan nangkadak. Selain itu, di Taman Wisata Mekarsari, kamu juga dapat menjumpai tanaman-tanaman langka. Seperti bunga bangkai, sawo kecik, kesemek, serta tanaman-tanaman tropis seperti salak, nangka, jeruk, rambutan, belimbing, melon, dan masih banyak lagi.

Wahana Taman Buah Mekarsari

Sumber: anekatempatwisata.com

Tercatat, di taman ini ada sekitar 1.470 varietas tanaman buah serta 100.000 pohon berbagai jenis yang bisa dinikmati atau di-eksplore pengunjung. Bagi kamu yang ingin mengkonsumsi buah-buahan, kamu bisa memetik sendiri dan mencicipinya. Buah-buahan yang ada seperti salak, rambutan, belimbing, jeruk, melon, dan nangka di pohonnya langsung. Selain itu kamu juga bisa membeli bibitnya untuk ditanam di rumah, lho. Bibit-bibit tanaman yang sudah siap tanam dapat beli di sebuah garden center yang sengaja dibuat sebagai tempat penjualan bibit tanaman. 

Tidak hanya menyuguhkan keindahan alam dengan berbagai koleksi tanaman dan pepohonan, di lokasi Taman Buah Mekarsari juga ada berbagai macam wahana permainan yang bisa dinikmati. Kamu bisa menikmati keseruan dengan bermain di wahana permainan seperti sepeda air, aqua bike, kano, perahu naga, dan banana boat. Selain itu, jika kamu hobi memancing, di tempat ini juga sudah disediakan kolam pemancingan juga dengan alat pancing yang juga disediakan. Menyewanya hanya dengan biaya beberapa ribu rupiah saja. Dan masih banyak wahana yang dapat kamu coba dan nikmati di Taman Buah Mekarsari ini.

Fasilitas Taman Buah Mekarsari

Sumber: mekarsari.com

Tempat rekreasi sebesar dan seterkenal Taman Buah Mekarsari tentunya sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas umum yang bisa kamu temukan di taman ini. Diantaranya ialah mobil wisata, tuk-tuk, ATV, restoran, area parkir, tempat ibadah, kamar kecil / toilet umum yang tersedia di beberapa titik, dan toko souvenir. Selain itu, di area destinasi wisata keluarga ini juga sudah tersedia penginapan dengan konsep yang menarik. Yaitu Rumah Pohon yang dapat diisi maksimal 4 orang dengan tarif Rp.770.000,- (week day), Rp.990.000,- (weekend) dan D’Cabin yaitu penginapan dalam kendaraan trailer yang dapat diisi maksimal 4 orang dengan tarif Rp.660.000,- (week day), Rp.880.000 (weekend).

BACA JUGA: Bogor Botanical Garden, Eksplor Yuk!

Nah, itulah dia fakta menarik dan unik tentang Taman Buah Mekarsari yang bisa menjadi rekomendasi Lapis Mania jika ingin berlibur di Kota Bogor. Sedikit Tips untuk menemani liburanmu nih. Kamu bisa mampir ke toko Lapis Bogor Sangkuriang. Dengan tersedianya berbagai pilihan varian rasa akan cocok untuk kamu jadikan cemilan  di tempat wisata Kota Bogor agar semakin menambah suasana nyaman liburanmu. Yuk jangan lupa mampir dulu!