skip to Main Content

Talas Bogor Enaknya Dimasak Apa?

Talas Bogor Enaknya Dimasak Apa? – Salah satu umbi-umbian yang khas dari Bogor yaitu, talas. Selain, wajib dibawa untuk oleh-oleh, talas juga jadi salah satu bahan makanan yang dapat diolah jadi berbagai macam makanan dan minuman yang pasti lezat dan mudah dibuatnya.  

Tidak hanya mudah diolah menjadi makanan lezat, talas juga kaya akan nutrisi baik seperti, sumber serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dari sini, mungkin kamu penasaran talas Bogor enaknya dimasak jadi apa? Berikut ide olahan talas Bogor yang mudah dibuat. 

1. Talas Kukus

talas bogor enaknya dimasak apa
Sumber: cookpad.com

Rekomendasi yang pertama talas kukus. Makanan satu ini terbuat dari talas sebagai bahan utamanya, dan sering dijadikan camilan untuk dinikmati saat musim hujan. 

Cara pengolahannya pun cukup mudah, hanya dikukus. Tetapi hasilnya tidak akan mengecewakan. Alhasil, hingga sekarang Talas Kukus masih banyak diminati di Bogor. 

2. Stik Talas

Camilan stik talas ini cocok untuk dinikmati saat bersantai di rumah. Citarasanya yang gurih seperti keripik pasti disukai oleh semua orang. Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Membuat camilan satu ini cukup mudah, kamu cukup memotong-motong talas seukuran korek api lalu balur dengan bumbu yang terbuat dari bawang putih, dan tambahkan sedikit garam. Kemudian, goreng hingga coklat keemasan dan teksturnya renyah. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan cita rasa lainnya dengan menambahkan bumbu berbagai rasa sesuai dengan keinginanmu. 

3. Es krim talas

Tahukah kamu selain jadi camilan, talas juga bisa dijadikan sebagai dessert, lho lapismania! Jangan khawatir dengan rasanya, rasanya tidak kalah dengan es krim pada umumnya kok. Selain itu, es krim talas juga memiliki nilai tambah lebih sehat, tinggi kandungan serat, dan memiliki tekstur yang lembut. 

Untuk membuatnya, kamu bisa memulainya dengan mencampur talas kukus yang sudah dihaluskan, campurkan dengan santan, susu kental manis, dan warna ungu menggunakan mixer hingga lembut. Langkah terakhir, bekukan hingga mengeras ke dalam freezer atau chiller. 

4. Talas goreng

talas bogor enaknya dimasak apa
Sumber: cookpad.com

Talas goreng atau disebut juga dengan uyen oleh masyarakat Bogor ini paling cocok dinikmati saat santai di rumah. Camilan dengan citarasa gurih dan tekstur yang renyah ini pun sangat mudah untuk membuatnya. 

Cara membuatnya, serut talas lalu campurkan dengan adonan cair dari tepung terigu, tepung sagu, telur, dan bawang putih. Kemudian, bentuk adonan menjadi bulat dan goreng dengan minyak hingga berwarna keemasan atau kecoklatan. 

BACA JUGA: Fakta Unik Tradisi Sunda Hajat Bumi

5. Puding Talas

Siapa yang tidak menyukai puding? Tentunya, semua orang menyukai dessert satu ini. Selain bisa diolah menjadi es krim, talas juga bisa diolah menjadi puding lembut dan menyehatkan. Hal ini dikarenakan puding talas mengandung serat dan protein yang cukup tinggi, Lapismania! 

Jika kamu tertarik membuatnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti membuat puding pada umumnya. Namun, bedanya kali ini dicampur dengan talas yang sudah dihaluskan, dan gula pasir hingga mengental. Agar lebih lezat kamu juga bisa menambahkan siraman vla, topping dan lain-lain. 


Nah, itu lah beberapa ide olahan talas Bogor. Jadi, jika kamu ditanya talas Bogor enaknya dimasak apa? Kamu tidak perlu bingung lagi. Apalagi jika kamu berkunjung ke Bogor, jangan lupa untuk mencicipi talas khas Bogor yang belum diolah maupun yang sudah diolah. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencicipi Lapis Bogor Sangkuriang, agar perjalananmu semakin lengkap. Kamu juga bisa membawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga, lho!