skip to Main Content

Resep Seupan Taleus Bogor, Camilan Favorit yang Langka

Siapa yang tidak suka camilan? Camilan adalah teman setia saat kita merasa lapar di antara waktu makan. Tapi camilan yang itu-itu saja kadang bikin bosan bukan? Oleh karen itu, yuk kita bahas camilan yang tergolong langka dan menggugah selera: Seupan Taleus Bogor. 

Baca juga : 4 Merek Kopi Legendaris dari Bogor yang Masih Eksis

Jika Anda adalah pecinta kuliner yang suka mencoba hal-hal baru, Anda tidak boleh melewatkan resep unik ini. Simak terus artikel ini untuk mengetahui apa itu Seupan Taleus Bogor dan bagaimana cara membuatnya.

Apa Itu Seupan Taleus Bogor?

Sumber: pergikuliner

Seupan Taleus Bogor merupakan camilan tradisional yang berasal dari Bogor, Jawa Barat. Camilan ini terbuat dari talas yang dipotong-potong dan kemudian dikukus, lalu diberi parutan gula merah dan kelapa. 

Uniknya, cara pengolahan Seupan Taleus Bogor ini menggunakan alat tradisional yang terbuat dari bambu dan dibungkus dengan daun pisang. Aroma khas dari talasnya akan bikin Anda merasa lapar sejak pertama kali potongan talas dikukus. Camilan ini jadi favorit masyarakat Bogor, dan sayangnya, sulit ditemukan di luar kota ini.

Resep Seupan Taleus Bogor

Meski sulit ditemukan, bukan berarti Anda tidak bisa membuat camilan lezat ini sendiri di rumah. Berikut ini resep lengkap untuk membuat Seupan Taleus Bogor dengan cara yang mudah dan ringkas!

Bahan yang Harus Disiapkan

  • 500 gram talas
  • 200 gram kelapa parut
  • Gula merah secukupnya
  • Air secukupnya
  • Daun pisang untuk membungkus
  • Bambu untuk tempat mengukus

Cara Membuat

  1. Siapkan talas yang sudah dikupas dan cuci sampai bersih. Potong talas menjadi bentuk kecil-kecil sesuai selera. Ukuran yang biasa digunakan adalah sekitar 1,5 cm x 1,5 cm x 1,5 cm.
  2. Siapkan tempat untuk mengukus talas. Bambu ini akan memberikan aroma khas pada camilan, sehingga sangat disarankan untuk mencoba menggunakan bambu jika memungkinkan.
  3. Letakkan potongan talas ke dalam tempat pengukusan bambu. Pastikan talas tersusun rapi.
  4. Kukus talas selama sekitar 20-30 menit hingga talas benar-benar matang. Anda dapat memeriksa kematangan talas dengan menusukkan garpu. Jika garpu masuk dengan mudah, berarti talas sudah matang.
  5. Selama talas dikukus, Anda bisa menyiapkan parutan gula merah dan kelapa. Parut gula merah dan kelapa secukupnya. Jika Anda suka rasa manis yang lebih kuat, tambahkan lebih banyak gula merah.
  6. Setelah talas matang, angkat dari kukusan dan biarkan dingin sejenak. Talas yang telah dikukus akan memiliki tekstur yang lembut dan kenyal.
  7. Setelah talas agak dingin, balurkan potongan talas dengan parutan gula merah dan kelapa. Pastikan semua bagian talas terbalut dengan baik. Gula merah akan memberikan rasa manis yang nikmat, sementara kelapa memberikan tekstur yang gurih.
  8. Bungkus Seupan Taleus Bogor yang sudah jadi dengan daun pisang. Ini akan memberikan aroma segar dan alami pada camilan kita.
  9. Seupan Taleus Bogor siap disajikan! Anda bisa menikmatinya sebagai camilan di waktu luang atau sebagai teman saat minum teh.

Dengan resep yang sederhana ini, Anda bisa menikmati Seupan Taleus Bogor yang lezat di rumah. Aroma khas talas yang dikukus dengan bambu dan disajikan dengan gula merah serta kelapa akan membuatmu ketagihan. Selain itu, cara pembungkusannya dengan daun pisang memberikan sentuhan alami yang menambah nilai estetis pada camilan tradisional ini.

Bagi Anda yang berasal dari Bogor dan tinggal di luar kota Bogor, membuat camilan Seupan Taleus sendiri akan membantu mengobati rasa rindu.