skip to Main Content

Tempat Wisata Bogor untuk Merayakan Imlek Paling Hits

Rekomendasi tempat wisata Bogor untuk merayakan imlek menjadi salah satu informasi yang ditunggu-tunggu banyak orang. Kota ini tidak hanya dikenal memiliki kebun raya yang memukau, tetapi juga menyajikan beragam destinasi seru yang cocok untuk merayakan momen spesial Imlek bersama keluarga dan kerabat. 

Mulai dari kelezatan kuliner hingga atmosfer yang dipenuhi semangat perayaan, berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata Bogor untuk perayaan Imlek Anda!

Taman Safari Bogor 

Perayaan Imlek Bogor di Taman Safari Bogor
Perayaan Imlek Bogor di Taman Safari Bogor

Destinasi wisata Bogor pertama yang turut memeriahkan imlek adalah Taman Safari Bogor. Setiap tahunnya, Taman Safari Bogor hadir dengan tema meriah yang menyajikan berbagai acara dan parade menarik khas Tionghoa. 

Pertama-tama Anda bisa berkeliling untuk mengenal berbagai satwa unik dari seluruh penjuru dunia. Selain itu, berbagai atraksi khas Imlek seperti Liong Barongsai hingga Folk Dance juga turut menyemarakkan Imlek di Taman Safari Bogor.

Di sentra kuliner Taman Safari Bogor Anda dapat menemukan berbagai menu khas Imlek yang lezat dan menggugah selera. Anda bisa mengikuti akun instagram resmi Taman Safari Bogor, karena biasanya akan ada informasi promo dan diskon khusus Imlek. 

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menghabiskan liburan Imlek Bogor di Taman Safari Bogor bersama keluarga? 

Tempat Wisata Bogor Lawang Suryakencana 


Image desc: Lawang Suryakencana dikenal sebagai Chinatown Bogor
Foto oleh @wahyusaidi

Merayakan Imlek di kota Bogor belum lengkap rasanya jika Anda belum berkunjung ke Lawang Suryakencana. Kawasan pecinan atau yang dikenal juga sebagai Chinatown-nya Bogor ini cukup populer sebagai tempat wisata Bogor karena menyuguhkan nuansa budaya lokal dan Tionghoa yang kental. 

Saat melintas di kawasan Pasar Bogor, Anda akan melihat gapura megah berwarna merah dengan papan bertuliskan Lawang Suryakencana (Kampung Tengah – Buitenzorg, Dayeuh Bogor) 

Berikut beberapa fakta menarik tentang Lawang Suryakencana, yang harus Anda ketahui sebelum berkunjung kesana: 

Merupakan Surganya Kuliner dan Tempat Wisata Bogor

Tersedia berbagai macam pilihan kuliner khas Tionghoa dengan sentuhan lokal di kawasan pecinan yang satu ini. Mulai dari laksa, ngo hiang, siomay, pangsit, soto mie, dan menu lainnya. Beberapa tempat makan legendaris yang bisa Anda coba yaitu Martabak Encek, Lumpia Basah Gang Aut, Es Pala Pak Ujang, Bir Kotjok Abah, Combro Atmajaya, dan masih banyak lagi. 

Vihara Dhanagun Bogor

Untuk lebih mengenal etnis Tionghoa di Bogor, saat pergi ke Lawang Suryakencana jangan lupa untuk mampir ke Vihara Dhanagun Bogor. Vihara yang berusia ratusan tahun ini terletak di belakang Lawang Suryakencana. 

Merupakan pusat perkumpulan warga maupun keturunan Tiongkok di Bogor, destinasi ini selalu ramai saat perayaan tahun baru Imlek hingga cap go meh. Jadi sempatkan untuk mampir ke Vihara ini saat liburan Imlek Bogor ya! 

Berbagai Toko Obat China 

Sama halnya dengan kawasan pecinan lainnya yang ada di Indonesia, di Lawang Suryakencana Anda juga bisa menemukan banyak pertokoan. Banyak toko-toko yang menjual barang elektronik, makanan hingga berbagai jenis obat Cina yang terkenal kemujarabannya. 

JungleLand Sentul 

Foto oleh @jungleland_indo

Tempat wisata Bogor Imlek ketiga yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga adalah JungleLand Sentul Bogor. Theme Park dengan beragam wahana ini berada di Kawasan Sentul Nirwana, Jl Jungle Land no.1 Karang Tengah Kec Babakan Madang, Kabupaten Bogor. 

Berbagai wahana yang bisa Anda nikmati bersama keluarga di tempat wisata Bogor ini antara lain Mirror Trap, Jungle Mission, Harvest Time, Ferris Wheel, Haunted House, Mini Drop, Water Flume, Air Race, Wave Swinger, Bumper Car, dan masih banyak wahana lainnya. 

Perayaan Imlek di wisata kota Bogor yang satu ini semakin meriah dengan adanya pertunjukan atraksi Barongsai, Wushu Show, dan Thematic Dance. Anda bisa mengikuti akun instagram resmi JungleLand untuk tahu mengenai special promo dan lucky angpao-nya. 

Tempat Wisata Bogor Chevilly Resort and Camp 

Wisata Imlek Bogor
Foto oleh @chevillyresortandcamp

Tempat wisata Bogor yang selanjutnya adalah Chevilly Resort & Camp. Jika Anda dan keluarga berasal dari luar kota dan ingin menginap di Bogor untuk menghabiskan waktu liburan Imlek, maka ini tempat yang tepat. 

Beralamatkan di Jalan Raya Veteran III Banjarsari, Ciawi Bogor. Anda dan keluarga bisa healing sambil menikmati udara segar. Di Resort ini tersedia berbagai fasilitas seperti taman, kolam renang, dan berbagai spot foto unik. Salah satu spot foto menarik yang wajib dikunjungi adalah area Chinatown-nya. 

Anda bersama dengan keluarga bisa menyewa pakaian tradisional khas Tiongkok dan berfoto di latar pagoda, rumah Panda, istana Cina, dan masih banyak lagi spot yang lainnya. Tertarik untuk menghabiskan liburan Imlek di tempat yang sejuk ini? 

Kampung China Cibubur

Suasana Kampung China Cibubur
Foto oleh @backpackerjakarta

Selain wisata kota Bogor Lawang Suryakencana, jika Anda ingin mencari tempat wisata bogor yang kental dengan etnis Tionghoa maka Anda bisa berkunjung ke Kampung China Cibubur. Destinasi wisata Bogor yang satu ini berada di Jl Boulevard Kota Wisata Cibubur. 

Sebelum memasuki areanya, Anda akan disambut oleh gapura megah dengan tulisan “Gerbang Kemakmuran” dengan bentuk setengah lingkaran dan patung prajurit besar di sisi kanan dan kirinya. 

Begitu memasuki area Kampung China Cibubur ini, kita akan terasa seperti pergi ke Negeri China yang sesungguhnya. Banyak yang meyakini bahwa dengan melewati gerbang ini, maka akan membawa keberuntungan bagi orang yang melewatinya. 

Area wisata ini menyediakan berbagai kios yang menjual pernak-pernik khas Imlek seperti dekorasi rumah, kerajinan tangan handmade, lampion, topi, makanan ringan, dan masih banyak lagi. Tempat ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga 18.00 setiap harinya.

Kebun Raya Bogor

Wisata libur imlek murah meriah di Kebun Raya Bogor

Foto oleh @raasaa_id

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat wisata Bogor murah meriah yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan libur imlek Anda. Wisata kota Bogor yang satu ini memiliki luas kurang lebih 87 hektar dan punya koleksi tanaman yang beragam. 

Anda dan keluarga dapat menikmati keasrian destinasi wisata bogor Kebun Raya Bogor dengan bersantai di taman bunganya hingga melihat berbagai jenis macam bunga disini. Berbagai fasilitas kendaraannya antara lain sepeda tandem, sepeda anak, golf car, e-bike, shuttle bus, e-scooter, sepeda keranjang, antelope E-bike, dan MTB. 

Berbagai macam aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama keluarga mulai dari kelas edukasi mengenai tumbuhan, virtual tour, kuliner, dan tour de kebun. Untuk mengunduh buku panduan pengunjung, Anda bisa mengunjungi website resmi kebun raya bogor disini

Itu tadi beberapa rekomendasi tempat wisata Bogor untuk merayakan Imlek. Mulai dari liburan ke tempat-tempat yang kental dengan budaya Tionghoa hingga liburan penuh edukasi yang murah meriah di Kebun Raya Bogor. 

Kira-kira tempat wisata Bogor manakah yang menarik perhatian Anda dan keluarga? Yuk rencanakan liburan khusus bulan Imlek Bogor mulai sekarang~