skip to Main Content

Oleh-Oleh Khas Bogor Yang Wajib Dibawa Pulang

Lapis Bogor Sangkuriang

Puncak Bogor memang dikenal sebagai tujuan destinasi yang menyuguhkan paket lengkap. Mulai dari oleh-oleh, wisata alam, hingga hiburan yang mengesankan. Bicara soal kuliner, kota yang berjuluk Kota Hujan ini juga menyuguhkan aneka kuliner yang cocok untuk camilan dan juga cocok dijadikan oleh-oleh. Lapis Mania bisa menemukan aneka ragam oleh-oleh khas Bogor yang wajib dibawa pulang.

Yuk simak, daftar rekomendasi oleh-oleh khas Bogor yang wajib dibawa pulang. Check this out!

Asinan Bogor

Jika menyebut kuliner khas Bogor, semua orang akan menyebut asinan. Cita rasa kuah yang asam-pedas dipadu dengan renyahnya irisan buah serta sayuran, menjadikan kuliner favorit semua kalangan. Ada beberapa rekomendasi kuliner terbaik untuk menikmati Asinan Bogor. Dimana saja kah? Yuk simak ulasannya.

  • Asinan Asli Bogor. Warung ini merupakan warung legendaris di kota Bogor. Lapis Mania bisa merasakan perbedaan rasa cukanya yang sangat segar dengan cita rasa asam dan pedas yang pas. Kuliner legendaris kota Bogor ini terletak di Jalan Ir H. Juanda No. 90, RT 02/RW 01
  • Asinan Bogor Ahau. Asinan Bogor ini terkenal karena sering dikunjungi pelanggan setianya. Menariknya, asinan ini ternyata sudah dikelola oleh generasi ketiga. Lapis Mania bisa mencicipi perpaduan sayur dan buah sekaligus dengan kuahnya yang segar nan nikmat. Lapis Mania bisa mengunjunginya di Jalan Suryakencana No 303B, Kota Bogor.
  • Asinan Dewi Sri. Lokasinya tak jauh dari terminal Baranangsiang, tepatnya di Jalan Sukasari Bogor Timur, Bogor. Apabila Lapis Mania tidak memiliki waktu yang cukup banyak, Asinan Dewi Sri ini bisa dibawa pulang. Rasanya pun tetap segar dan nikmat dengan rasa asamnya yang legit dari cuka kuahnya.

Talas Bogor

Talas Bogor 2
Talas Bogor

Dari berbagai pilihan oleh-oleh khas Bogor, talas masih menjadi primadona wisatawan. Hal ini dikarenakan talas Bogor dikenal pulen dan empuk. Ada dua jenis talas yang tersedia, yaitu talas merah dan talas putih. Namun, ada beberapa hal yang harus Lapis Mania perhatikan supaya mendapatkan talas dengan kualitas bagus. Berikut ini tips memilih talas yang berkualitas:

  • Talas yang bagus adalah talas yang benar-benar matang.
  • Daging talasnya sudah berwarna keabu-abuan.
  • Apabila dicium, maka wangi umbinya akan terasa.
  • Talas yang bagus, tidak akan terasa gatal saat dimakan.

Untuk menikmati talas, dapat diolah dengan cara direbus atau dikukus. Bahkan, talas juga sering dijadikan adonan tepung untuk membuat kue.

Ubi Bakar Cilembu

Ubi Cilembu biasa dikenal dengan ubi madu. Uniknya, ubi ini memiliki rasa manis alami seperti madu. Keunikan ini tidak dimiliki oleh ubi pada umumnya. Selain itu, manisnya ubi cilembu hanya bisa ditanam di tanah Sumedang saja lho. Ketika ditanam di luar daerah itu, maka hasilnya kurang maksimal seperti ubi cilembu yang ditanam di desa Cilembu. Ubi Cilembu ini tak sekedar memiliki rasa enak dan manis. Ubi madu ini kaya akan nutrisi yang bagus untuk memelihara kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dari ubi cilembu:

  • Lapis Mania tak perlu khawatir karena ubi madu ini juga rendah kalori dan kolesterol lho. Selain itu, dengan mengkonsumsi ubi cilembu dapat menjaga nafsu makan dan tidak mudah lapar.
  • Rasanya yang manis pun aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena tidak menaikkan kadar gula dalam tubuh.
  • Berbeda dengan ubi jalar pada umumnya, ubi cilembu akan terasa nikmat apabila dimasak dengan cara di oven/bakar/panggang. Namun, tidak cocok jika digoreng atau direbus. 
  • Memiliki tekstur lembut dan rasa manis alami, ubi cilembu ini berpotensi dapat dikreasikan dalam bentuk olahan lain, seperti, roti, cake, dan olahan lainnya.

BACA JUGA: 10 Tradisi Sunda yang Khas, Unik dan Menarik

Kacang Bogor 

Tidak seperti kacang pada umumnya, kacang bogor memiliki bentuk bulat dengan warna ungu di dalamnya. Masa panen kacang ini pada bulan Februari sampai April. Pada saat inilah kamu bisa menemui jajaran pedagang yang menjual kacang Bogor rebus secara berkeliling.

Panen yang berkala membuat warga Bogor mengolah kacang ini menjadi kacang goreng agar dapat dinikmati dengan jangka waktu yang panjang. Salah satu merek terkenal adalah Kacang Bogor Istana yang memiliki berbagai macam rasa, mulai dari keju, barbeku, hingga balado.

Lapis Bogor Sangkuriang

Lapis Bogor varian Original

Oleh oleh khas Bogor selanjutnya yang wajib untuk Anda coba adalah lapis Bogor Sangkuriang. Lapis Bogor Sangkuriang adalah olahan lapis berbahan dasar talas dengan pilihan topping yang beragam. Sajian yang sangat menggugah selera dan sangat cocok dijadikan oleh-oleh, membuat Lapis Bogor Sangkuriang menjadi salah satu oleh oleh khas Bogor paling recomended. Selain itu, Lapis Bogor Sangkuriang bisa bertahan cukup lama antara 5 sampai 7 hari. 

Lapis Bogor Sangkuriang ini bisa ditemukan dan tersebar di beberapa toko. Salah satunya adalah toko yang beralamat di Jl. Raya Puncak, Jl. Raya Cibogo No.113 Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sehingga menjadikan Lapis Bogor Sangkuriang cocok untuk kamu yang berniat membawa oleh-oleh setelah berkunjung ke kawasan Puncak Bogor. Toko Lapis Bogor Sangkuriang buka pukul 10:00 – 22:00 WIB setiap harinya. Dengan Harga berkisar sekitar Rp26.000 – Rp30.000 per kotak. Ada juga rekomendasi menu dari Lapis Bogor Sangkuriang ini yang bisa kamu bawa adalah Lapis Bogor Original (Rp26.000), Lapis Bogor Edisi Teh (Rp27.000), Lapis Bogor Coklat Talas (Rp27.000), dan Lapis Bogor Keju (Rp30.000). Jadi, silakan pilih rasa yang sesuai dengan kesukaan kamu dan keluarga ya!

Gemblong

Oleh-Oleh Khas Bogor
Sumber: Kompas.com

Kuliner selanjutnya merupakan jajanan pasar yang mempunyai bahan dasar ketan putih dengan cita rasa manis. Rasa manis tersebut berasal dari ketan putih yang dikepal berbentuk lonjong, lalu dibaluti gula merah hingga berwarna kecokelatan. Jajanan tradisional Gemblong ini masih dengan mudah ditemui di kawasan Stasiun Bogor dan juga sekitar Jalan Raya Puncak. Jajan Khas ini paling terkenal bisa kamu temukan dengan membawa bakul biru bertuliskan Gemblong Bu Juju. Bedanya Gemblong Bu Juju dengan gemblong yang lain itu dari teksturnya yang lebih empuk dan lebih tahan lama.

Bir Kotjok

Walaupun namanya bir, jangan salah sangka karena minuman ini berbeda dengan bir pada umumnya. Alih-alih memabukkan, justru minuman tradisional Bogor ini memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan. Karena minuman legenda ini terbuat dari olahan jahe, cengkeh, gula pasir, kayu manis dan gula aren. Bahan-bahan ini diyakini bisa mengobati berbagai keluhan, seperti masuk angin hingga melancarkan sirkulasi darah.

Apabila Lapis Mania pergi ke Bogor, terdapat penjual bir kotjok legendaris bernama Bir Kotjok Abah. Bir legendaris ini sudah eksis sejak tahun 1965 lho, Lapis Mania. Sekilas, bir kotjok ini mirip dengan bir pletok khas Betawi. Perbedaannya ada pada bahan rempah yang digunakan.

Bir kotjok ini tetap nikmat disajikan dengan es batu maupun hangat. Walaupun disajikan dengan es batu, khasiat dari minuman ini masih tetap terasa hangat di tenggorokan.

Oleh-Oleh Khas Bogor Selain Makanan

Kaos Unchal

Produk asli kota Bogor yang acapkali diburu oleh wisatawan yang dijadikan buah tangan adalah Kaos Unchal. Pusatnya berada di Jalan Ciremai nomor 1, Taman Kencana Bogor. Desain kaosnya pun sangat unik, yaitu mengangkat kondisi Bogor sebagai kota hujan. Kaos Unchal ini pun selalu mengeluarkan desain barunya setiap bulan. Selain itu, Kaos Unchal ini juga mengeluarkan desain khusus pada momen tertentu lho, Lapis Mania. Tak hanya kaos, oleh-oleh Bogor ini juga menjual oleh-oleh khas Bogor lain seperti tote bag, pin, magnet, topi dan sandal.

Kain Batik Bogor

Bogor juga memiliki batik yang tak kalah bagus dari segi motif maupun coraknya, dengan segala filosofi mendalam dan inspiratif. Salah satu toko kain batik Bogor adalah Batik Handayani Geulis Bogor yang berada di Jalan Bogor Baru, Tegal Gundil, Kota Bogor. Uniknya, Batik Handayani Geulis Bogor ini sudah menghasilkan 80 motif batik cap maupun tulis dimana empat belas motif diantaranya memiliki sertifikat hak paten dari Kemenkumham. 

Beberapa motif diantaranya adalah Laksana Sapaneja, Kalingga Murda, Patepung Lawung, Teratai Istana Bogor, Tilu Sauyunan, Kijang Papasangan, Tunggul Kawung, Bogor Pisan, Cepot, Angkot hingga Lereng Kujang.

Ecodoe

Oleh-oleh khas Bogor ini bisa dikatakan unik dan menggemaskan. Bagaimana tidak, oleh-oleh khas Bogor ini terbuat dari limbah bulu domba dan kayu wangi. Bentuknya pun unik, juga memiliki nilai edukasi. Lapis Mania bisa mengetahui dan mengajarkan kepada anak tentang berbagai satwa yang ada di Indonesia melalui Ecodoe.

Beberapa souvenir satwa yang bisa dipilih adalah kupu-kupu, capung, kambing, burung hantu, orang utan, dll. Harganya pun cukup terjangkau, sekitar 80 ribu sampai 200 ribu saja. Kalau Lapis Manis tertarik, bisa langsung mengunjungi ke tokonya di Jl Dramaga, Bogor.


Itulah oleh-oleh khas Bogor yang wajib dibawa pulang. Jika Anda mengaku sebagai Lapis Mania sejati, maka jangan lupa untuk membeli Lapis Bogor Sangkuriang yang tersedia dengan berbagai varian rasa. Semoga informasi diatas membantu Anda yang sedang bingung mencari oleh-oleh khas Bogorya!