skip to Main Content

7 Produk Unggulan Bogor, Wajib Dikunjungi!

Produk Unggulan Bogor – Bogor merupakan bagian kecil dari nusantara yang tidak hanya kaya dengan sumber daya alam, tapi juga sumber daya manusia.

Hal tersebut dibuktikan dengan makin menjamurnya berbagai usaha kecil dan menengah yang ada di Bogor, baik dalam bidang industri perumahan maupun dalam bidang kerajinan kreatif.

Tidak hanya di bidang kerajinan tangannya saja, lho. Namun, kota Bogor juga terkenal dengan produk makanannya yang enak dan harga yang ditawarkannya pun terjangkau.

Berikut hasil karya sumber daya manusia yang menjadi produk unggulan Kota Bogor, wajib disimak!

1. Wayang Golek khas Kota Bogor

Sumber : https://photo.sindonews.com

Wayang Golek merupakan pagelaran seni khas Sunda. Disetiap daerah memiliki ciri Wayang Golek tersendiri. Demikian pula dengan kota Bogor yang merupakan daerah pengrajin Wayang Golek.

Kerajinan ini yang paling dicari wisatawan saat berkunjung ke Bogor dan bisa kamu bawa sebagai oleh oleh khas. Buah tangan etnik ini terkenal sampai luar negeri bahkan di seluruh dunia.

Di Bogor juga terdapat tempat pembuatan sekaligus dijadikan tempat wisata. Salah satunya Sanggar Tumaritis, di sini pengunjung dapat melihat serta belajar proses pembuatan dari Wayang Golek. Wayang Golek dijual dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp. 100.000.

2. Lesung Keramik kerajinan unik khas Bogor

Oleh oleh keramik khas Bogor. Kerajinan tangan yang satu ini dapat digunakan untuk perabot rumah tangga. Beragam jenis perabot terbuat dari keramik diantaranya mug, vas bunga, mangkuk, guci, lilin aroma terapi, kendi, wastafel dan masih banyak perabot rumah tangga dapat ditemukan di Bogor.

Lesung Keramik ini dibandrol dengan harga mula dari Rp. 16.000 sampai jutaan rupiah. Motif yang ditawarkan juga beragam pengunjung bebas memilih sesuai selera.

3. Tas Daun Pandan produk unggulan Bogor

Bagi pecinta tas unik, Bogor memiliki kerajinan tangan tas. Tas sederhana namun masih terlihat elegan ini bisa menjadi alternatif untuk menambah koleksi tas.

Tas Rajut Bogor dibuat dengan tangan atau handmade tanpa bantuan mesin. Bahan dasar pembuatan tas ini ramah lingkungan yaitu daun pandan.

Tas Daun Pandan tersedia dengan berbagai macam model diantaranya model tali panjang, handbag, dan clutch. Serta berbagai macam warna yang dapat dipilih. Berbagai macam model tas ini dibandrol dengan harga mulai Rp. 160.000 sampai Rp. 600.000.

4. Lapis Talas Sangkuriang, produk makanan unggulan Bogor

Oleh oleh khas Bogor yang pertama adalah Lapis Bogor Sangkuriang. Saat ini banyak menyebar kue lapis dengan bahan dasar talas. Namun, Lapis Bogor Sangkuriang paling banyak di ganduri.

Lapis Bogor Sangkuriang merupakan kue pertama yang mempelopori populernya kue lapis talas. Sebenarnya kue ini adalah kue cake dengan dua warna yaitu lapisan pertama berwarna kuning, lapisan kedua berwarna ungu dan hijau muda.

Oleh karena cake ini memiliki dua warna maka nama lapis pun digunakan pada kue ini. Toping yang dapat dipilih juga beragam mulai dari keju, choco chip, dan rainbow chip.Kue yang hanya dapat ditemui di Bogor ini dibandrol dengan harga Rp. 25.000 sampai Rp 33.000  Cukup murah dengan rasa yang nikmat. Kamu dan keluarga akan happy karena rasa yang manis dan nggak buat enek!

5. Asinan Sedap Gedung dalam Bogor yang memiliki cita rasa yang khas

Asinan Sedap Gedung Dalam sudah menjadi kuliner legendaris. Asinan menjadi khas oleh-oleh bogor sejak tahun 1978. Satu porsi Asinan bersisi buah dan sayur khas bogor. Buah-buahan yang diasinkan yaitu mangga muda, jambu air, pepaya, kedondong, pala dan nanas. Sayur-sayuran yang diasinkan yaitu sawi khusus asinan, tauge, dan mentimun.

Biasanya selain buah dan sayur, asinan ini diberi tambahan tahu. Asinan Sedap Gedung Dalam disajikan dengan kuah cuka yang asam, manis, dan pedas serta ditaburi dengan kacang goreng diatasnya. Ingin mencoba Asinan ini cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 19.000 untuk mendapatkan satu porsinya.

6. Batik Tulis, produk unggulan Bogor banyak peminatnya

Batik Tulis khas Bogor memiliki motif yang unik. Motif yang paling populer adalah motif pisau kujang, hujan gerimis, dan bunga teratai. Motif-motif ini memiliki arti yang berkaitan dengan Bogor.

Pisau Kujang menggambarkan senjata tradisional Bogor. Hujan gerimis menggambarkan Bogor sebagai Kota Hujan. Sedangkan bunga teratai menggambarkan Kebun Raya Bogor. Batik Bogor mulai berkembang pada tahun 2008. Meskipun masih tergolong baru, Batik Bogor tidak kalah dengan batik dari Jawa Tengah.

Batik Bogor pun mulai dilirik pecinta fashion saat ini. Batik Bogor dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 25.000 sampai Rp. 35.000.

7. Miniatur Kujang khas Bogor

Berbagai macam kerajinan khas Kota Bogor selalu diburu karena memiliki nilai seni yang tinggi. Salah satu kerajinan yang paling banyak dicari yaitu miniatur Menara Kujang. Miniatur ini terbuat dari kayu yang dibuat sesuai bentuk aslinya dalam ukuran yang kecil.

Menara Kujang juga dapat ditemukan dalam bentuk miniaturnya. Kerajinan tangan Miniatur Tugu Kujang ini dapat menjadi buah tangan khas Bogor.

Miniatur yang unik ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 100.000. Selain itu, juga terdapat miniatur rumah adat, mobil, dan masih banyak lagi.

Produk unggulan Bogor hanya sebagian terlebih dari itu, masih banyak sekali kerajinan serta makanan yang menjadi produk unggulan dari kota hujan ini. Bagi kamu yang berkunjung ke Bogor nggak ada salahnya untuk membeli oleh-oleh dengan memilih salah satu produk unggulannya.

Sebagai rekomendasi kamu yang suka makan, kamu bisa mencoba Lapis Talas Sangkuriang yang sudah banyak penggemarnya karena cita rasa yang khas dengan banyak varian rasa yang nggak pernah kamu coba sebelumnya, lho!