skip to Main Content

8 Pesona Wisata Alam Bogor yang Lagi Hits

Wisata Alam Bogor

Di tengah gemericik air terjun yang menyegarkan dan hamparan kebun teh yang memanjakan mata. Bogor, kota yang menyimpan pesona keindahan alam dan menjelma menjadi surga bagi penggemar jalan-jalan dan pecinta kuliner. Bersiaplah untuk menyelami pesona alam tanah Bogor. Berikut adalah 10 pesona wisata alam Bogor yang lagi hits! 

Bukit Paniisan

Yang pertama adalah Bukit Paniisan, berlokasi di Sentul dan berada di kawasan Gunung Pancar. Bukit ini berdiri sejauh 846 meter diatas permukaan laut. Untuk bisa mencapai puncaknya, Anda bisa memulai perjalanan dari lapangan parkir Air Terjun Cibingbin. 

Perjalanan untuk sampai ke puncak bukit ini membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit dengan pendakian sejauh 1,5 km. Dalam perjalanan ini, Anda akan disuguhi panorama alam Sentul yang masih asli dengan pepohonan hijau. Seolah menjadi penawaran lelah, sebelum Anda tiba di bukit yang sedang hits ini.

Anda bisa melakukan pendakian ke Bukit Paniisan dengan bantuan guide trekking atau bisa dilakukan secara mandiri. Dengan jarak total sejauh 6 km pulang pergi. Bagaimana, tertarik ke tempat ini? 

Wisata Alam Bogor – Telaga Batu 

Foto oleh @hadjukemal

Wisata alam Bogor yang lagi hits kedua adalah Telaga Batu. Terletak di Jalan Curug Pangeran, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Dengan elevasi mencapai 1.000 meter di atas permukaan laut, tempat ini menjanjikan pemandangan alam yang memikat hati dan air yang jernih. 

Telaga Batu menyediakan berbagai fasilitas seperti saung dan toilet umum, penyewaan villa, warung makan, dan beberapa fasilitas umum lainnya. Menawarkan destinasi wisata yang ideal bagi pecinta aktivitas berenang, berkemah, dan penjelajah alam. 

Untuk bisa mencapai Telaga Batu, Anda bisa mengaksesnya dari kampus IPB dengan perjalanan sekitar 1 jam menggunakan kendaraan pribadi. Setibanya di area parkir, hanya membutuhkan trek singkat 2 hingga 3 menit menuju ke gerbang utama Telaga Batu. 

Wisata Alam Bogor – Situ Rawa Gede Jonggol 

Foto oleh @asep_syaefulanwar

Tersembunyi di ketinggian 800 MDPL Sukamakmur, Bogor. Situ Rawa Gede Jonggol berdiri sebagai satu0satunya dana alami yang menawarkan suasananya yang asri dan tenang. Trek menuju destinasi wisata alam Bogor yang satu ini juga telah dirancang dengan apik, dengan anak tangga yang memudahkan pengunjung untuk mencapai tepian danau. 

Setibanya di tepi danau, Anda akan disambut dengan udara segar yang disertai dengan kabut tipis pada jam-jam tertentu. Tarif untuk masuk ke Situ Rawa Gede Jonggol juga sangat terjangkau yaitu 20.000 per orang, dan untuk biaya camping dikenakan biaya 10.000. 

Anda bisa mencoba keseruan naik perahu bebek di danau ini seharga 25.000 per 30 menit. Situ Rawa Gede Jonggol siap memanjakan Anda dengan pengalaman alam yang tak terlupakan. 

Lembah Tepus 

Foto oleh @ansptri03

Wisata Alam Bogor keempat yang tidak boleh dilewatkan saat pergi ke Bogor adalah Lembah Tepus. Banyak orang-orang yang menyebut bahwa destinasi wisata yang satu ini merupakan hidden gem wisata alam di Bogor. 

Airnya yang jernih dan berwarna biru kehijauan seperti kristal menjadikan tempat ini sebuah permata terpencil di Bogor. Suasana yang rindang dan asri, akan menyambut Anda begitu Anda sampai di Lembah Tepus. 

Aksesnya juga cukup mudah dan hanya berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Bogor. Waktu tempuh perjalanannya sekitar 1 jam 30 menit, baik dengan motor ataupun mobil. Untuk bisa masuk ke Lembah Tepus, Anda hanya perlu membayar HTM sebesar 10.000 saja per orang. 

Suasana di Lembah Tepus cukup dingin, sehingga jangan lupa mengenakan jaket atau pakaian tebal ya. Track jalannya sudah bagus, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat melakukan treking. Disarankan untuk pergi sekitar jam 8 hingga 10 pagi, karena masih belum terlalu ramai dan belum terik. 

Telaga Warna

Foto oleh @desawisatatuguutara.bogor

Pesona wisata alam Bogor yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan saat liburan ke Bogor. Telaga Warna berlokasi di hutan tropis yang bersebelahan dengan Perkebunan Teh Ciliwung. Perkebunan ini menawarkan kesejukan alami dengan suhu air danau yang mencapai 20 derajat celcius. 

Untuk bisa memasuki kawasan Telaga Warna, Anda perlu membayar 15.000 rupiah untuk masuk ke Telaga Warna dan 25.000 jika ingin masuk ke Kebun Teh. Cukup terjangkau bukan? 

Sebuah fakta menarik, air di danau ini dapat berubah-ubah warnanya di waktu tertentu sesuai dengan namanya. Terkadang warna air berubah menjadi hijau, seolah menyatu dengan pepohonan yang berada di sekelilingnya. Kemudian juga dapat berubah warna menjadi coklat, kuning gelap dan warna kuning terang. 

Selain menikmati keindahan warna danau, Anda juga bisa menikmati keindahan flora dan fauna di Telaga warna. Apakah tertarik untuk liburan ke tempat ini?

Curug Cidurian

Foto oleh @ahmadgustiaji_

Wisata alam Bogor yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari tempat healing untuk menenangkan diri karena lokasinya belum terjamah banyak orang. Namanya adalah Curug Cidurian. Curug ini berlokasi di Kampung Cibuluh RT 02 RW 02 Desa Wisata Kiarasari Sukajaya, Bogor. 

Lokasinya cukup tersembunyi, sehingga belum banyak terjamah oleh banyak pengunjung. Tak heran, curug ini masih sangat alami dan keasriannya terjaga. Namun jika ingin pergi ke Curug Cidurian, Anda harus menyiapkan tenaga ekstra karena untuk bisa sampai di sana Anda harus trekking melewati hutan, persawahan dan sungai. 

Jadi jangan lupa gunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang nyaman untuk menghindari tergelincir karena licin saat memasuki hutan dan sungai ya! Tiket masuknya dikenakan 15 ribu rupiah saja, dan semua kelelahan Anda akan terbayar begitu sampai di Curug Cidurian yang masih sangat asri dan alami ini. 

Curug Leuwi Lieuk 

Foto oleh @ayodolan

Wisata alam Bogor yang selanjutnya masih seputar pada Curug, yaitu Curug Leuwi Lieuk. Merupakan salah satu curug favorit orang-orang lokal karena memiliki air yang bersih dan bening. Di Curug Leuwi Lieuk, selain bisa berfoto-foto, Anda juga bisa berenang. 

Curug Leuwi Lieuk berada di Kampung Cibereum, tepatnya di Jalan Gunungwangun, Cibadak, Sukamakmur Bogor. Untuk bisa mencapai curug ini, dari parkiran Anda perlu berjalan kaki. Dihimbau untuk berhati-hati karena jalan menuju Curug Luewi Lieuk cukup terjal dan juga menanjak. 

Destinasi wisata alam Bogor yang satu ini buka tiap hari mulai dari jam 6 pagi hingga setengah 6 sore. Sedangkan untuk tiket masuknya sendiri Anda hanya perlu membayar 10 ribu pada hari biasa dan 15 ribu saat akhir pekan. 

Kebun Gunung Mas 

Jika Anda ingin menikmati suasana sejuk khas kebun teh di Bogor, maka Anda bisa mengunjungi Agrowisata Kebun Gunung Mas saja. Anda akan dimanjakan dengan view cantik pegunungan dengan hamparan luas perkebunan teh. 

Berbagai aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Kebun Gunung Mas adalah berkeliling menggunakan scooter sewaan atau sepeda listrik, menginap di glamping, camping di pinggir sungai, seru-seruan di kebun teh, dan malamnya Anda bisa BBQ-an bersama keluarga atau sahabat disini. 

Tiket masuk Kebun Gunung Mas ini cukup terjangkau karena Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 15.500 per orang saja pada hari biasa atau weekend. Bagaimana, tertarik untuk pergi ke Kebun Gunung Mas weekend ini? 

Dari beberapa rekomendasi wisata alam Bogor yang tadi kami sebutkan, kira-kira mana yang ingin Anda kunjungi? Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan wisata alam tersebut ya, dan jangan lupa untuk beli oleh-oleh Lapis Bogor Sangkuriang!