skip to Main Content

Penangkaran Rusa Cariu: Tiket Masuk, Daya Tarik, Fasilitas

Menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di Bogor bisa jadi pilihan yang tepat, terutama jika Anda tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Salah satu destinasi wisata ramah anak yang populer di Bogor adalah Penangkaran Rusa Cariu. Di sini Anda akan bisa mengajak anak untuk berinteraksi langsung dengan rusa jinak serta melakukan aktivitas lain yang tidak kalah menyenangkan. Ini dia ulasan lengkapnya!

Baca juga : Nirvana Valley Bogor: Tiket Masuk, Aktivitas Seru, Rute Lokasi

Serunya Habiskan Akhir Pekan di Penangkaran Rusa Cariu

Foto oleh @baharudinsubagja

Penangkaran Rusa Cariu, yang juga dikenal sebagai Taman Rusa Tanjungsari dan Taman Rusa Giri Jaya, merupakan destinasi wisata unik untuk keluarga di Bogor. Dengan luas lahan mencapai 8,4 hektare, penangkaran ini bukan hanya tempat pembiakan rusa, tetapi juga menjadi area rekreasi alam terbuka yang menawarkan berbagai kegiatan seru. Beroperasi sejak 2003, tempat ini telah menjadi favorit bagi keluarga yang mencari pengalaman rekreasi yang berbeda.

Aktvitas Seru yang Kids-Friendly

Destinasi wisata yang satu ini menyediakan sejumlah aktivitas seru untuk para pengunjungnya, terutama anak-anak. Berikut adalah beberapa di antara aktivitas tersebut:

  • Interaksi langsung dengan rusa

Foto oleh @aisyahrinjaniarianisholehah

Ini adalah aktivitas utama yang bisa dilakukan di penangkaran rusa ini. Pengunjung dapat memberi makan rusa, mengelusnya, dan berfoto bersama. Rusa-rusa di penangkaran ini jinak dan ramah, sehingga aman untuk berinteraksi. Kegiatan ini bisa dilakukan mulai pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB.

  • Bermain di playground

Penangkaran Rusa Cariu memiliki playground yang dilengkapi dengan berbagai wahana permainan, seperti perosotan, ayunan, dan jungkat-jungkit. Permainan ini sangat baik merangsang pertumbuhan otot anak dan membuat mereka bergerak lebih aktif. 

  • Berenang di kolam renang

Bermain air selalu menjadi kegiatan yang sangat disukai anak-anak saat mengisi liburan. Fasilitas kolam renang yang ada penangkaran rusa ini didesain aman untuk anak-anak bermain di dalamnya. Setelah puas berinteraksi dengan rusa, anak-anak bisa menyegarkan diri mereka di kolam.

  • Camping dan outbound 

Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di Penangkaran Rusa Cariu, area camping ground dan fasilitas outbound dapat dimanfaatkan. Menikmati malam di tengah pepohonan sambil bermain di padang rumput menjadi pengalaman tak terlupakan.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk yang harus dibayarkan di Penangkaran Rusa Cariu adalah sebesar Rp 20 ribu untuk orang dewasa dan Rp 15 ribu untuk anak-anak. Tidak ada tambahan biaya lain selain tiket masuk tersebut.

Fasilitas

Untuk meningkatkan kenyamanan para pengunjung yang datang, pengelola Penangkaran Rusa Cariu menyediakan berbagai fasilitas. Fasilitas tersebut termasuk area parkir yang luas, toilet umum. Musholla, warung makan, serta camping ground dan area outbound.

Rute Lokasi dan Jam Buka

Foto oleh @haryo_priambodo

Penangkaran Rusa Cariu terletak di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Bogor. Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi untuk sampai ke tempat ini. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa melalui jalur tol Cibubur-Ciawi, kemudian keluar di gerbang tol Cileungsi-Jonggol. Lalu ikuti petunjuk ke arah Penangkaran Rusa Cariu.

Sementara jika Anda menggnakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus dari terminal Cileungsi atau terminal Kampung Rambutan. Kemudian turun di depan gerbang masuk penangkaran rusa.

Tempat ini buka dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, dan waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat jam pemberian makan rusa pada pukul 10.00 WIB dan 14.00-16.00 WIB. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pengalaman bertemu dengan rusa dan menikmati semua fasilitas yang ditawarkan Penangkaran Rusa Cariu Bogor..