skip to Main Content

Minuman Khas Bogor yang Menghangatkan dan Menyegarkan

Minuman Khas Bogor

Minuman Khas Bogor – Wisata kuliner tidak selalu tentang makanan, bukan? Ada juga berbagai minuman khas dari suatu daerah yang harus kamu cicipi ketika berkunjung kesana. Salah satunya, saat kamu mengunjungi tempat wisata Bogor. Bogor memiliki beberapa minuman khas yang menghangatkan dan menyegarkan. Cocok sekali dengan udara Bogor yang dingin dan terkadang panas saat siang hari. 

Nah, di bawah ini ada 6 minuman khas Bogor yang menghangatkan dan menyegarkan untuk kamu nikmati. Simak, ya. 

1. Bajigur

Minuman Bogor

https://travel.kompas.com

Bajigur adalah salah satu minuman khas Bogor yang dapat menghangatkan tubuh. Minuman ini memang cocok sekali dinikmati di kota hujan ini. Bajigur terbuat dari gula aren dan santan. Biasanya bajigur ditambahkan jahe, garam, dan bubuk vanili agar rasanya lebih enak. Ada juga pedagang yang menambahkan bajigur dengan kolang-kaling yang diiris tipis-tipis. 

2. Bandrek Susu

Minuman Khas Bogor

www.lemonilo.com

Bandrek susu atau yang dikenal dengan singkatan bansu adalah minuman khas Bogor yang enak disajikan sangat hangat-hangat. Minuman ini kerap dikatakan mirip dengan Bajigur, hanya saja bahan pembuatannya lebih banyak dan lebih sulit. Bansu terbuat dari bahan yang lebih beragam seperti kayu manis, cengkeh, sereh, kapulaga, gula merah, santan, dan biji ketumbar. 

Bahan-bahan diatas membuat bandrek susu memiliki aroma yang pedas dan hangat. Biasanya orang menambahkan susu kental manis agar rasanya lebih enak dan tidak terlalu pedas. Selain menghangatkan tubuh, bandrek susu juga berguna untuk mengatasi sakit tenggorokan dan flu.

3. Bir Kotjok

Minuman Khas Bogor

www.idntimes.com

Jangan salah sangka dengan bir yang satu ini, ya. Bir Kotjok tidak mengandung alkohol sama sekali, tapi minum ini juga bisa menghangatkan tubuh. Minuman ini sudah ada sejak tahun 1965. Bir ini terbuat dari berbagai macam rempah seperti jahe, cengkih, gula aren, kayu manis, dan gula pasir. Bir kotjok merupakan salah satu minuman tradisional Bogor yang memiliki khasiat untuk tubuh, loh. 

4. Es Pala

Minuman Khas Bogor

www.pegipegi.com

Es pala adalah minuman khas Bogor legendaris yang sudah ada sejak tahun 1950an. Es pala dibuat dengan cara menyerut buah pala, kemudian dicampur dengan air gula dan es batu. Minuman ini cocok sekali diminum di siang hari saat cuaca dengan panas. Selain menyegarkan, es pala memiliki cita rasa khas yang enak dimulut dan bermanfaat untuk kesehatan karena dapat menyingkirkan racun dari tubuh. 

5. Es Sekoteng 

Minuman Tradisional Bogor

https://travel.kompas.com

Es sekoteng adalah minuman khas Bogor yang sudah dikenal masyarakat luas. Es sekoteng khas Bogor tidak menggunakan air jahe seperti pada umumnya. Sebagian besar orang mengira sekoteng adalah minuman hangat, padahal ini adalah es yang menyegarkan. Es Sekoteng Bogor terbuat dari campuran biji delima sagu atau sagu mutiara, kelapa muda, dan serutan buah alpukat.Selain menyegarkan, es sekoteng juga cukup mengenyangkan. 

6. Es Cincau Hijau 

Minuman Tradisional Bogor

https://resepmasakanku.net

Es Cincau Hijau juga merupakan minuman khas bogor yang dibuat dari campuran cincau hijau, susu, gula merah, dan parutan es. Selain itu, es cincau hijau juga biasanya ditambahkan sirup agar lebih manis dan menyegarkan. Kamu menemukan es cincau hijau dengan mudah di edaang-pedagang kaki lima, tempat makan, hingga restoran, loh. 

Minuman diatas terasa menyegarkan dan menghangatkan, bukan? Menariknya, minuman khas Bogor yang disajikan dalam keadaan hangat juga bermanfaat untuk menyehatkan tubuh dan menghindarkan dari beberapa penyakit ringan seperti batuk dan flu. Minuuman esnya juga tidak kalah manis dan enak. Kalau kamu berwisata ke Bogor, jangan lupa mencicipi minuman-minuman ini, ya.

Satu hal yang kamu tidak boleh lupa juga adalah mencicipi, kue lapis yang terbuat dari talas Bogor yang enak itu. Bila perlu borong beberapa kotak untuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh. Lapis Bogor Sangkuriang tahan beberapa hari , kok. Jadi, kamu tidak perlu khawatir cepat rusak.