skip to Main Content

7 Menu Takjil untuk Buka Puasa Paling Enak di Bogor

Menu Takjil Untuk Puasa

Buka puasa enaknya pakai apa ya Lapismania, minum minuman yang dingin? Langsung ke makanan utama? Atau makan camilan terlebih dahulu? Kali ini Lapis Bogor Sangkuriang akan memberikan rekomendasi menu takjil untuk buka puasa yang dijamin nikmat.

Apalagi menu takjil khas Bogor untuk buka puasa sangat menggugah selera untuk dinikmati selama bulan Ramadhan. Berikut beberapa menu takjil khas Bogor untuk para Lapismania.

1. Mie Glosor

cookpad.com

Salah satu hidangan takjil dalam hidangan mie adalah mie glosor. Mie Glosor merupakan hidangan khas Bogor yang memiliki arti mengalir. Disebabkan mie glosor ini mempunyai tekstur yang ringan sehingga mudah masuk dari mulut menuju tenggorokan lalu ke lambung. Sehingga menu ini cocok sekali untuk takjil pada saat berbuka puasa.

Mie glosor ini dibuat menggunakan bumbu rempah dasar yang membuatnya ringan untuk disantap serta menghasilkan aroma yang sedap Lapismania dapat menikmati sajian ini dengan menambahkan sambal kacang, sayuran dan gorengan.

2. Menu takjil untuk buka puasa salah satunya adalah Soto Bogor

Menu yang satu ini tidak hanya dinikmati untuk makan pagi, siang, maupun makan malam. Tetapi di bulan Ramadhan ini kamu dapat menjadikan soto Bogor menjadi hidangan takjil, dikarenakan hidangan ini sangat nyaman untuk dimakan saat berbuka puasa.

Dengan perpaduan kuah kuning santan serta lauknya yang dapat kamu pilih sesuai dengan selera seperti daging sapi, kikil sampai jeroan sapi. Kamu pun dapat menambahkan kecap, sambal serta jeruk nipis untuk menambahkan cita rasa.

3. Cungkring

Salah satu makanan yang dapat dikategorikan camilan khas Bogor adalah cungkring. Cungkring sendiri merupakan makanan yang terdiri dari kikil dan tempe goreng serta lontong yang yang disiram bumbu kacang.

Tekstur cungkring yang kenyal dipadukan gorengan yang renyah serta dicampur oleh saus kacang sangat cocok dinikmati sebagai takjil untuk membatalkan puasa karena hidangan ini seperti camilan sehingga tidak membuatmu kenyang sehingga bisa menikmati hidangan utama.

4. Mochi, jajanan manis yang coock jadi menu takjil untuk buka puasa

Kue mochi merupakan salah satu hidangan favorit untuk takjil. Selain memiliki varian isian yang banyak mulai dari kacang, talas, dan keju. Ada juga varian isi buah bisa buah nanas, stroberi dan lainnya.

Jadi jangan heran jika mochi menjadi menu andalan untuk takjil saat berbuka puasa di bulan Ramadhan. Selain rasanya yang nikmat, mochi juga dapat menunda lapar karena terbuat dari tepung ketan yang mengenyangkan.

5. Es Sekoteng

https://www.dream.co.id

Buka puasa enaknya minum yang dingin-dingin bukan? Nah ada minuman khas bogor yang cocok untuk takjil saat berbuka puasa nih! Namanya es sekoteng.

Es sekoteng ini mirip dengan es campur dengan susunan es batu yang diserut ditambahkan kelapa parut, alpukat, serta sagu mutiara. sebagai pelengkapnya ditambahkan juga gula cair dan susu kental manis. Meskipun terdiri dari bahan yang sederhana es sekoteng ini niscaya dapat menyegarkan tenggorokan setelah seharian penuh melaksanakan ibadah puasa.

BACA JUGA: 4 Deretan Makanan Unik Bogor Ini Layak Dan Wajib Untuk Dicoba!

6. Meski namanya Bir Kotjok, menu takjil untuk buka puasa yang satu ini halal kok

Eits bagi Lapismania jangan salah paham terlebih dahulu jika mendengar nama yang satu ini. Meskipun nama yang terkandung ada unsur bir, tetapi bir yang satu ini dijamin halal 100% karena terbuat dari rempah-rempah jahe, cengkeh, kayu manis, gula pasir dan gula aren.

Dengan kandungan rempah-rempah yang berkhasiat, serta ditambah dengan dinginnya es batu akan menambah nikmatnya melepas dahaga dikala berbuka puasa dikala bulan Ramadhan ini.

7. Lapis Bogor Sangkuriang

Rekomendasi terakhir, hidangan yang tepat untuk takjil saat bebuka puasa di bulan Ramadhan ini adalah Lapis Bogor Sangkuriang. Kue lembut dengan varian kue lapis ataupun lapis bunder dapat kamu nikmati dengan varian rasa yang beragam, mulai dari rasa talas, pandan, chocovila, dan yang lainnya. Lapis bogor Sangkuriang sangat cocok untuk takjil karena makanan ini sangat ringan sebelum menikmati hidangan utama.

Lapismania sudah tahu beberapa menu takjil di Bogor sebagai pelepas dahaga setelah seharian melaksanakan ibadah puasa. Ayo buruan berwisata ke Bogor tapi jangan lupa jika ke Bogor mampir ke toko oleh-oleh khas Bogor, yaitu Lapis Bogor Sangkuriang. Selain bisa dibawa sebagai oleh-oleh, juga bisa sebagai untuk buah tangan untuk sanak saudara dan teman-teman. Ayo jangan sampai kehabisan dapatkan di seluruh outlet yang tersebar di Bogor!