skip to Main Content

7 Makanan Buka Puasa Khas Bogor yang Menggugah Selera

Makanan Buka Puasa Khas Bogor

Tak terasa bulan suci Ramadhan telah tiba, rasanya kurang lengkap jika tidak membahas makanan buka puasa. Indonesia sendiri memiliki beragam makanan khas daerah, yang mana tiap daerah pasti memiliki menu andalan untuk berbuka puasa.

Jika selama bulan Ramadhan ini Anda memiliki kesempatan untuk mengunjungi Bogor. Maka jangan lupa untuk mencicipi berbagai makanan khas-nya untuk menu berbuka Anda. Berikut adalah 7 makanan buka puasa khas Bogor yang wajib untuk Anda coba!

Soto Kuning 

makanan buka puasa khas Bogor
Makanan Buka Puasa : Soto Kuning Pak Yusup | Foto oleh @bennygunawan1688

Makanan buka puasa khas Bogor yang menjadi menu andalan warga Bogor adalah Soto Kuning. Hidangan berkuah yang kaya rasa akan rempah ini, siap memanjakan lidah dan perut Anda. Bayangkan Anda berbuka dengan semangkuk soto kuning panas dan nasi hangat, menggiurkan bukan? 

Soto kuning khas Bogor dibuat menggunakan bumbu rempah dengan campuran tomat, sehingga membuat kuahnya menjadi kaya rempah namun tetap segar. Ditambah dengan berbagai potongan jeroan seperti paru, kikil, lidah, babat, dan otak. Semakin nikmat jika dimakan dengan perkedel atau kerupuk. 

Salah satu rekomendasi soto kuning legendaris di Bogor adalah Soto Kuning Pak Yusup. Berbagai jenis jeroan yang disediakan mulai dari urat, kiki, empal, babat, hingga perkedel sebagai pelengkapnya. 

Untuk bisa berbuka puasa dengan soto kuning Pak Yusup, Anda bisa pergi ke Jalan Suryakencana. Semangkuk sup kuning dibanderol mulai dari 11 ribu rupiah saja. Selain soto kuning Pak Yusup, Anda bisa mencoba soto kuning lainnya. Yaitu soto kuning Aa Adam, soto kuning M.Yusuf, soto Bogor Pak Salam, dan soto Khas Bogor Pak Aming. 

Cungkring 

Kuliner khas Bogor
Cungkring | Foto oleh @madelynnjalanjalan

Next, menu buka puasa khas Bogor yang kedua adalah cungkring. Kuliner khas Bogor yang satu ini tidak bisa Anda temukan di daerah lain, jadi wajib untuk dicoba saat berkunjung ke Bogor. Nama cungkring sendiri diambil dari bahan-bahan yang digunakan, yaitu cungur (bibir) dan juga kaki garingan, sehingga disingkat cungkring. 

Dalam seporsi cungkring berisi potongan kikil, lontong, gorengan, dan rempeyek yang disiram dengan bumbu kacang dan taburan bawang goreng. Biasanya cungkring disajikan menggunakan pincuk daun pisang. 

Jika ingin mencoba cungkring legendaris khas Bogor, maka Anda bisa mencicipi cungkring Pak Jumat yang ada di sekitar Suryakencana Bogor. Untuk bisa menikmati satu porsi cungkring yang memiliki rasa otentik ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 20 ribu rupiah saja. 

Baca Juga: 7 Menu Takjil Buka Puasa Paling Enak di Bogor

Toge Goreng

Toge Goreng Pak Iwon | Foto oleh @farius2001

Bosan dengan menu makanan buka puasa yang itu-itu saja di Bogor? Mungkin Anda bisa mencoba toge goreng. Jika bicara mengenai kuliner khas Bogor, pasti salah satunya adalah toge goreng. 

Walau mungkin diberi nama toge goreng, namun menu yang satu ini diolah dengan cara direbus! Untuk membuat toge goreng, toge yang masih segar direbus sebentar. Selanjutnya rebusan toge dicampur dengan potongan tahu kuning, ketupat, dan mie kuning.Terakhir, disiram bumbu tauco dengan cita rasa yang manis dan gurih. 

Berencana untuk menjadikan toge goreng sebagai menu bukber Anda? Beberapa rekomendasi tempat makan toge goreng populer di Bogor yaitu Toge goreng Pak Iwon, toge goreng Ibu Hj,Omah, toge goreng Pak Gebro, toge goreng Pa Raisan, dan toge goreng Mak Epon. 

Soto Mie Bogor

Makanan Buka Puasa khas Bogor
Soto Mie Pak Kadir | Foto oleh @yangdimakanyoko

Selain soto kuning, Bogor punya menu makanan buka puasa berkuah lainnya yang wajib untuk dicoba. Namanya adalah soto mie Bogor, cocok untuk Anda yang ingin berbuka dengan makanan yang memiliki kuah segar dan gurih. 

Soto mie Bogor legendaris yang sudah memiliki banyak cabang adalah Soto Mie Pak Kadir. Bahkan karena rasanya yang unik dan lezat, soto mie Bogor Pak Kadir memiliki berbagai cabang di beberapa kota di Indonesia. 

Dalam satu mangkuk soto mie bogor, berisi campuran mie kuning, bihun, kol, daging sapi, tomat, potongan risol yang kemudian disiram dengan kuah khasnya yang segar. Biasanya, makanan khas buka puasa Bogor ini disajikan juga bersama emping dan jeruk limau. 

Untuk bisa menikmati soto mie Bogor Pak Kadir, Anda hanya perlu menyiapkan 25 ribu saja. Apakah Anda tertarik untuk menjadikan menu ini sebagai menu buka puasa Anda? 

Lumpia Basah

Lumpia Basah | Foto oleh @jktfoodseeker

Makanan buka puasa khas Bogor yang menjadi favorit berbagai kalangan adalah Lumpia Basah. Makanan yang satu ini wajib ada di list menu buka puasa, karena selain rasanya yang otentik, harganya juga terjangkau. 

Walau namanya lumpia, namun lumpia basah khas Bogor ini berbeda ya dengan lumpia khas Semarang. Lumpia Bogor disajikan dengan isian bengkuang, tahu, tauge, ebi giling, dan telur. Uniknya, lumpia Bogor ini tidak digoreng. Melainkan isian tumisannya disajikan di lipatan kulit lumpia, dan disajikan di atas daun pisang. 

Beberapa tempat makan lumpia basah khas Bogor populer yang bisa Anda coba yaitu lumpia Gang Aut, lumpia basah depan SMAN 3, lumpia depan SMA Regina Pacis, lumpia basah dan kering Ko Alok. 

Nasi Goreng Pete

Nasi Goreng Pete Guan Tjo | Foto oleh @visitbogor

Bingung berbuka dengan menu apa? Mungkin nasi goreng bisa menjadi salah satu pilihan untuk makanan buka puasa Anda. Di Bogor, ada satu nasi goreng legendaris yang wajib untuk Anda coba. 

Pecinta pete merapat karena nasi goreng Guan Tjo menjual nasi goreng pete khasnya, yang siap untuk memanjakan perut dan lidah Anda. Nasi goreng ini sudah ada sejak tahun 1965, dan berada di kawasan Suryakencana. Tepatnya di Jalan Suryakencana no 193. 

Selain menu andalannya yaitu nasi goreng pete, Anda juga bisa mencoba menu-menu lainnya yaitu nasi goreng ayam, nasi goreng sosi, bihun goreng, dan kwetiau. Menu di Nasi Goreng Guan Tjo cukup terjangkau, Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari 30 ribuan saja. 

Mie Glosor Bogor 

Makanan Buka Puasa Mie Glosor | Foto oleh @nellyoswinisubekti

Makanan buka puasa khas Bogor yang satu ini hanya bisa Anda temui saat bulan Ramadan. Saat bulan puasa tiba, warga Bogor pasti menanti-nanti kuliner khas Bogor yang satu ini. Dinamai mie glosor karena tekstur mie yang saat dimakan, terasa mengalir dengan lancar di tenggorokan. 

Mie glosor sendiri dibuat dari tepung singkong atau aci yang kemudian dicampur dengan kunyit. Karena itulah mengapa mie ini memiliki warna kuning dan teksturnya sangat licin. Biasanya mie glosor disajikan bersama dengan sayuran dan disiram dengan sambal kacang. 

Tidak sulit untuk menemukan makanan buka puasa khas Bogor ini saat Ramadan. Anda bisa menemukannya di pedagang kaki lima di berbagai sudut Bogor. Harganya mulai dari 5 ribu rupiah saja per porsinya. Jangan lupa untuk mencobanya ya! 

Itu tadi 7 makanan buka puasa khas Bogor yang menggugah selera. Sekarang tidak perlu lagi bingung, saat pergi ke Kota Bogor harus berbuka dengan menu apa. Banyak sekali makanan dan minuman khas Bogor yang bisa Anda cicipi selama bulan puasa. 

Jangan lupa saat pergi ke Bogor, membawa oleh-oleh untuk orang tersayang Anda. Lapis Bogor Sangkuriang adalah pilihan terbaik! Dengan harga yang ramah di kantong, Anda bisa mendapatkan oleh-oleh premium dengan beraneka rasa.