skip to Main Content

Jajan di Suryakencana Bogor, Ada Apa Saja?

Jajan Di Suryakencana Bogor

Suryakencana Bogor merupakan salah satu jalanan populer di Kota Bogor sekaligus sentra kuliner Bogor Jawa Barat. Area ini menjajakan berbagai jenis kuliner mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Tidak heran jika area ini tidak pernah sepi pengunjung. 

Jika Anda berencana untuk jajan di Suryakencana Bogor, berikut adalah beberapa rekomendasi jajanan yang bisa Anda coba saat jalan-jalan ke Suryakencana Bogor! 

Martabak Encek 

jajan di suryakencana bogor
Jajan di Suryakencana Bogor: Martabak Encek | Foto oleh @bogorfoodsociety

Salah satu jajan di Suryakencana Bogor yang paling legendaris dan tidak boleh Anda lewatkan adalah Martabak Encek. Berjualan sejak tahun 1975, tentu saja Martabak Encek menjaga kualitas dan rasa. Menjadi salah satu jajan paling legendaris dan menjadi favorit berbagai kalangan hingga saat ini. 

Martabak Encek masih dimasak menggunakan arang, sehingga menjadi ciri khas tersendiri dan berbeda dengan martabak pada umumnya. Tekstur martabaknya yang lembut dan lumer, selain itu topping yang diberikan juga melimpah. 

Jika Anda sedang ingin makan yang manis-manis, maka Martabak Encek harus masuk ke dalam list jajanan Bogor Anda. Berada di Jl. Roda (Seberang Gang Aut). Harga per loyangnya mulai dari 40 ribuan, tergantung dari topping yang Anda pilih. 

Combro Atmaja 

jajan di suryakencana
Gurihnya Combro Atmaja | Foto oleh @nitipkittin

Jajan di Suryakencana kedua yang bisa Anda cicipi adalah Combro Atmaja. Combro adalah salah satu jajanan terkenal di Bogor, dengan harga terjangkau. Merupakan jajanan khas Bogor yang dibuat dari parutan singkong dan diberi isian oncom yang sebelumnya dimasak dengan bumbu pedas. 

Untuk bisa menikmati gurihnya Combro Atmaja, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000 saja per pcs. Sangat nikmat jika dimakan saat masih hangat! 

Asinan Jagung Bakar Pak Sabur 

Asinan Jagung yang Unik | Foto oleh @sugiharianto

Jika bicara soal Bogor, pasti tidak akan lepas dari yang namanya asinan. Salah satu jajan di Suryakencana yang bisa Anda coba adalah Asinan Jagung Bakar Pak Sabur. Unik karena biasanya asinan berisi sayur dan buah, namun kali ini isiannya diganti menjadi jagung bakar. 

Biasanya asinan jagung bakar disajikan dengan kerupuk khas. Untuk bisa menikmati segar dan uniknya rasa asinan jagung bakar Pak Sabur, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000 per porsi. Berada di Jl. Suryakencana No 289 Bogor. Apakah Anda tertarik untuk mencoba asinan unik ini? 

Baca Juga : 10 Oleh Oleh Bogor yang Wajib Dibeli Saat Liburan ke Bogor

Bacang Panas Pak Hadi 

Bacang Panas | Foto oleh @fivoritefood

Jika ingin mencoba jajan di Suryakencana yang sempat viral di media sosial, maka Anda harus mencoba bacang panas Pak Hadi. Bacang sendiri adalah makanan khas tradisional Tiongkong. Berasal dari kata bak yang berarti daging, dan cang yang memiliki arti makanan berisi daging. 

Bacang panas Pak Hadi memiliki beberapa varian yaitu bacang isi tetelan, bacang nasi, dan juga bacang ketan. Untuk satu porsi bacang Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000 hingga Rp 15.000 saja.

Bir Kotjok 

Bir Kotjok Abah | Foto Oleh @wancicih

Jajan di Suryakencana memang tidak ada habisnya, selain bisa mencoba berbagai jenis jajan atau makanan ringan, Anda juga wajib untuk mencoba minumannya. Salah satu minuman khas Bogor yang wajib Anda coba adalah Bir Kotjok. 

Walaupun minuman ini memiliki nama bir, namun tenang saja karena tidak mengandung alkohol. Bir kotjok dibuat menggunakan bahan-bahan tradisional seperti rempah yaitu kayu manis dan jahe. 

Dikala teriknya Kota Bogor, saat jalan-jalan ke Suryakencana Anda bisa mampir untuk membeli Bir Kotjok Abah. Satu kantong plastik atau gelas bir kotjok bisa Anda beli dengan harga Rp 5.000 rupiah saja. Bir Kotjok Abah bisa Anda temukan di Jalan Suryakencana No 291-299. 

Talas Kukus 

Talas Kukus Suryakencana | Foto oleh @aditsukajajan

Jika Anda bosan dengan jajanan yang digoreng, dan mungkin ingin jajan yang dikukus maka Talas Kukus bisa menjadi pilihan Anda. Saat explore jalanan Suryakencana, Anda bisa dengan mudah menemukan talas kukus. 

Jajanan satu ini bisa dibilang cukup sederhana karena talas akan dipotong-potong kemudian dikukus dan ditambahkan topping di atasnya. Beberapa topping yang bisa Anda pilih yaitu original kelapa, kelapa gula merah, dan juga keju. 

Untuk harganya sangat terjangkau karena satu porsi satu talas kukus ini bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 15.000 rupiah saja. 

Pentol Si Cabe 

Pentol si Cabe | Foto oleh @pentol_sicabe

Anda pecinta makanan pedas? Jika iya, maka jajan di Suryakencana satu ini wajib untuk Anda cicipi. Namanya adalah Pentol si Cabe. Di kedai yang selalu ramai dengan pengunjung satu ini, Anda bisa menikmati berbagai jenis pentol mulai dari pentol kecil polos, pentol besar isi iga dan isi urat. 

Pentol-pentol dengan berbagai macam isian itu disiram kuah cabe khas mereka yang super pedas dan disajikan dalam keadaan panas. Tenang saja karena kuah pedasnya bukan pedas pahit namun lebih ke rasa asin dan gurih. Wih, membayangkannya saja bikin kita ngiler ya pasti. 

Selain menjual pentol pedas, kedai ini juga menyediakan ceker mercon yang menjadi best sellernya. Harganya pun masih cukup terjangkau, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 35.000 saja! 

Lumpia Basah

Lumpia Gang Aut | Foto oleh @vico.kuliner

Next, lumpia basah adalah jajan di Suryakencana lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan. Lumpia ini merupakan salah satu kuliner khas Bogor. Isiannya terbuat dari campuran tauge dan bengkuang yang ditumis. 

Kemudian disajikan langsung dalam lipatan kulit lumpia, di atas daun pisang. Di Suryakencana, Anda bisa dengan mudah menemukan penjual lumpia basah. Namun salah satu penjual lumpia basah yang cukup populer adalah lumpia Gang Aut. 

Lumpia yang satu ini sudah ada sejak tahun 1972 dan masih eksis hingga hari ini. Jika ingin beli lumpia basah legendari yang satu ini, Anda hanya perlu mencari di depan tempat jual Ngo Hiang dan gerobaknya berwarna hijau. 

Satu porsi lumpia basah terdiri dari isian yang komplit yaitu bengkuang, toge, ebi giling, dan juga telur. Untuk bisa menikmati seporsi lumpia basah, Anda hanya perlu membayar Rp 15.000 saja. Sangat terjangkau bukan? 

Sekarang sudah tidak bingung lagi kan mau jajan di Suryakencana apa saja? Jajanan-jajanan legendaris tersebut wajib Anda coba saat Anda explore Suryakencana. Selain mungkin tidak bisa Anda temukan di kota lainnya, harga jajan-jajan tersebut juga terjangkau.

Selain membeli jajanan di Suryakencana, jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh khas Bogor untuk keluarga dan kerabat Anda. Lapis bogor sangkuriang, salah satu oleh-oleh Bogor yang paling populer. Bisa Anda beli dengan mudah, karena outletnya sudah tersebar di banyak titik di Bogor.