skip to Main Content

Inilah 3 Fakta Puncak Bogor yang Perlu Kamu Tahu

Puncak

Fakta Puncak Bogor – Berita seputar Puncak Bogor memang banyak sekali di internet. Informasi tersebut biasanya berkenaaan tentang kondisi lalu lintas puncak Bogor, wisata alamnya atau yang lebih menyedihkan yaitu berita kecelakaan di puncak Bogor.

Selain itu puncak Bogor juga selalu dikaitkan dengan cerota mistis penuh misteri. Namun, ada juga fakta puncak Bogor yang harus kamu tau. Cekidot~

Puncak Bogor terkenal macet, ganjil genap dioptimalkan

Sumber : ayobandung.com

Meski sudah berlaku ganjil genap, Puncak Bogor masih saja macet. Arus yang sangat padat oleh kendaraan roda empat dan dua ini, apalagi yang dari arah Jakarta, memang kondisi normal saat liburan. Namun, ketika covid dimana banyak yang ingin staycation atau liburan di alam terbuka, membuat kemacetan ini tidak bisa diperkirakan.

Lebih macet lagi saat PPKM dilonggarkan, kemacetan justru semakin parah. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau penerapan ganjil genap di Simpang Gadog, Puncak, Kabupaten Bogor

Namun,  Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi juga sudah meninjau dan berusaha mengoptimalkan program ganjil genap ini untuk melonggarkan kepadatan yang terjadi di jalan puncak Bogor.

Supaya lebih kondusif, kebijakan ganjil-genap tersebut juga akan diterbitkan di daerah lainnya selama PPKM yang selalu diperpanjang. Sehingga rute menuju puncak Bogor semakin longgar.

Dikutip dari detik.com, berikut informasi delapan lokasi penyekatan dan pos pemeriksaan ganjil genap yang diterapkan di jalur Puncak Bogor, yakni Pos Simpang Gadog, Pos penutupan arus Cibanon, Pos Check Point Gerbang Tol Ciawi, Pos Penutupan Arus Bendungan, Pos Checkpoint Rainbow Hills, Pos Check Point Pasir Angin, Jalur Babakan Madang, yaitu Belanova, dan Check Point pintu gerbang Sirkuit Sentul.

Tawarkan pemandangan indah, Puncak jadi destinasi wisata dan gowes favorit

Sumber : traverse.id

Semua pasti setuju kalau Puncak Bogor punya pemandangan alam yang indah banget. Peluang itu digunakan Pemerintah dan warga lokal untuk mengembangkan tempat wisata. Kalau kamu mau mencari tempat makan sambil menikmati kebun teh atau pemandangan hamaparan sawah dengan siluet gunung pun mudah ditemukan di sini.

Suasananya yang sejuk dan juga lebih tenang dari kota, jadi tempat favorit banyak orang. Sekedar informasi nih, bahkan orang Belanda jaman dahulu menyebut Bogor sebagai tempat tinggal yang ideal karena lebih sejuk dibandingkan Batavia atau Jakarta.

Tak heran banyak orang Jakarta atau orang kota lainnya, menyempatkan waktu liburannya untuk berwisata di Puncak Bogor. Tempat wisatanya sangat beragam. Seperti Perkebunan Teh Gunung Mas, Taman Safari Indonesia, Taman Bunga Nusantara, Kebun Raya Cibodas, Telaga Warna, Taman Wisata Matahari dan masih banyak lagi.

Eksplore wisata kuliner di sini juga boleh banget. Mau gowes di sini juga bisa. Tapi, hati-hati ya karena jalan Puncak Bogor berliku-liku dan cukup curam. Sebaiknya pastikan rute yang akan dilalui aman.

Rute Puncak Bogor rawan kecelakaan

Sumber : minews.id

Kenapa bisa rawan kecelakaan? Sebab jalannya yang menanjak, berliku dan padat kendaraan membuat pengguna jalan mesti ekstra hati-hati dalam melalui jalur ini. Warga sekitar seperti sudah terbiasa mendengar kecelakaan di daerah Puncak Bogor karena setiap tahun peristiwa kecelakaan tersebut kerap terjadi.

Apalagi lokasi yang sering terjadi kecelakaan salahs atunya berada di tanjakan selarong. Selain itu pengendara yang mengantuk juga rem blong karena kendaraannya over kapasitas juga menjadi penyebabnya.

Melansir dari beritasatu.com, berdasarkan data Unit Laka Lantas Polres Bogor tercatat  ada 12 titik rawan kecelakaan lalu lintas di sepanjang jalur Puncak Bogor. Mulai kecelakaan ringan hingga level parah.

Sudah tak terhitung lagi berapa kali kecelakaan itu terjadi. Banyak solusi yang dikerahkan pemerintah dan terus mengoptimalkan kebijakan tersebut tentu agar laju arus jalan lebih teratur.

Nah, sambil lihat pemandangan indah di puncak Bogor, makin asyik lagi kalau kamu bawa bekal Lapis Bogor Sangkuriang yang enak banget. Oleh-oleh khas Bogor ini juga terbuat dari talas asli Bogor loh! rasanya makin kangen deh sama Bogor.