skip to Main Content

Hidden Gem Art Gallery Bogor, Penuh Sejarah!

Art Gallery Bogor

Bogor, merupakan sebuah kota yang terkenal akan keindahan alamnya. Selain itu, Bogor juga menawarkan berbagai destinasi wisata menarik. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata Bogor juga menyajikan wisata seni yang menarik?

Destinasi wisata seni ini menjadi hal  yang mungkin jarang diketahui sebagian orang. Salah satu wisata seni ini adalah Art Gallery Bumi Parawira. Yaitu, sebuah hidden gem yang menawarkan atmosfer seni dengan berbagai koleksi menarik di dalamnya. 

Di bawah ini kami akan menyajikan informasi seputar Art Gallery bogor Bumi Parawira ini. Here we go~

Mengenal Bumi Parawira

Art Gallery Bogor
Foto oleh @e.andantino

Art Gallery di Bogor yang satu ini berhasil menarik perhatian banyak orang. Untuk mengenal Art Gallery ini lebih dalam lagi, berikut adalah berbagai informasi mengenai Bumi Parawira:

Bumi Parawira merupakan Art Gallery Bogor yang mulai dioperasikan pada 2 Januari 2024. Art Gallery ini berhasil membawa angin segar dalam dunia seni di Bogor. 

Dikutip dari instagram resmi Bumi Parawira, Art Gallery ini adalah bentuk kolaborasi antar seniman, pelaku kreatif, sekaligus penggiat sejarah. Kolaborasi ini dilakukan dalam upaya pendokumentasian peristiwa- peristiwa historis di Kota Bogor. 

Lokasi Bumi Parawira

Berlokasi di Jalan Kapten Muslihat No. 21, Pabatan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Art Gallery Bumi Prawira terletak di dalam Perpustakaan Kota Bogor. Di dalam perpustakaan kota ini, Bumi Prawira berada di lantai 3 dengan area khusus. 

Jadwal Kunjungan Bumi Parawira

Selasa- Jumat:

  • Sesi 1: 09.00- 10.00 (dengan dampingan tour guide)
  • Sesi 2: 10.00- 12.00
  • Sesi 3: 12.00- 14.00
  • Sesi 4: 14.00- 15.00 (dengan dampingan tour guide)

Sabtu- Minggu: 

  • Sesi 1: 10.00- 12.00
  • Sesi 2: 12.00- 14.00
  • Sesi 3: 14.00- 15.00 dengan dampingan tour guide)

Spot Periode dalam Bumi Parawira

Art Gallery Bogor
Foto oleh @e.andantino

Art Gallery Bogor Bumi Parawira menampilkan berbagai karya seni yang penuh warna dan eksperimental. Dikemas dengan secara indah, berbagai spot pada Bumi Parawira ini dapat memanjakan mata setiap orang yang melihatnya. 

Mengemas cerita sejarah dengan cara yang menarik, berbagai karya dalam Bumi Parawira dibagi menjadi beberapa periode. Pada bagian pertama, pengunjung akan melihat periode Kerajaan Pajajaran pada tahun 1482 hingga 1570. Kemudian pada periode kedua, akan ditampilkan periode Kolonialisme, yaitu pada tahun 1690 hingga 1945).

Setelah 2 periode tersebut, pada bagian ketiga ada periode Revolusi dan Orde Lama pada tahun 1945 hingga 1966. Lalu akan dilanjutkan oleh periode Orde Baru pada tahun 1966 hingga 1998. Sedangkan pada bagian terakhir, terdapat periode Reformasi mulai tahun 1998 hingga sekarang. 

Melalui berbagai spot yang ada di Bumi Parawira ini, Anda akan disajikan berbagai karya yang penuh akan kisah sejarah. Pada Art Gallery ini kita bisa melihat berbagai lukisan- lukisan karya pelukis asli Bogor. 

Meskipun menampilkan kisah sejarah, berbagai karya dalam Art Gallery Bogor ini ditampilkan dengan cara yang menarik. Banyak spot- spot di dalamnya yang instagramable dan menjadi spot favorit anak- anak muda. 

Koleksi Replika dalam Bumi Parawira

Art Gallery Bogor
Foto oleh @e.andantino

Selain menampilkan berbagai karya sesuai periode zaman tersebut. Art Gallery Bogor Bumi Parawira ini juga menampilkan berbagai koleksi replika yang penuh akan kisah sejarah nya. Berikut adalah beberapa koleksi replika yang ditampilkan dalam Bumi Parawira:

  • Naskah Sanghyang Siksa Kandang

Naskah ini berisi tentang sejarah kepemimpinan Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh. 

  • Prasasti Padrao

Prasasti ini merupakan sebuah batu peringatan yang menandai kerjasama dagang antara Kerajaan Pajajaran dan Kerajaan Portugis. 

  • Prasasti Batutulis Bogor

Prasasti Batutulis Bogor adalah sebuah tanda peringatan yang dibuat pada masa Prabu Surawisesa (1533 M) untuk mengabadikan sosok ayahandanya yang luar biasa, Sri Baduga Maharaja.

  • Tombak Kerajaan Pajajaran

Tombak ini merupakan Pusaka Prabu Pajajaran yang berupa tombak bersula tiga yang menyimbolkan filosofi Sunda Tri Tangtu di Buana

  • Pasukan Keraton Pajajaran

Pasukan Keraton Pajajaran merupakan satuan khusus yang  siap menjaga keamanan dan ketertiban komplek keraton Kerajaan Pajajaran. 

  • Bemo Bogor

Bemo atau Becak Motor ini merupakan salah satu moda transportasi publik utama yang mewarnai hituk- pikuk warga Bogor sejak tahun 1960-an. 

Art Gallery Bogor Bumi Parawira yang belum lama hadir ini dan telah menarik banyak perhatian saat ini. Bumi Prawira menjadi rumah bagi segala karya dengan segala kisah sejarah di dalamnya. Tempat wisata Bogor ini menjadi populer di kalangan masyarakat karena dikemas dengan penuh estetika.

Tengah menjadi perbincangan dalam dunia seni di Bogor. Kira-kira berapa harga tiket untuk masuk ke dalam Bumi Prawira ini? 

Untuk Anda yang mungkin khawatir akan harga tiket masuk di Bumi Parawira ini, tenang saja. Karena, Art Gallery Bogor Bumi Parawira ini tidak menarik tarif apapun. Ya, Anda bisa melihat segala karya di Bumi Parawira ini secara gratis.

Dengan tiket gratis ini, pengunjung hanya perlu mendaftar pada website Bumi Parawira. Anda bisa mengakses website resmi melalui laman bumiparawira.com lalu segera lakukan pemesanan tiket. 

Saat sudah melakukan pemesanan tiket, maka datang ke Bumi Pariwara sesuai tanggal dan sesi yang tertera pada tiket tersebut. Saat tanggal dan sesi sudah sesuai, sebelum masuk pengunjung harus mengisi buku tamu terlebih dahulu. Selanjutnya, pengunjung bisa melakukan registrasi ulang di lantai 2. 

Ketentuan Kunjungan Galeri Bumi Parawira

Dengan estetika penuh sejarah, Bumi Parawira menjadi Art Gallery Bogor yang tidak boleh dilewatkan. Untuk Anda yang tertarik menikmati seni dalam Art Gallery Bogor Bumi Parawira. Perhatikan dahulu beberapa ketentuan kunjungan Galeri Bumi Parawira di bawah ini: 

  • Pengunjung baik dewasa maupun anak- anak wajib melakukan pendaftaran paling cepat 7 hari atau paling lambat 15 menit sebelum kunjungan sesuai jumlah kuota setiap sesi melalui: bumiparawira.com/tiket
  • Pengunjung yang membawa serta anak wajib mendampingi anaknya selama kunjungan.
  • Area galeri diawasi oleh petugas dan kamera CCTV. sehingga, jika pengunjung menyentuh atau merusak koleks, maka akan dikenakan denda oleh pihak berwajib sesuai Perda Kota Bogor No. 1 Tahun 2021 Tentang Ketertiban Umum
  • Pengunjung wajib menjaga kebersihan, ketertiban dan kenyamanan. Sehingga, dilarang membawa makanan & minuman, berlari, berteriak, dan membawa hewan peliharaan. 
  • Pengunjung yang menggunakan media sosial agar follow dan mention akun instagram & Tiktok: @bumiparawira dan @perpusbogor

Itulah tadi berbagai informasi seputar Art Gallery Bogor Bumi Parawira. Lebih dari sekedar karya seni, Bumi Parawira menampilkan perpaduan yang mengesankan. Melalui karya- karya luar biasa ini, cerita sejarah panjang di dalamnya dapat tersampaikan dengan baik. Dengan daya tarik ini, Bumi Parawira menjadi salah satu Art Gallery Bogor yang wajib Anda kunjungi!