skip to Main Content

Gereja Unik Bogor, Arsitekturnya Bikin Takjub!

Gereja Unik Bogor – Identitas Indonesia nggak hanya dibentuk oleh ajaran Hindu, Budha dan Islam. Ajaran Nasrani juga turut berperan dalam membentuk identitas bangsa kita. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya gereja bersejarah yang masih berdiri kokoh dari masa lampau hingga sekarang.

Berikut bangunan Gereja unik Bogor yang arsitekturnya bikin takjub, Simak ya!

1. Gereja unik Bogor salah satunya adalah Gereja Zebaoth

Gereja unik Bogor
www.sentul.city.com

Tau nggak sih? Gereja Zebaoth sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan peletakannya diurus oleh Van Limburg Stirum Pada 30 Januari 1920. Mulanya, Gereja Zebaoth cuma untuk para Gubernur Jendral dan orang Eropa. Kebaktiannya pun memakai Bahasa Belanda, jadi gereja ini kerap disebut gereja orang Belanda.

Bangunannya memiliki luas 864.64 meter persegi di atas laha seluas 5.154.24 meter persegi, juga memiliki menara di bagian depan bangunan yang dihiasi patung ayam dari besi di atasnya.

Sehingga, Gereja ini sering disebut Gereja Ayam (Hanekerk). Jendela-jendela di sana dibuat tinggi dengan berbagai bentuk seperti persegi panjang dan persegi di bagian bawahnya, lalu di atasnya membentuk segitiga. Selain itu pintu utama gereja atasnya. Gereja ini memiliki gaya klasik yang cocok diabadikan dalam album foto.

Gereja unik Bogor
www.lovelybogor.com

Di dalam gereja ada beberapa peninggalan milik para petinggi pada masa penjajahan. Peninggalan itu berupa surat, batu, serta ornamen lainnya. Hanya saja, nggak sembarang orang bisa memasuki gereja. Karena fungsinya sebagai tempat ibadah, hanya orang-orang tertentu yang ingin melaksanakan ibadah diperbolehkan memasuki nya.

Terlebih saat mas pandemi penjaga membatasi jumlah jamaah untuk masuk ke dalam. Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa melihat keunikan dan keindahan bangunan gereja dari luar.

Warna cat yang soft dengan perpaduan kaca di setiap lantai bangunan menjadikan gereja ini terkesan eksotis. Bukan cuma bangunan yang menarik perhatian, bagian halamannya pun sangat memikat. Hijau rerumputan menambah kesan menawan sekaligus lembut.

Meski tempat ini bukanlah destinasi wisata dengan wahana yang menyenangkan, namun mengunjungi Gereja Zebaoth seolah memasuki kawasan Belanda. 

Untuk lokasi Gereja Zebaoth ini berada di jalan Ir. H. Juanda No.3, Kelurahan Paledang, Bogor Tengah. Gereja ini masih berada di lingkungan Istana Bogor yang menghadap ke SMPN 1 Bogor.

 

2. Pasti sudah nggak asing lagi dengan Gereja Katedral Bogor

Gereja unik Bogor
www.forsquare.com

Tau nggak sih? Gereja ini berada dalam sebuah kompleks yang terdiri dari beberapa bangunan, seperti Seminari, Bruderan, dan sekolah ini memiliki ciri khas arsitektur bergaya Neo-Gothic yang terkenal di masa abad ke-19 di Eropa terlihat masih jelas pada bangunan gereja dan bruderan atau seminarnya.

Nah, Gereja Katedral Bogor sendiri merupakan sebuah bangunan yang cukup tinggi yang ditopang oleh tembok-tembok tebal khas bangunan masa lalu yang membuatnya terlihat sangat kokoh dan gagah.

Terdapat juga sebuah menara yang merupakan bagian tertinggi dari gereja tersebut.

Berbagai lengkung dan pilarnya juga membuat suasana di sekitarnya seperti berada di Eropa masa lalu, terlebih sebuah patung wanita yang sedang menggendong seorang anak kecil berada tepat di atas pintunya.

Diketahui patung tersebut melambangkan Santa Perawan Maria yang membuat gereja ini dikenal juga dengan nama Gereja Santa Perawan Maria.

Untuk lokasi gereja ini berada di Jl. Kapten Muslihat No.22, Paledang, Bogor Tengah, Jawa Barat.

 

Gimana? Sudah pernah ibadah di gereja di sana? Setelah ibadah, enaknya kamu ngemil cemilan yang manis-manis lho, . Lapis ini memiliki yang banyak, jadi kamu bisa memilih varian sesuai varian favoritmu lho. Pokoknya worth it to buy dehh!