skip to Main Content

Fakta Menarik Festival Bogor Tahunan yang Tidak Digelar di 2021

Festival Bogor

Festival Bogor – Pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia tercatat dari Maret 2020 telah mengubah beberapa sektor diantaranya, sektor ekonomi, sosial hingga budaya. Salah satu sektor budaya yang terkena dampak pandemi Covid-19 adalah beberapa festival di Bogor yang tidak digelar pada tahun 2021 ini.

Salah satunya adalah ditiadakannya Festival Cap Go Meh dikarenakan pada awal hingga pertengahan tahun 2021 kasus Covid-19 melonjak signifikan di Indonesia. Maka dari itu, untuk mengurangi angka kasus Covid-19 maka acara-acara tersebut tahun ini ditiadakan.

Sehingga untuk mengobati suasana Festival, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang festival di Bogor yang penuh dengan ragam budaya dan nilai-nilai luhur.

Festival Bogor Cap Go Meh

festival bogor

Festival Cap Go Meh ini merupakan acara yang digelar tiap tahunnya yang dikemas dalam bentuk pesta rakyat. Pelaksanaan festival ini tetap memegang nilai-nilai kebudayaan serta unsur kearifan lokal yang selalu dikedepankan. Masyarakat Kota Bogor memandang bahwa ini adalah kegiatan seni dan budaya. Cap Go Meh sudah menjadi tradisi dan berjalan cukup lama yang harus dipertahankan. Selain itu, dengan adanya festival ini juga bisa menjadi penggerak roda perekonomian di Kota Hujan ini tetap berjalan.

Acara tahunan ini juga selalu membawa konsep baru dalam festivalnya. Tidak heran jika banyak masyarakat yang menanti-nanti festival satu ini. Pada tahun 2019, Festival Cap Go Meh ini membawa konsep “Katumbiri Lighting”. Makna dari seni pertunjukan lighting itu menggambarkan bahwa Kota Bogor mampu memberikan keindahan dalam perbedaan, dan keberagaman.

Bogor Street Festival

festival bogor

Tidak kalah menarik dengan Festival Cap Go Meh, masyarakat Bogor juga mengadakan Bogor Street Festival. Filosofi dari festival ini adalah untuk menggambarkan Indonesia sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Beberapa kesenian nusantara ditampilkan dalam festival ini diantaranya, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Timur dan Bali.

Bahkan di tahun 2020 ada penampilan seni dan budaya dari Papua dan Nusa Tenggara Timur, serta penampilan seniman bambu. Penampilan seniman bambu ini dikarenakan bambu merupakan tumbuhan yang banyak di jumpai di seluruh Indonesia. Banyak seniman yang ikut serta dalam festival ini seperti, seniman dari Kabupaten Bandung Barat.

Festival Budaya Helaran

festival bogor

Festival ini menyajikan berbagai kesenian budaya yaitu, budaya Sunda. Namun, tak hanya berasal dari masyarakat Sunda. Beberapa kesenian dari daerah lain juga ditampilkan diantaranya, D.I Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Bali, Kalimantan Barat dan Lampung.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kota Bogor sebagai tuan rumah menampilkan kesenian budaya dari 40 kecamatan di Kabupaten Bogor. Masyarakat Kota Bogor melakukan parade pakaian adat, tari-tarian, hingga pawai mobil hias. Semua ditampilkan dalam festival yang sudah dilaksanakan dalam 5 tahun terakhir ini.

Nah, itu dia beberapa festival Bogor yang biasanya diadakan setiap tahunnya. Semoga kita semua bisa segera kembali merayakan festival Bogor selepas pandemi ini berakhir ya!

Tidak cukup mengobati rasa rindu suasana Kota Bogor dengan mengulas Festival Bogor, kamu bisa coba mencicipi. Rasanya yang lezat dengan tekstur lembut serta manis dijamin bisa mengobati rasa rindumu dengan suasana Kota Bogor. Lapis Bogor Sangkuriang ini menjadi salah satu pilihan para wisatawan untuk membawa buah tangan bagi orang-orang tersayang. Jika kamu hendak kembali dari Kota Bogor,  tidak ada salahnya mampir di outlet Lapis Bogor Sangkuriang yang berada di stasiun Bogor.