skip to Main Content

Es Bir Kotjok Suryakencana: Bir Legendaris Bogor Sejak 1965

Apa yang terlintas di pikiran Anda jika mendengar nama minuman bir? Tentu Anda akan memikirkan kata minuman yang memabukkan. Namun, kali ini ada yang unik dari salah satu bir khas Bogor yang bisa Anda coba, bahkan dianjurkan bagi kesehatan. Minuman tradisional khas Bogor tersebut adalah Es Bir Kotjok Suryakencana. 

Baca juga : Es Sekoteng Bogor: Cocok Untuk Pelepas Dahaga Panasnya Bogor!

Salah satu minuman khas Nusantara asli kota Bogor ini menjadi salah satu rekomendasi kuliner tujuan para wisatawan. Selain karena namanya yang unik, minuman ini juga dikenal memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan. Minuman yang terbuat dari olahan jahe, cengkeh, kayu manis, gula pasir, dan gula aren ini sudah sohor sejak tahun 1965. Kedatangannya disambut dengan hangat oleh masyarakat, persis seperti sensasi ketika Anda mencoba Es Bir Kotjok Suryakencana ini.

Es Bir Kotjok Suryakencana dipercaya dapat mendatangkan berbagai khasiat bagi tubuh. Minuman ini berkhasiat untuk mengatasi masuk angin hingga mem[erlancar sirkulasi peredaran darah. Es Bir Kotjok Suryakencana juga bisa meredakan pegal-pegal jika dikonsumsi dalam keadaan hangat. Khasiat ini didapat dari campuran berbagai tanaman herbal khas Indonesia, seperti kayu manis, cengkeh, dan jahe merah. 

Es Bir Kotjok Suryakencana, Bir 0% Alkohol khas Bogor

foto oleh @syafrizaladi

Berdiri di dataran tinggi Jawa Barat, Kota Bogor dikenal memiliki suhu yang cukup rendah. Suhu udara yang terbilang sejuk dan sering turun hujan, menjadikan kota ini memiliki ribuan destinasi kuliner penghangat badan. Salah satu kuliner legendaris di Bogor yang cocok Anda nikmati saat hujan adalah Es Bir Kotjok Suryakencana. Meski diberi nama “Es” Anda bisa memilih untuk disajikan dingin dengan es batu atau dalam keadaan hangat. 

Es Bir Kotjok Suryakencana merupakan salah satu minuman khas Bogor yang sudah ada sejak tahun 1965. Eman, generasi ketiga pemilik asli resep minuman ini menyatakan, resep minuman ini diturunkan secara turun-menurun dari sang kakek. Hingga pada akhirnya sang ayah melanjutkan perjalanan resep ini, hingga kemudian diturunkan kepada Eman. Meski sudah berbeda generasi, Eman memastikan resep buatannya akan tetap sama seperti buatan kakeknya dulu. 

Berbanding terbalik dengan namanya, sajian legendaris satu ini bukanlah minuman memabukkan. Es Bir Kotjok Suryakencana sejak dulu telah dipercaya sebagai minuman tradisional yang ampuh mengatasi masuk angin. Berkat keunikan namanya, minuman ini menjadi salah satu destinasi kuliner tujuan para wisatawan. 

Harga Es Bir Kotjok Suryakencana

foto oleh @syafrizaladi

Jika Anda penasaran ingin mencoba sensasi minuman bir, tetapi tidak memabukkan Anda bisa langsung mencoba Es Bir Kotjok Suryakencana. Tidak perlu khawatir kantong jebol, harga minuman ini sangat murah meriah. Harga yang ditawarkan untuk satu gelas Es Bir Kotjok Suryakencana hanya sebesar Rp 5.000 saja.

Lokasi dan jam buka Es Bir Kotjok Suryakencana

foto oleh @syafrizaladi

Jika Anda tertarik dengan minuman satu ini, Anda bisa menuju lokasi kedai Es Bir Kotjok Suryakencana yang berada di Jalan Suryakencana, Bogor Timur. Tepatnya, di persimpangan Gang Aut, Jalan Suryakencana, Bogor. Dari deretan gerobak penjaja makanan, Anda bisa mencari gerobak penjaja minuman dengan kumpulan botol kaca berisi minuman berwarna kecoklatan. 

Es Bir Kotjok Suryakencana buka dari pukul 09.30 – 18.00 WIB. Namun, Anda disarankan untuk datang lebih awal untuk menghindari antrian dengan pengunjung lain. Selain wisatawan lokal, ada banyak pengunjung yang jauh-jauh datang dari kota Jakarta, Batam, Singapura hanya untuk mencoba sensasi minuman Es Bir Kotjok Suryakencana. Eman bahkan mengaku, jika saat ramai ia bisa menjual habis 30 botol kaca dalam waktu singkat. 

Itu dia adalah rekomendasi minuman khas kota Bogor,  Es Bir Kotjok Suryakencana. Anda harus mencoba sensasi minuman bir dengan 0% alkohol! Bagaimana Anda tertarik untuk mencobanya?