skip to Main Content

Cobain, Minuman Khas Bogor Bir Kotjok

Minuman khas Bogor Bir Kotjok – Salah satu minuman khas Bogor yang masih banyak diminati adalah Bir Kotjok. Eits, jangan salah sangka Lapismania! Karena minuman tradisional ini tidak memabukkan, bahkan minuman ini baik untuk kesehatan. 

Minuman ini memang cocok dinikmati untuk menghangatkan badan, apalagi jika kamu sedang ada di kota Bogor yang terkenal dengan sebutan kota hujan. Nah, ada beberapa hal menarik tentang Bir Kotjok minuman khas Bogor ini, langsung simak yuk di bawah ini.

Sudah ada sejak 1965

minuman khas bogor bir kotjok
Sumber: localguidesconnect.com

Minuman khas Bogor Bir Kotjok sudah cukup legendaris dan sudah ada sejak tahun 1965. Bir ini terbuat dari olahan jahe, cengkeh, kayu manis, gula pasir, dan gula aren. 

Dulunya, racikan bir kotjok ini ditemukan dari para pendahulu yang menghidangkan bir kotjok untuk acara-acara pernikahan. Oleh sebab itu, dulunya bir kotjok disebut dengan bir penganten. 

Asal usul nama bir kotjok 

minuman khas bogor bir kotjok
Sumber: cookpad.com

Minuman khas Bogor bir kotjok ini, dulunya ditemukan oleh seorang kakek bernama Kakek Eman. Dalam proses pembuatannya, kakek Eman melakukannya dengan mengocok dari busa yang berasal dari cengkeh dan kayu manis. Dua perpaduan ini lah yang membuat minuman tersebut terlihat seperti bir. 

Lebih lanjut, bir kotjok ini sudah dari generasi ke generasi kakek Eman, dan kini racikan aslinya sudah diturunkan ke keturunan kakek Eman. Uniknya, agar keasliannya tetap terjaga anak-anak kakek Eman membuat sendiri tanpa bantuan orang lain. 

Nah, tentunya rasanya pun masih asli hingga sekarang yaitu, rasa manis, asam dan menyegagarkan. Jika dirasakan, rasanya memang sekilas mirip dengan bir pletok khas Betawi. Namun, perbedaannya dari bahan rempah yang digunakan untuk membuat racikannya. Lebih nikmati lagi jika bir ini diminum dengan es batu. 

Berkhasiat untuk kesehatan

Dilansir dari berbagai sumber, bir kotjok memiliki beberapa khasiat. Seperti, kayu manis, jahe merah, cengkeh yang berfungsi untuk membuat sirkulasi darah bagus. Selain itu, bahan-bahan alaminya juga berkhasiat untuk mengusir pegal-pegal badan. Rasanya pun melegakan di kerongkongan yaitu, manis, asam dan segar. 

Minuman khas pesta pernikahan dan acara warga Tionghoa

Sebelum menjadi minuman yang bisa diminum oleh siapa saja, bir kotjok dulunya adalah minuman untuk pesta pernikahan, khususnya pada perayaan pernikahan etnis Tionghoa sejak tahun 1965. 

Minuman ini dulunya juga hanya bisa dinikmati oleh perayaan lain yang biasanya dirayakan oleh warga Tionghoa, seperti, acara perpisahan, rapat pemerintahan, dan lain sebagainya. 

Cara penyajian bir kotjok

Bir kotjok ini memang cocok dinikmati ketika musim hujan atau cuaca sedang dingin, sehingga biasanya penyajian bir kotjok disajikan hangat. Namun, rasanya juga tidak kalah nikmat dengan penyajian dingin dan ditambah es batu. 

Cara membuatnya pun cukup mudah. Rebus bahan rempahnya terlebih dahulu, setelah itu saring dan tempatkan dalam botol kaca bersih. Kemudian, tuang dalam teko lalu kocok hingga berbuih. Nah, tuang minuman dari teko ke dalam gelas. Bir kotjok siap dinikmati! 

BACA JUGA: Permainan Tradisional Khas Sunda

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang bir kotjok, minuman khas Bogor yang sudah melegenda. Jika tertarik mencobanya kamu bisa datang ke Jalan Suryakencana pada pukul 09.00-17.00, harganya pun cukup terjangkau, kamu cukup menyiapkan Rp5.000. 

Setelah mencicipi bir kotjok, tidak lengkap rasanya jika belum membawa oleh-oleh khas Bogor, Lapis Bogor Sangkuriang ini cocok dibawa untuk oleh-oleh, dan juga untuk menemani saat menikmati bir kotjok hangat. Untuk mendapatkan Lapis Bogor Sangkuriang kamu bisa datang ke outlet-outlet yang tersebar di Bogor, ya Lapismania!