skip to Main Content

7 Cinderamata Khas Bogor yang Harus Kamu Bawa Pulang

Cinderamata Khas Bogor

Cinderamata Khas Bogor – Berbicara tentang cinderamata, tidak lengkap rasanya kalau pergi berwisata ke suatu daerah dan pulang tanpa membawa sesuatu. Cinderamata sendiri sering diartikan sebagai buah tangan, souvenir, atau kenang-kenangan yang dibawa wisatawan dari tempatnya berwisata. 

Salah satu daerah yang menyajikan berbagai macam pilihan cinderamata adalah Bogor. Bogor memang dikenal sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai kota. Udaranya yang sejuk dan berada di ketinggian memang menjadi daya tarik tersendiri. Setelah kembali dari sini, wisatawan wajib sekali membawa pulang cinderamata khas Bogor untuk dirumah atau diberikan kepada teman. 

Mau tahu apa saja cinderamata khas Bogor yang haru kamu bawa pulang? Cek di bawah ini, ya

1. Batik Bogor

Cinderamata Khas Bogor

https://inilahonline.com

Siapa bilang Bogor tidak memiliki batik? Ada, loh batik khas Bogor yang memiliki ciri khas pada motifnya sendiri. Motif batik bogor terdiri dari dua, yaitu  motif hujan gerimis dan motif kujang kijang. Motif hujan gerimis terinspirasi dari kondisi cuaca di Bogor yang sering hujan. Sedangkan motif batik kujang kijang terinspirasi dari senjata tradisional Suku Sunda yaitu kujang, dan kijang merupakan ikon binatang dari istana kepresidenan Bogor. Batik ini bisa jadi cinderamata khas Bogor yang dapat kamu berikan untuk keluarga dan kerabat. 

2. Kaos Unchal

Cindera Mata Khas Bogor

https://wartakota.tribunnews.com

 

Selain batik, Bogor juga punya kaos ciri khas yang sering diburu oleh wisatawan. Dalam bahasa Sunda Unchal berarti Kijang. Kaos ini berisi tulisan-tulisan lucu dan menarik yang bisa membuat orang terhibur. Isi tulisan-tulisannya sendiri tentang lebih banyak bercerita tentang kehidupan masyarakat Bogor. Anak muda pasti suka diberi cinderamata khas Bogor yang satu ini. 

3. Miniatur Bangunan 

https://www.liputan6.com

Bogor merupakan salah satu kota yang cukup terkenal karena banyak sejarah masa lampau terjadi disana. Banyak bangunan-bangunan peninggalan penjajah yang masih tampak berdiri kokoh di Bogor. Bengunan tersebut kemudian dibuat miniaturnya oleh para pengerajun dan dijadikan cinderamata khas Bogor untuk para wisatawan. Jika ada keluargamu yang suka mengoleksi miniatur atau pajangan, kamu bisa jadikan ini sebagai oleh-oleh. 

4. Kujang

Cinderamata Khas Bogor

vhttps://www.liputan6.com

Kurang adalah senjata khas Bogor. Bagi orang-orang yang suka mengoleksi senjata pasti suka ketika di beri ini. Senjata kujang yang asli masih bisa ditemui di pasar-pasar tradisional di Bogor. Sedangkan senjata yang dijual ditoko-toko, biasanya merupakan kurang replika yang tidak berbahaya. Itulah sebabnya, kujang menjadi cinderamata mata khas Bogor yang biasa dipajang di dinding rumah. 

5. Wayang Golek dan Wayang Bambu

Cinderamata Khas Bogor

https://www.liputan6.com

Bogor juga memiliki tradisi wayang, loh. Wayang yang terkenal dari Bogor adalah Wayang Golek. Wayang ini terbuat dari kayu. Sampai hari ini wayang golek masih terus diproduksi karena cukup banyak permintaan dari luar negeri. Wayang Bambu sebenarnya merupakan pengembangan dari wayang golek. Jika wayang golek terbuat dari kayu, wayang bambu terbuat dari bambu. Kamu tinggal pilih saja, wayang mana yang akan kamu pakai sebagai cinderamata khas Bogor.  

6. Lesung Keramik 

Cinderamata Bogor

https://lesung-keramik.business.site

Cinderamata khas Bogor yang satu ini pasti disukai para ibu-bu di rumah. Lesung keramik dibuat berbagai macam bentuk, ada vas bunga, mangkuk, piring cangkir, guci, kendi, teko, dan masih banyak lagi. Harganya juga cukup terjangkau, bahkan banyak yang murah-murah tergantung ukuran dan motifnya. Bawa pulang lesung keramik ke rumah, maka ibumu akan bahagia. 

7. Ecodeo

Cinderamaa Bogor Ecodoe

https://www.jejakpiknik.com

Ecodeo adalah kerajinan yang terbuat dari limbah bulu domba dan tanaman akar wangi. Tanaman akar wangi menghasilkan minyak yang digunakan sebagai campuran kosmetik dan obat-obatan. Bertujuan untuk memanfaatkan limbah-limbah tersebut, para pengrajin di Bogor membuat kerajinan Ecodeo dalam berbagai bentuk hewan. Kerajinan ini kemudian menjadi cinderamata khas Bogor yang cukup disukai anak-anak. 

Sudah dapat ide mau bawa pulang cinderamata yang mana? Semuanya pasti menarik dan terjangkau. Selain membuat cinderamata, kamu tidak boleh lupa untuk membawa oleh-oleh dalam bentuk makanan juga. misalnya. Kue ini terbuat dari talas, rasanya enak dan unik. Kamu harus bawa pulang Lapis Bogor Sangkuriang untuk keluarga di rumah.