skip to Main Content

Cara Mengukus Talas Bogor, Simak Yuk

Cara Mengukus Talas Bogor – Talas Bogor memang bisa dijadikan olahan camilan dan makanan yang enak. Talas merupakan salah satu umbi-umbian yang terkenal di Indonesia. Tanaman dengan nama latin colocasia esculenta L ini sering kali dijadikan buah tangan ketika seseorang pulang dari kunjungannya ke kota Bogor. Cara mengolahnya pun cukup mudah, bisa dengan direbus maupun dikukus, talas bisa langsung dinikmati. Namun, sayangnya mengolah talas Bogor butuh cara tersendiri, khususnya untuk menghilangkan rasa gatal. 

Di Bogor bagian umbi talas biasa dimakan sebagai camilan dengan cara digoreng atau dikukus. Parutan kelapa dan potogan gula aren pun dijadikan sebagai pendamping agar nikmat untuk dinikmati. Apabila rasa gatal pada talas Bogor tidak dapat dihilangkan maka akan kurang nikmat untuk dinikmati. Salah satunya caranya adalah dengan mengukus. Namun, sebelum itu ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Ini dia cara mengukus talas bogor, di antaranya: 

Memakai sarung tangan

Sebelum mulai mengukus, usahakan untuk lapisi tangan dengan sarung tangan, supaya getah talas tidak menempel pada tangan saat mengupasnya. Cara ini juga tidak hanya menghindari tangan gatal tetapi juga menjaga agar lebih bersih dan higienis. 

Kupas ubi talas

cara mengukus talas bogor
Sumber: tokopedia.com

Selanjutnya, usahakan untuk mengupas talas secara hati-hati, sebab rasa gatal yang ada pada talas bisa membuatnya terasa gatal saat proses pengupasan. Mengupas kulit talas juga akan membuat umbi talas lebih bersih dan juga mudah dicuci yang bisa meminimalisir gatal. 

Potong talas sesuai dengan kebutuhan

cara mengukus talas bogor
Sumber: metromesin.id

Setelah talas selesai dikupas, potong-potong talas sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, rendam larutan garam jika masih banyak getah yang menempel. Cuci talas hingga benar-benar bersih dan bebas gatal, sebelum dikukus. 

Cara mengukus talas 

Jika persiapan mengolah talas selesai, ini saatnya untuk mengukus talas. Caranya dimulai dari air cuci talas dibuang, lalu larutkan air rebusan agar senyawa larut ke dalam air perebus. Agar bebas dari racun, talas yang sudah dipotong-potong, cuci dan rendam hingga getahnya menghilang. 

Kemudian setelah itu, kukus dalam kurun waktu 30 menit hingga benar-benar matang. Selain itu, kamu juga bisa merebusnya sekitar 15 menit. Cara mengukus talas Bogor ini tidak hanya menghilangkan gatal, tetapi juga menghilangkan getah yang bisa menyebabkan keracunan dan rasa tidak nyaman pada lidah. 

Setelah mengukus, mungkin kamu masih merasa ragu apakah getah atau rasa gatalnya sudah benar-benar hilang? Untuk memastikannya kamu bisa mengolah talas dengan cara menggoreng. Pasalnya, dengan cara menggoreng dapat membantu menguapkan zat yang membuat efek gatal pada talas.

Nah, itu dia beberapa cara mengukus talas Bogor agar tidak gatal. Semoga informasi ini dapat membantumu untuk mengolah talas sendiri di rumah. 

BACA JUGA: Talas Bogor Enaknya Dimasak Apa?

Lapis Bogor Sangkuriang asli dari olahan talas 

Inovasi akan talas pun banyak dilakukan sehingga saat ini muncul beragam produk modifikasi talas yang siap dijadikan oleh-oleh. Jika kamu berencana untuk berkunjung ke Bogor, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh talas untuk diolah di rumah bersama keluarga. Selain itu, jangan sampai melewatkan Lapis Bogor Sangkuriang yang dibuat asli dari talas. 

Lapis talas dengan tekstur kue yang lembut dengan berbagai varian toping, ini paling dicari oleh wisatawan yang datang ke Bogor. Selain itu, mencoba talas Bogor juga jadi pilihan yang lebih praktis dibandingkan harus mengolahnya dari awal, Lapismania. Jadi, tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa datang ke outlet-outlet terdekat yang tersebar di Bogor, ya!