skip to Main Content

Bogor Botanical Garden, Eksplor Yuk!

Bogor Botanical Garden

Ada banyak obyek wisata yang menjanjikan untuk dikunjungi di Kota Bogor. Mulai dari wisata alam, wisata buatan hingga sejarah. Salah satu diantaranya adalah Bogor Botanical Garden atau juga dikenal dengan nama Kebun Raya Bogor. Kawasan wisata favorit keluarga ini tidak hanya sebatas lokasi wisata, tetapi juga merupakan area konservasi dari kekayaan berbagai jenis tanaman. 

Selain itu juga memiliki sejarah panjang yang menarik karena lokasi ini adalah kebun raya paling tua di Indonesia. Selain mempunyai tempat wisata yang apik, di Bogor Botanical Garden kamu juga dapat sekaligus mempelajari keanekaragaman flora. Jenis-jenis flora yang ditanam di kawasan ini adalah flora spesies dari ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah. Lokasi wisata edukatif ini berada di Provinsi Jawa Barat. Sekitar 59 km di bagian selatan Kota Jakarta dan terletak di tengah-tengah pusat Kota Bogor, tepatnya di Jalan Ir. H. Juanda No. 13.

Akses dan Fasilitas Bogor Botanical Garden

Akses menuju kawasan destinasi wisata keluarga ini sangatlah mudah. Kamu bisa berkunjung menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum, kereta ataupun berjalan kaki. Bahkan wisatawan dari luar negeri juga bisa dengan mudah menemukan destinasi wisata ini.

Kawasan wisata edukatif ini menampung banyak sekali koleksi flora. Jenis-jenis flora yang ada tersebar di seluruh area wisata favorit keluarga. Bogor Botanical Garden juga didukung dengan fasilitas-fasilitas yang memadai sebagai tempat wisata. Diantaranya seperti area parkir yang luas, tersedianya toilet hingga mushola.

Bogor Botanical Garden mempunyai berbagai Spot menarik

Sumber: befreetour.com

Selain memiliki akses dan fasilitas yang baik wisata edukatif ini juga semakin diperindah dengan keberadaan spot menarik yang juga berada di Bogor Botanical Garden. Mulai dari Monumen Lady Raffles, Guest House dengan koleksi tanaman Rattan, Museum Zoologi, Treub Laboratory yaitu Bangunan Bekas Laboratorium, Makam Istri Prabu Siliwangi, Taman Meksiko, Danau Gunting dan masih banyak spot menarik lainnya.

Koleksi Tanaman Bogor Botanical Garden

Sumber: thejakartapost.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jenis-jenis flora yang ditanam di Bogor Botanical Garden adalah flora spesies dari ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah. Koleksi flora di wisata edukatif ini sangat berlimpah mulai dari tanaman merambat, buah-buahan, anggrek, tanaman obat tanaman berbuah, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan data Januari 2016 jumlah koleksi di kawasan ini terdiri atas 218 famili, 3.310 spesies, dan 13.061 spesimen. Destinasi favorit keluarga ini juga terkenal dengan surganya tanaman raksasa seperti teratai raksasa, bambu raksasa, anggrek raksasa, dan pakis raksasa.  Khusus untuk jenis anggrek di kawasan ini dapat dijumpai 421 jenis anggrek, di mana 92 marga anggrek tersebut merupakan tanaman khas Indonesia.

BACA JUGA: Kebun Raya Bogor, Ada Spot Menarik!

Beberapa jenis marga yang dapat dijumpai di kebun raya ini antara lain marga Fabaceae seperti parkia (Parkia timoriana), marga Sonneratiaceae seperti pedada (Sonneratia caseolaris), marga Myrtaceae seperti ampupu (Eucalyptus alba), dan marga Lactoridaceae seperti keben (Barringtonia asiatica).

Nah, itulah dia fakta menarik dan unik tentang destinasi favorit yang bisa menjadi rekomendasi Lapis Mania jika ingin berlibur di Kota Bogor. Setelah Lapis Mania berlibur di Bogor Botanical Garden bersama dengan keluarga, teman, atau kerabat dekat, kurang lengkap rasanya jika tidak ditemani cemilan lezat dari Lapis Bogor Sangkuriang. Lapis Bogor Sangkuriang cocok dijadikan sebagai teman berwisata dan dimakan kapan pun loh!. Dengan cita rasa yang khas dan perpaduan tekstur lembut serta lezat akan membuat wisatamu terasa lebih menyenangkan. Yuk mampir!