skip to Main Content

7 Rekomendasi Saung di Bogor yang Enak & Asri

Bogor, yang dikenal sebagai Kota Hujan, termasuk destinasi wisata populer di Indonesia. Selain keindahan alamnya, Bogor juga terkenal dengan berbagai pilihan kuliner lezat dan tempat makan yang unik. Salah satu jenis tempat makan yang banyak diminati di Bogor adalah saung. Yuk, simak deretan rekomendasinya dalam artikel berikut!

Baca juga : Kampoeng Koneng: Restoran Keluarga yang Wajib Dicoba!

Apa Itu Saung?

Sebelum masuk ke daftar rekomendasi saung yang ada di Bogor, yuk cari tahu dulu apa itu saung. Saung adalah bentuk rumah makan tradisional Indonesia yang umumnya terletak di daerah pedesaan atau pinggiran kota. Saung punya nuansa alam yang kuat, dengan bangunan yang terbuat dari bambu, kayu, dan bahan-bahan alami lainnya. Makanan yang disajikan di saung biasanya adalah hidangan khas Indonesia, seperti sate, nasi timbel, ayam goreng, dan masakan daerah.

Selain makanan lezat, saung juga menawarkan pengalaman yang unik karena suasana alaminya yang tenang dan hijau. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai, menikmati makanan enak, dan merasakan keindahan alam.

Rekomendasi Saung di Bogor

Sawah Segar Sentul

Foto oleh @sawahsegarsentul

  • Alamat: Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor.
  • Jam buka: 08.00-18.00 WIB.

Saung ini terletak di kawasan Sentul, Bogor, yang dikelilingi oleh kebun dan hamparan sawah. Tempat ini menawarkan suasana yang benar-benar alami dan menenangkan. Anda dapat menikmati hidangan khas Sunda seperti nasi timbel, ikan bakar, dan ayam goreng sambil menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan.

Riung Gili-Gili

Foto oleh @andripsikosomatik

  • Alamat: l. Raya Pajajaran No.69, RT.01/RW.11, Baranangsiang, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor.
  • Jam buka: 10.00-21.00 WIB.

Riung Gili-Gili adalah saung yang terletak di tepi danau, sehingga memberikan suasana yang nyaman dan romantis. Menu andalan di sini adalah hidangan laut segar seperti kepiting saus padang, udang goreng mentega, dan ikan bakar. Sambil menikmati hidangan lezat, Anda dapat menikmati pemandangan danau yang tenang.

Saung Abah 

Foto oleh @saungabahbogor

  • Alamat: Jl. Panaragan Kidul No.30, RT.02/RW.06, Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.
  • Jam buka: 10.00-21.00 WIB.

Saung Abah bisa jadi destinasi yang tepat jika Anda ingin merasakan nuansa pedesaan yang masih asli dan alami. Terletak di tengah kebun, saung ini menyajikan hidangan khas Sunda seperti pepes ikan, sayur asem, dan sate dengan cita rasa otentik.

De Saung 

Foto oleh @desaung_bogor

  • Alamat: Sisi Ampera, Jl. Raya Gadog, Sukajadi, Kec. Tamansari, Kabupaten Bogor.
  • Jam buka: 10.00-19.00 WIB.

Mencari saung dengan nuansa modern yang menarik, tapi tetap tidak kehilangan pesona keindahan alamnya? Pastikan Anda mengunjungi De Saung! Tempat ini menawarkan hidangan Indonesia dengan sentuhan kreatif. Jangan lupa juga untuk mencicipi sejumlah menu unggulan yaitu bebek goreng, sate ayam, dan berbagai hidangan laut segar.

Bebek Tepi Sawah

Foto oleh @andinih.erlangga

  • Alamat: Jl. Kantor. Pos No.104, RT.04/RW.11, Baranangsiang, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor.
  • Jam buka: 11.00-20.00 WIB.

Nama Bebek Tepi Sawah pasti sudah tidak asing di telinga. Saung ini memang dikenal dengan hidangan bebeknya yang begitu lezat. Anda bisa mencoba bebek goreng atau bebek bakar dengan saus khas yang menggugah selera. Suasana saung ini begitu asri, dengan pemandangan alam yang mempesona.

de’Leuit

Foto oleh @florencia_elaine

  • Alamat: Jl. Pakuan No.3, Baranangsiang, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor.
  • Jam buka: 10.00-20.30 WIB.

saung bogorBerikutnya ada de’Leuit, saung dengan tampilan arsitektur Sunda yang klasik. Tempat ini menawarkan hidangan Sunda otentik seperti nasi timbel, ikan bakar, dan sate maranggi. Anda bisa menikmati makanan di bawah saung sambil merasakan udara sejuk Bogor.

Saung Kiray

Foto oleh @visitbogor

  • Alamat: Jl. Bina Marga No.13, RT.04/RW.11, Baranangsiang, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor.
  • Jam buka: 11.00-20.00 WIB.

Saung Kiray adalah saung yang menghadirkan hidangan Indonesia dengan cita rasa khas Jawa Barat. Menu andalan termasuk sate Maranggi, nasi tutug oncom, dan tahu gejrot. Suasana di saung ini sangat santai, dilengkapi dengan dekorasi yang mengingatkan pada rumah-rumah tradisional Sunda.