skip to Main Content

7 Kuliner Bogor yang Wajib Dicicipi, Dijamin Nagih!

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bogor tanpa mencoba wisata kuliner Bogor-nya. Bogor yang memiliki julukan sebagai Kota Hujan ini, memiliki berbagai jenis hidangan khas yang menarik dan siap memanjakan perut Anda. 

Jika Anda hendak pergi ke Kota Bogor dalam waktu dekat, maka kami akan memberikan rekomendasi kuliner di Bogor spesial untuk Anda. Siap menggoyang lidah: Ini dia 7 kuliner Bogor yang wajib dicicip. Dijamin Nagih!  

Toge Goreng 

Toge Goreng legendaris Hj Omah Bogor
Foto oleh @togegoreng_ibuhjomahofficial

Kuliner Bogor pertama yang harus Anda coba saat liburan ke Bogor adalah Toge Goreng. Kuliner di Bogor yang satu ini merupakan salah satu jenis makanan berat khas Bogor yang cukup populer dan dicari banyak wisatawan saat liburan ke Bogor. 

Satu porsi menu Toge Goreng berisi toge, irisan tahu, dan lontong. Kemudian disiram saus gurih oncom yang membuat makanan ini terasa gurih dan segar. 

Beberapa rekomendasi tempat makan Toge Goreng yang bisa Anda coba saat liburan ke Bogor yaitu Toge Goreng Haji Omah. Toge Goreng Haji Omah merupakan salah satu tempat kuliner Bogor legendaris yang berdiri sejak tahun 1970. 

Yang membuatnya khas adalah karena tauco-nya dibuat handmade dan cara masak togenya masih tradisional karena menggunakan kayu bakar. Satu porsinya dijual dengan harga sekitar 20 ribuan saja. 

Panduan ke Toge Goreng Haji Omah 

  • Jam Buka: Setiap hari, kecuali hari Jumat (Pukul 08.30 – 17.00) 
  • Alamat: Jl Jend Sudirman No 23 A, Pabotan, Bogor Tengah, Kota Bogor (Lihat Google Maps)
  • Harga: 22-25 ribu/porsi

Kuliner Bogor Ngo Hiang 

Ngo Hiang kuliner di bogor legendaris
Foto oleh @the.lucky.belly

Kuliner Bogor kedua khas Bogor adalah Ngo Hiang yang berada di kawasan Lawang Suryakencana. Jika Anda sedang mencari makanan unik di Bogor, maka menu satu ini wajib untuk masuk ke dalam list kuliner Bogor Anda. 

Ngo Hiang adalah hidangan tradisional dari Tiongkok yang telah lama menjadi bagian dari kekayaan kuliner di Bogor. Dipercaya dibawa pertama kali ke Indonesia oleh para imigran Tionghoa pada abad ke-19. 

Ngo Hiang dibuat dari olahan daging ayam atau babi yang dibalut dengan tepung dan digoreng, kemudian disiram menggunakan saus khas Ngo Hang dengan cita rasa asam dan manis. Sebagai pendamping, ditambahkan acar lobak dan kentang. 

Rekomendasi tempat makan Ngo Hiang legendaris di Bogor adalah Ngo Hiang Gang Aut Suryakencana. Jika tertarik untuk mencobanya, maka simak panduannya di bawah ini ya! 

Panduan ke Kuliner Bogor Ngo Hiang Gang Aut Suryakencana

  • Jam Buka: Setiap hari (Jam 10.30 – 18.00) 
  • Alamat: Jl Suryakencana St No 309 A, Bogor Timur, Kota Bogor (Lihat Google Maps)
  • Harga: 45-75 ribu/porsi

Laksa Bogor 

Laksa Bogor Pak Inin dengan Tahu dan Oncom
Foto oleh @kokikambuhan

Kuliner Bogor ketiga yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke kota hujan ini adalah Laksa Bogor. Mungkin kita bisa menemukan laksa di Jakarta dan Tangerang, atau di daerah lainnya, namun Laksa Bogor memiliki ciri khas tersendiri. Dimana laksa disajikan dengan oncom merah. 

Laksa Bogor ini disajikan dengan potongan ketupat, tauge, oncom merah, potongan tahu kuning, bihun, dan telur rebus. Kemudian akan ditaburkan daun kemangi setelah disiram kuah laksa. Cita rasa gurih dan segar, dengan bumbu rempah-rempahnya membuat wisata kuliner Bogor satu ini menjadi favorit banyak orang. 

Panduan ke Laksa Bogor Pak Inin

  • Jam Buka: Setiap hari, kecuali hari Jumat (Pukul 09.00 – 15.00) 
  • Alamat: Jl Palasari Kec Cijeruk, Kabupaten Bogor (Lihat Google Maps)
  • Harga: 10-25 ribu/porsi

Kuliner Bogor Doclang 

Doclang 405 Jembatan Merah Bogor
Foto oleh @banyumurti

Kuliner di Bogor yang tidak boleh dilewatkan adalah Doclang, pernah mendengar nama kuliner yang satu ini? Kuliner Bogor yang satu ini sangat cocok digunakan sebagai menu wajib wisata kuliner bogor Anda ketika berada di Bogor. 

Sekilas, menu yang satu ini mirip dengan gado-gado atau ketoprak. Dalam satu piring Doclang, disajikan ketupat, telur rebus/dadar, tahu rebus, kemudian disiram dengan bumbu kacang khusus dan diberi topping kerupuk di atasnya. 

Lalu apa yang membedakan makanan ini dengan gado-gado atau ketoprak? Keunikan dari Doclang ini terletak pada ketupat atau lontongnya. Ketupat atau lontong dalam Doclang dibuat menggunakan daun patat yang bisa ditemukan tumbuh liar di kaki Gunung Salak. 

Anda bisa menemukan banyak penjual Doclang di Bogor. Jika ingin mencoba Doclang legendaris favorit maka bisa mencicipi Doclang 405 yang buka 24 jam. 

Panduan ke Doclang 405

  • Jam Buka: Setiap hari 24 Jam
  • Alamat: Jl Raya Gn Batu, Gunung Batu, Kota Bogor (Lihat Google Maps)
  • Harga: 15 ribu/porsi

Asinan Bogor 

Wisata kuliner bogor Asinan khas Bogor yang segar dan enak
Foto oleh @putri.photowork

Kuliner Bogor kelima ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda bukan? Siapa sih yang tidak kenal dengan Asinan Bogor? Wisata kuliner bogor yang lagi hits ini bisa Anda jadikan sebagai makanan pencuci mulut. 

Disajikan bersama dengan aneka sayuran dan buah-buahan seperti bengkoang, jambu, nanas, dan taburan kacang merah. Disiram dengan kuah yang dominan dengan rasa asam, manis, dan pedas. Lalu biasanya juga disajikan bersama kerupuk. 

Salah satu rekomendasi tempat kuliner Bogor legendaris yang menjual Asinan Bogor yaitu Asinan Ahauw Gang Aut. Panduannya bisa Anda cek di bawah ini ya! 

Panduan ke Asinan Ahauw Gang Aut

  • Jam Buka: Setiap hari, kecuali Senin (Jam 08.00 – 16.00)
  • Alamat: Jl Raya Gn Batu, Gunung Batu, Kota Bogor (Lihat Google Maps)
  • Harga: 10 – 35 ribu/porsi

Cungkring

Cungkring Pak Jumat
Foto oleh @yansenlimanto

Kuliner Bogor yang keenam adalah Cungkring. Tak lengkap rasanya jika explore wisata kuliner Bogor tapi tidak mencicipi Cungkring. Cungkring merupakan sajian berisi jeroan seperti urat, kikil sapi, dan kulit yang kemudian disiram dengan bumbu kacang.

Salah satu tempat kuliner Bogor legendaris yang menjual cungkring adalah Cungkring Pak Jumat. Terasa lebih spesial karena jeroan yang ada di dalamnya direbus dulu 5 hingga 7 jam, kemudian dipotong kotak-kotak, ditambahkan lontong dan kerupuk. Kemudian disajikan dalam daun pisang. 

Berikut panduan untuk menikmati kuliner bogor yang lagi hits yaitu Cungkring Pak Jumat: 

Panduan ke Kuliner Bogor Cungkring Pak Jumat 

  • Jam Buka: Setiap hari (Pukul 07.00 – 21.00)
  • Alamat: Jl Suryakencana St No 285, Bogor Tengah Kota Bogor (Lihat Google Maps)
  • Harga: 25 ribu/porsi

Kuliner Bogor Soto Kuning 

Soto Kuning Pak Yusuf
Foto oleh @syafrizaladi

Kuliner Bogor yang tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur ke Kota Bogor, yaitu Soto Kuning. Soto ini ada sejak tahun 1977 dan bertahan hingga saat ini. Dalam satu porsi soto kuning, berisi potongan daging sapi dan kuah rempah yang kuat. Disajikan bersama sepiring nasi hangat dan emping sebagai pendampingnya. 

Berikut panduan untuk menikmati Soto Kuning Legendaris Pak Yusup: 

Panduan ke Soto Kuning Pak Yusup 

  • Jam Buka: Setiap hari (Pukul 09.00 – 20.00)
  • Alamat: Jl Suryakencana St No 327, Bogor Tengah Kota Bogor (Lihat Google Maps)
  • Harga: 30 ribu/porsi

Itu tadi beberapa rekomendasi kuliner Bogor yang wajib Anda cicipi ketika liburan atau berkunjung ke Kota Bogor. Dari makanan-makanan di atas, kira-kira mana yang ingin Anda coba dan menarik perhatian? Oh ya, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh Lapis Bogor Sangkuriang ya guys!