skip to Main Content

10 Olahan Talas Bogor Kekinian yang Hits

Olahan Talas Bogor

Siapa sih yang tidak kenal dengan Talas? Umbi-umbian yang satu ini cukup populer di Indonesia, dan kerap dijadikan sebagai bahan olahan talas bogor. Teksturnya mirip kentang, kaya akan serat dan mengandung berbagai nutrisi baik.

Kali ini mimin akan mengajak kalian semua untuk tahu 10 olahan talas Bogor kekinian yang hits. Bisa juga nih menjadi referensi oleh-oleh ketika mengunjungi Kota Hujan Bogor. 

Lapis Bogor Sangkuriang

Lapis Bogor Sangkuriang
Foto oleh @lapisbogor

Olahan Talas Bogor pertama yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Lapis Bogor Sangkuriang. Merupakan salah satu rekomendasi oleh-oleh Khas Bogor yang menjadi favorit di kalangan masyarakat. 

Ada berbagai macam pilihan rasa yang menggoda, mulai dari rasa Original yang menjadi favorit banyak wisatawan dan warga lokal. Selain itu Anda juga bisa mencoba rasa lainnya yaitu Rasa Ketan Wangi, Sop Duren Keju, Talas Keju, Talas Susu, Cocopandan, Chocovilla, Chocovilla Oreo, dan Blackforest. 

Toko Lapis Talas Bogor Terdekat

Jika Anda berencana pergi ke Kota Bogor dalam waktu dekat, dan masih bingung harus membeli oleh-oleh apa. Maka Lapis Bogor Sangkuriang adalah jawabannya! Daftar toko lapis talas bogor terdekat bisa Anda cek pada link ini ya!

Ice Cream Talas

Foto oleh @cicikokobuncit

Siapa yang tak suka dengan ice cream? Olahan Talas Bogor yang wajib Anda coba selanjutnya adalah Ice Cream Talas. Dengan kombinasi unik antara es krim lembut dengan talas yang banyak manfaatnya, diolah hingga menjadi salah satu kudapan yang lumer di mulut. 

Rasanya manis dan sedikit gurih, membuatnya menjadi pilihan sempurna sebagai hidangan penutup atau sebagai penyegar di hari yang terik. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencicipi segarnya Ice Cream Talas? 

Oleh-Oleh Khas Bogor – Keripik Talas

Foto oleh kompas.com

Saat Anda ingin menikmati waktu santai, tidak ada yang lebih memuaskan daripada menikmati camilan ringan yang gurih. Mungkin keripik singkong, atau keripik kentang sudah biasa. Jika Anda sedang mencari yang berbeda, maka tidak ada salahnya mencoba salah satu olahan talas Bogor yaitu Keripik Talas. 

Selain bisa membelinya di tempat oleh-oleh Bogor, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan dan caranya pun sangat simpel, Anda hanya perlu memotong talas sesuai dengan keinginan Anda. 

Setelah itu rendam bersama air yang telah dibumbui dengan garam dan bawang putih. Goreng hingga kering sehingga keripik memiliki tekstur yang renyah. Untuk membuat variasi rasa yang lebih beragam, Anda bisa menambahkannya dengan bumbu bubuk beraneka rasa ya. 

Olahan Talas Bogor – Lapis Bunder Talas Sangkuriang

Foto oleh @lapisbogor

Ini dia olahan talas Bogor kekinian yang hits, Lapis Bunder Talas Sangkuriang. Saat mampir ke toko oleh-oleh Bogor Sangkuriang jangan lupa untuk membeli produk ini dan buktikan sendiri kelezatannya! 

Lapis Bunder Talas Sangkuriang sendiri merupakan kue lapis bertekstur lembut dengan versi yang mirip donat. Kue yang satu ini sangatlah praktis dibawa kemana saja, untuk camilan atau untuk berbagi bersama. 

Beberapa rasa dari Lapis Bunder Talas Sangkuriang yang bisa Anda coba yaitu Lapis Bunder Kreasi Coklat & Blueberry, Lapis Bunder Talas Coklat, dan Lapis Bunder Talas Keju. Anda tertarik untuk mencoba yang mana? 

Bakpao Talas

Foto oleh @noor_nfh

Bakpao mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Sekarang ini bakpao dibuat berbagai macam varian dan mudah kita temui dimana saja. Salah satu olahan talas Bogor yang wajib Anda coba adalah bakpao Talas. 

Dengan balutan kulit yang lembut dan isian yang melimpah, bakpao ini menggabungkan cita rasa tradisional dengan kelezatan talas yang khas. Varian isi dari bakpao ini pun beragam mulai dari rasa coklat, keju, ayam, dan masih banyak lagi. Apakah Anda berniat untuk membeli oleh-olehnya saja atau ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah?

Kolak Talas

Foto oleh @yulichia88

Olahan talas bogor keenam yang pasti disukai banyak orang yaitu Kolak Talas. Cara membuatnya pun juga sangat mudah untuk dipraktekkan di rumah. Potong talas menjadi beberapa bagian kemudian rebus bersama dengan potongan posang, kolang-kaling, santan, dan tambah gula manis sesuai selera. 

Rebus semuanya hingga matang dan sajikan dalam keadaan hangat. Menu ini cocok Anda nikmati di sore hari atau jika ingin sensasi segar Anda bisa menambahkan es batu ya! 

Talas Goreng (Uyen)

Foto oleh @linagui.kitchen

Jika Anda pecinta gorengan, maka tidak ada salahnya mencoba olahan talas Bogor yaitu Talas Goreng. Di Bogor, Anda akan sangat mudah menemukan penjual gorengan yang juga menyajikan talas goreng. 

Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah karena bahan-bahannya mudah dan cara pembuatannya pun simple. Pertama-tama serut lebih dulu talas, kemudian buatlah adonan basah dari campuran air, tepung terigu, telur, tepung sagu, dan bawang putih. 

Campurkan serutan talas ke dalam adonan basah dan goreng menjadi bentuk bulat hingga kecoklatan. Tiriskan, talas goreng atau uyen pun siap disajikan dan Anda nikmati bersama keluarga!

Puding Talas

Foto oleh @susi.shintawaty

Next, olahan talas bogor kekinian yang wajib Anda coba adalah Puding Talas. Selain menu ice cream talas, puding ini juga bisa menjadi pilihan untuk menyegarkan tenggorokan lho! Jika dikombinasikan dengan puding, talas akan membuat teksturnya menjadi lebih lumer dan lembut, dan pastinya lebih menyehatkan ya! 

Cara membuatnya hampir sama seperti kita membuat puding pada umumnya. Rebus talas lebih dulu kemudian haluskan, setelah itu masak talas bersama dengan agar-agar dan juga gula hingga adonan mengental. 

Dinginkan puding kemudian Anda bisa menyajikannya bersama vla vanilla atau coklat sebagai siramannya. Wah cocok sekali dimakan setelah makanan berat ya! 

Mochi Talas

Foto oleh @mallbassura

Olahan talas Bogor kekinian yang selanjutnya adalah mochi talas. Beberapa tahun belakangan ini, mochi menjadi salah satu kudapan yang viral. Bahkan beragam varian mochi bisa kita temukan dengan mudah di pasaran. 

Nah, salah satunya adalah mochi talas yang merupakan inovasi menarik dalam dunia kuliner. Isian dari mochi talas pun beragam ya, mulai dari coklat, read bean, original, hingga greentea. Anda bisa menemukan mochi talas di toko oleh-oleh Bogor. 

Getuk Talas

Foto oleh @IDNTimes

Jika Anda ingin membawakan keluarga atau kerabat Anda oleh-oleh dari Bogor yang tradisional, maka Anda bisa membeli getuk talas. Olahan talas bogor yang satu ini juga wajib Anda coba, karena selain merupakan kuliner otentik khas Bogor, camilan ini juga menyehatkan.

Teksturnya lembut dan perpaduan rasa manis dan gurih, cocok sebagai pendamping minum teh atau kopi saat Anda bersantai. Saat pergi ke Kota Bogor jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yang satu ini ya! 

Itu tadi beberapa informasi menarik yang dapat kami sampaikan mengenai 10 olahan talas Bogor kekinian yang hits. Selain menyehatkan, ternyata banyak sekali inovasi dari Talas Bogor ya teman-teman. 

Tidak perlu lagi kebingungan saat main ke Bogor harus bawa oleh-oleh apa. Karena banyak ragam olahan dari umbi-umbian talas yang bisa Anda pilih dan nikmati!