Asal Usul Asinan Bogor – Siapa yang tak kenal asinan Bogor? Ya, makanan satu ini merupakan kudapan nikmat yang selalu bisa kamu temui saat mampir ke kota hujan. Sebagai kuliner khas Indonesia yang tak lekang waktu, asinan Bogor selalu menjadi jajanan yang dicintai dan diminati semua kalangan.

Dibungkus dalam plastik bening, asinan Bogor merupakan kudapan mirip acar yang diproses lewat cara pengawetan. Terdiri dari tiga jenis yaitu asinan buah, sayur dan campuran, asinan Bogor semakin terasa lengkap dengan isian tempe/tahu goreng, kerupuk, hingga kacang goreng.

Meski diawetkan, asinan Bogor menggunakan bahan-bahan alami yang membuat makanan ini memiliki sensasi asam, manis dan pedas lewat kuahnya selalu siap membuat para pecinta kuliner ini ketagihan untuk mencobanya terus menerus. Namun, dari mana sebenarnya asinan Bogor ini berasal? Yuk kenali asal usul asinan Bogor di sini!

Asal Usul Asinan Bogor

asal usul asinan bogor
http://ngobrolin.id

Asinan Bogor memiliki sejarah panjang dalam dunia kuliner Tanah Air. Sebenarnya, makanan ini sudah hadir jauh sebelum Indonesia merdeka lho! Asinan Bogor memiliki pengaruh dari bangsa China yang pernah datang ke Indonesia. Seorang Kapiten Cina (Pemimpin Cina) yang tinggal di Bogor, Tan Goan Piauw (1825-1889) memutuskan untuk membangun sebuah gedung penampungan bernama Gedung Dalam.

Tujuannya, untuk memfasilitasi tempat tinggal bagi bangsa China yang baru tiba di kota Bogor. Namun, lama kelamaan, gedung ini pun menjadi pusat kebudayaan China di kota Bogor.

Asinan Bogor mulai dijajakan pertama kali pada era 70-an. Asinan Sedap Gedung Dalam pun menjadi label awal dari asinan Bogor sebelum dikenal luas oleh masyarakat sekitar.

asal usul asinan bogor
http://ksmtour.com

Asinan Sedap Gedung Dalam sendiri pada saat itu memang memiliki ciri khas tersendiri di mana ada rasa pedas dan asam namun tidak menyengat. Larutan yang dipergunakan untuk merendam buah tidak membuat hidung sesak karena sengatan bau asam dan menimbulkan rasa yang sedap dan enak dimulut. 

Tidak heran jika pada akhirnya Asinan Bogor pertama ini menjadi salah satu pelopor asinan yang mengundang beberapa pengusaha kuliner lainnya untuk membuka usaha yang sama. Inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya asinan lain dengan varian isi yang berbeda dan memiliki rasa nikmat yang wajib kamu coba.

Tidak hanya terkenal di Indonesia, banyak para wisatawan dari berbagai negara yang juga menyukai kuliner segar nan nikmat ini. Bahkan saking cintanya, seorang warga negara Australia bahkan rela mencari ilmu untuk membuat asinan Bogor terenak dan membuka toko asinan sendiri di kota asalnya di luar negeri.

Tertarik untuk mencoba asinan legendaris ini? Kamu bisa menemui Asinan Sedap Gedung Dalam yang berada di Jalan Siliwangi no. 27 C. Bertahannya Asinan Sedap Gedung Dalam selama lebih dari 30 tahun menjadi bukti bahwa asinan Bogor menjadi salah satu kuliner nikmat yang tidak pernah hilang dimakan usia dan akan selalu ada sampai kapan pun.

Hmm.. habis makan yang asinan bogor yang asem seger, kayanya enak nih nyobain jajanan hits bogor yang manis dan menggoda lidah. Apalag kalo bukan si Lapis Bogor Sangkuriang. Lengkap sudaaah kulineran seru di Bogor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?