Tips Liburan ke Puncak Bogor – Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat, selalu menjadi magnet liburan akhir pekan warga Jakarta dan sekitarnya. Seiring perkembangan zaman melalui modernisasi, kawasan wisata puncak masih menyimpan banyak sekali tempat wisata alam yang asri dan layak menjadi tempat warga megapolitan maupun kota besar lainnya menghilangkan penat sesaat.

Tidak heran jika tempat ini sering padat dikunjungi oleh para wisatawan di setiap akhir pekan. Nah untuk menikmati liburan di Puncak tanpa harus stres dengan kemacetan dan kepadatan kendaraan yang naik dan turun, ada beberapa tips liburan ke puncak Bogor agar liburanmu tetap aman dan menyenangkan!

Cari Jalur Alternatif 

tips liburan ke puncak bogor
http://otomotif.kompas.com

Tips liburan ke puncak Bogor yang pertama adalah memastikan untuk mencari jalur alternatif. Sudah banyak jalur alternatif menuju Puncak, terutama bagi pengendara dari arah Jakarta. Tidak sedikit dari warga lokal yang juga berjejer di pinggir jalan menawarkan jasa penunjuk jalan. Salah satu jalur alternatif adalah melalui jalur Tapos menuju Cisarua. 

Ada juga jalur alternatif lewat Gadog menuju Cisarua namun, jalanan ini cukup sempit karena melewati pemukiman warga. Jalur alternatif lainnya yang bisa kamu lewati adalah menghindari kemacetan di Ciawi dan gerbang tol Ciawi juga. Kamu juga bisa melalui jalan sempit di pinggiran tol Jagorawi lalu tembus di Masjid Amaliyah Ciawi atau Gadog.

Pantau Jadwal Buka-Tutup Jalan 

tips liburan ke puncak bogor
http://viva.co.id

Setiap akhir pekan ataupun saat liburan telah tiba, biasanya polisi akan memberlakukan jadwal buka-tutup ke kawasan Puncak. Jadwal itu sudah teratur, tapi kadang bisa berubah tergantung situasi lalu lintas. Kamu juga bisa mendapatkan info pantauan jadwal buka tutup melalui akun twitter @NTMCPolri atau @tmcpolresbogor.

Sistem buka tutup ini sudah dilakukan selama 30 tahun terakhir. Polisi mengklaim cara ini cukup efektif mengurai kemacetan. Imbasnya tentu saja, kendaraan yang ditutup jalurnya terpaksa harus bersabar menunggu sampai jalur dibuka kembali.

Pastikan Penginapan Telah Tersedia

tips liburan ke puncak bogor
http://idntimes.com

Berakhir pekan di kawasan Puncak sejak sabtu pagi, artinya kamu akan membutuhkan tempat penginapan untuk melepas penat. Oleh karena itu, tips liburan ke puncak Bogor yang harus kamu lakukan adalah pastikan dua hari sebelum keberangkatan kamu sudah melakukan pemesanan vila atau hotel untuk beristirahat.

Jadi untuk memutuskan berlibur ke Puncak, kamu wajib untuk memastikan dari jauh-jauh hari agar semua akomodasi dan kebutuhan selama berada di sana sudah tersedia beberapa hari sebelum keberangkatan.

Ikuti Arahan Petugas dan Patuhi Rambu Lalu Lintas

tips liburan ke puncak bogor
http://metro.tempo.co

Agar perjalananmu aman sampai dengan tujuan, penting untuk mengikuti arahan petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan yang mengatur lalu lintas di sepanjang Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat. Dengan mematuhi peraturan yang ada, secara tidak langsung kamu turut mencegah terjadinya kemacetan saat perjalanan. Jangan lupa untuk mematuhi setiap peraturan rambu lalu lintas yang ada ya!

Dengan mengikuti beberapa tips liburan ke puncak Bogor ini, liburanmu akan terasa lebih menyenangkan. Apalagi jika ditemani dengan kudapan lezat khas Bogor yaitu Lapis Bogor Sangkuriang. Selain rasanya yang lezat, cemilan ini juga dapat menjadi teman yang tepat untuk melengkapi perjalanan bersama keluarga ke puncak Bogor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?