Kuliner khas Bogor – Berjarak sekitar satu jam perjalanan naik kereta, lokasi Bogor memang terbilang dekat dengan Jakarta. Selain tempat wisatanya yang cukup beragam, ternyata Bogor juga menyimpan segudang kuliner khas yang menggiurkan.

Tidak heran banyak warga Jakarta yang senang menghabiskan weekend atau liburan singkatnya ke Bogor. Jika kamu sedang liburan ke kota ini, yuk cobain 5 kuliner khas Bogor yang unik dan bikin ketagihan ini!

Laksa Bogor

kuliner khas bogor
http://selerasa.com

Seperti masakan laksa pada umumnya, laksa Bogor dibuat dengan mencampurkan banyak macam bumbu. Namun, yang membuat laksa ini berbeda adalah tambahan oncom di dalamnya. Ketupat maupun bihun biasanya dicampurkan ke dalam laksa Bogor sebagai pengganti mie. 

Tambahan daun kemangi dan toge pun membuat kuliner khas Bogor ini menjadi segar dan layak untuk kamu coba. Kuah dari laksa bogor adalah santan kelapa yang sudah dibumbui sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih dan dijamin akan membuatmu ketagihan untuk mencoba kuliner lezat ini!

Pepes Sagu

kuliner khas bogor
http://bogor.net

Pepes memang sudah sangat umum dijumpai di mana-mana. Namun, jika pepes pada umumnya terbuat dari bahan dasar ikan, tahu, atau jamur, maka pepes yang satu ini jadi menu yang unik karena berbahan dasar sagu. 

Ya, pepes sagu merupakan salah satu makanan khas Bogor yang cukup unik dan layak untuk kamu coba saat berada di kota hujan ini. Pepes sagu biasanya dicampur dengan pisang atau nangka. Namun di era saat ini, kamu akan menemukan berbagai varian baru seperti  pepes sagu keju yang juga tak kalah nikmat.

Asinan Jagung Bakar

kuliner khas bogor
http://merdeka.com

Selain asinan sayur dan buah, ternyata ada menu asinan lain yang tak kalah unik dan bisa kamu temukan di kota ini yaitu asinan jagung bakar. Rasanya hampir sama yaitu pedas, asam, manis dan gurih. Yang membuatnya berbeda adalah isinya yang berupa butir-butir jagung bakar yang diberi pelengkap kerupuk mie dan juga mentimun. Tentu saja kuliner nikmat ini layak untuk kamu coba!

Cungkring

kuliner khas bogor
http://bisniswisata.co.id

Cungkring merupakan kuliner khas Bogor yang layak untuk dicoba. Makanan ini adalah sajian dengan bahan dasar kikil dan kepala sapi yang sudah dipotong kecil-kecil kemudian dimasak dengan bumbu kuning.

Bahan tersebut disiram dengan bumbu kacang dengan cita rasa manis. Meskipun mirip dengan sate, biasanya sajian ini disantap bersama dengan ketan putih yang telah dicampur dengan kelapa parut. Menarik ya untuk dicoba?

Bapatong

kuliner khas bogor
http://inionline.id

Kuliner khas Bogor lainnya yang patut untuk kamu coba adalah Bapatong. Bapatong merupakan singkatan dari Bakso Kupat Gentong. Agar lebih mudah diucapkan, maka muncullah istilah bapatong ini. 

Sesuai dengan namanya, isi sajian ini tentu saja terdiri dari bakso dan ketupat yang sudah diiris dan diberi kuah kaldu sapi. Potongan iga sapi yang ditambahkan di atasnya semakin membuat siapa saja yang melihatnya menjadi berselera!

Semakin tidak sabar untuk mencoba kuliner khas Bogor ini? Wisata kuliner di Bogor juga tidak akan lengkap rasanya jika tidak mencoba Lapis Bogor Sangkuriang. Cemilan yang sering dijadikan buah tangan para wisatawan ini memiliki tekstur yang lembut dan lezat lho! Tidak percaya? Kamu bisa mendapatkannya di berbagai outlet oleh-oleh yang ada di kota Bogor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat