Jajanan Khas Bogor – Berencana liburan ke Bogor? Selain dianugerahi alam yang indah, Bogor memang dikenal dengan makanan khasnya yang unik dan lezat. Beberapa di antaranya bahkan juga cocok dijadikan oleh-oleh.

Kalau kamu sudah sering bersantap di restoran dan kafe di Bogor, ini saatnya untuk kamu mencoba 5 jajanan khas Bogor yang tak kalah enak dan nikmat dibandingkan dengan makanan di restoran lainnya! Dijamin suka deh pokoknya!

Doclang

jajanan khas bogor
http://carimakanaja.com

Terlihat seperti gado-gado? Meskipun iya, namun kuliner khas Bogor ini jauh lebih sederhana dan tidak kalah sedap dibandingkan dengan gado-gado ataupun karedok. Nama doclang sendiri diambil dari nama lain daun ketupat yang digunakan sebagai pembungkusnya. 

Satu porsi doclang biasanya berisi potongan lontong, tahu goreng, serta kentang dan telur rebus yang diguyur dengan bumbu kacang manis gurih yang sedikit pedas. Meski mirip dengan makanan berbumbu kacang lainnya, doclang jarang ditemukan di wilayah selain kota Bogor. Kesederhanaan dan kelangkaannya inilah yang membuat doclang jadi buruan saat mampir ke kota hujan.

Toge Goreng 

jajanan khas bogor
http://id.tastemade.com

Meski namanya toge goreng, satu-satunya unsur gorengan dalam jajanan khas Bogor ini adalah tahu gorengnya, sementara togenya sendiri direbus. Perpaduan toge rebus, lontong, mie kuning, dan tahu goreng ini disiram dengan campuran saus kacang dan tauco, sedikit kecap, beserta sambalnya. Selain rasanya yang nikmat, jajanan satu ini juga sering menjadi favorit para wisatawan. 

Es Pala

jajanan khas bogor
http://bogor.tribunews.com

Puas menikmati toge goreng, kamu bisa menikmati minuman segar khas Bogor yaitu es pala. Buah pala yang biasanya digunakan untuk rempah masakan memang bisa diolah menjadi berbagai kudapan. Biasanya, buah pala dijadikan manisan berlapis gula dengan rasa manis-pahit-pedas yang nagih. 

Tidak berbeda dengan kudapannya, saat dijadikan minuman buah pala ini memiliki perpaduan manisan pala serut yang sedikit pedas dan manisnya gula (atau sirup pala), ditambah es batu. Minuman ini menjadi pilihan yang tepat untuk melepas dahaga saat berkeliling bogor di hari yang cerah. Tidak sulit untuk menemukan minuman ini karena hampir di semua tempat menjual minuman segar ini.

Asinan Bogor

jajanan khas bogor
http://detik.com

Asinan menjadi jajanan khas Bogor yang sering dijadikan oleh-oleh favorit para wisatawan setiap mampir ke kota hujan. Ada dua jenis asinan yang bisa kamu pilih dan coba saat berada di kota ini, yaitu asinan buah dan asinan sayur. Keduanya sama-sama enak dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh. 

Sebagai rekomendasi, kamu bisa mencoba asinan sedap gedung dalam yang sudah ada sejak tahun 1978 dan bahkan asinan ini memiliki kualitas serta rasa yang sedap. Ketika kamu mencoba asinan ini, kamu pasti akan menjadikannya standar untuk asinan yang enak.

Seupan Talas

jajanan khas bogor
http://tribunnews.com

Mungkin belum banyak yang tahu tentang jajanan khas Bogor satu ini. Seupan talas adalah makanan yang terbuat dari talas kukus yang diberi parutan kelapa dan gula merah di atasnya. Makanan ini disajikan hangat-hangat langsung dari atas kukusan. 

Rasa tawar talas pun disulap menjadi harum dan legit karena parutan kelapa gurih dan manisnya gula merah sisir. Biasanya, makanan ini ditemukan di kawasan kaki lima Suryakencana karena di tempat ini kamu akan menemukan seupan talas yang memiliki cita rasa berbeda yang wajib untuk dicoba.

Selain 5 jajanan khas bogor ini bisa dijadikan oleh-oleh, kamu juga wajib mencicipi jajanan lainnya yang ada di kota hujan ini salah satunya Lapis Bogor Sangkuriang. Rasanya yang nikmat dan lembut dan membuatmu semakin ketagihan untuk mencoba cemilan lezat ini.

Bahkan tidak sedikit dari para wisatawan yang datang ke kota ini selalu menjadikan Lapis Bogor Sangkuriang sebagai buah tangan. Tidak percaya? Jangan lupa untuk dicobain ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?