Bogor memang selalu punya daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Banyaknya destinasi wisata serta keanekaragaman kuliner menjadi salah satu daya tarik dan alasan para wisatawan selalu ingin datang dan kembali lagi ke Bogor.

Beragam kuliner mulai dari makanan, jajanan, hingga minuman khas Bogor wajib banget dicoba kalau kamu datang ke Kota Hujan ini. Apa saja? Berikut 5 minuman khas Bogor yang enak dan menyegarkan yang wajib dicoba!

Es Pala

Warga asli Bogor pasti sudah enggak asing dengan minuman khas Bogor yang legendaris ini. Yaps, es pala merupakan minuman asal Bogor yang sudah ada sejak tahun 1950-an. Meski minuman ini sudah ada puluhan tahun silam tapi hingga kini es pala tetap eksis dan selalu jadi buruan para pelancong.

Seperti namanya, es pala diracik dari serutan buah pala sebagai bahan utamanya lalu dicampur dengan tambahan air gula agar rasanya semakin nikmat.

Tak hanya nikmat disantap saat cuaca panas, es pala ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, lho!

Kalau kamu berkunjung ke Bogor, ada banyak pedagang yang menjajakan es yang segar ini. Nah yang paling hits ada di Gang Aut, Jalan Suryakencana, namanya “Es Pala Pak Ujang”. Jangan lupa mampir untuk icip-icip, ya!

Bajigur

minuman khas bogor
Sumber Foto : Masakapahariini

Kalau tadi sudah bahas minuman khas Bogor yang segar-segar, kini saatnya bahas minuman yang menghangatkan. Yaps, bajigur merupakan minuman tradisional khas Bogor yang terbuat dari gula aren dan santan yang biasa disajikan dalam keadaan hangat.

Agar rasanya semakin nikmat, bajigur biasanya ditambahkan bahan pelengkap, seperti jahe, garam, dan bubuk vanili.Meski bajigur lebih sedap disantap hangat-hangat, kamu juga bisa lho menikmati bajigur dengan tambahan es agar lebih segar.

Es Sekoteng Bogor Permai

Berbeda dengan sekoteng pada umumnya yang terkenal dapat menghangatkan tubuh, sekoteng khas Bogor ini lebih terasa menyegarkan dan mampu melepas dahaga.

Kalau biasanya kamu menjumpai sekoteng dengan air jahe, Es Sekoteng Bogor Permai yang juga minuman khas Bogor ini berisi biji mutiara, alpukat, kelapa muda, dan parutan es yang menyegarkan.

Sekilas sih tampilan Es Sekoteng Bogor Permain ini terlihat seperti es campur biasa, tapi jangan salah, minuman ini punya cita rasa yang beda. Pokoknya kamu wajib coba biar gak penasaran!

Sama seperti namanya, Es Sekoteng Bogor Permai biasa dijajakan di Kawasan Bogor Permai tepatnya di Jalan Sawojajar dekat dengan pusat jajanan Bogor Permai.

Bir Kotjok

Sumber Foto : Travelkompas

Banyak yang mengira kalau minuman khas Bogor ini bisa memabukkan. Eits, jangan salah ya! Meski namanya bir, namun minuman ini tidak ada kandungan alkoholnya sama sekali di dalamnya dan dijamin aman.

Pasalnya, bir kotjok sendiri terbuat dari bahan alami dan berbagai rempah, seperti jahe, cengkeh, kayu manis, gula aren, dan kayu manis.Selain enak, bir kotjok yang sudah ada sejak tahun 1965-an ini juga dipercaya memiliki beragam khasiat yang baik bagi kesehatan. 

Seperti namanya, sari dari  bahan rempah yang digunakan untuk membuat bir kotjok dimasukkan ke dalam gelas alumunium besar yang dicampur dengan es batu. Kemudian dikocok beberapa kali, hingga menimbulkan buih seperti bir. 

Itulah sebabnya kenapa minuman segar ini dinamakan bir kotjok alias bir kocok. Nah, kalau berkunjung ke Bogor jangan lupa untuk mencicipi minuman segar yang kaya akan khasiat ini ya!

Es Loder

minuman khas bogor
Sumber Foto : Tandaseru

Es loder merupakan minuman asal Bogor yang legendaris dan sudah jarang ditemui. Meski begitu, masih ada pedagang yang menjajakan minuman jadul alias jaman dulu ini.

Sekilas es loder terlihat mirip dengan es bubur sumsum ya? Untuk satu porsi es loder, kamu bisa menikmati kelezatan loder (hijau) terbuat dari tepung hunkwe, candil biji salak, sagu mutiara dan guyuran kuah santan berpadu dengan gula merah. Akan semakin nikmat menyantap es loder dengan tambahan es batu. Hmm.. segar!

Itu dia 5 minuman khas Bogor yang enak dan menyegarkan. Selain minumannya, kamu juga bisa mencicipi Lapis Bogor Sangkuriang. Camilan khas Bogor ini tersedia beragam varian rasa dengan tekstur yang lembut dan manis yang pas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?