Setiap daerah pasti memiliki kuliner dengan resep dan cita rasa yang khas. Sama seperti daerah lainnya, Bogor juga menyimpan banyak kuliner khas yang enak nan lezat.

Saat berkunjung ke Bogor, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi beragam kuliner yang enak dan menggiurkan. Tapi juga jangan sampai lupa untuk membawa oleh-oleh khas Bogor untuk keluarga di rumah ya! Berikut 7 oleh-oleh khas Bogor yang bisa kamu bawa pulang.

Roti Unyil

oleh-oleh khas bogor
Sumber Foto : Shutterstock

Roti unyil menjadi salah satu oleh-oleh khas Bogor yang terkenal dengan kelezatannya. Seperti namanya, roti ini berukuran kecil jika dibandingkan dengan roti pada umumnya. Selain bentuknya yang lucu, roti ini juga memiliki banyak rasa dari yang manis hingga asin dengan beragam topping di atasnya. 

Di Bogor, kamu bisa dengan mudah menemukan penjual roti unyil ini, tetapi yang paling direkomendasikan ialah Roti Unyil Venus yang berlokasi di Jalan Raya Pajajaran No.1, Sukasari, Bogor. Tak hanya lezat, harga roti unyil juga murah dan pastinya sangat bersahabat.

Lapis Talas – Lapis Bogor Sangkuriang

lapis bogor sangkuriang oleh-oleh khas bogor

Tak lengkap jika ke Bogor tapi tidak membawa pulang bolu lapis talas khas Bogor. Pasalnya, kue dengan tekstur lembut ini memang selalu menjadi primadona dan buruan para wisatawan dari berbagai daerah. Apalagi bolu ini tersedia dengan beragam varian rasa yang bakal bikin kamu puas mencobanya.

Ada beragam toko yang menjual lapis talas, nah Lapis Bogor Sangkuriang ini yang paling legendaris dan rasanya pun juara! Selain rasa manisnya pas, varian rasanya juga terus bertambah lho. Udah gitu, kamu bisa menemukan Lapis Bogor Sangkuriang dengan mudah. Sebab, oleh-oleh khas Bogor ini memiliki banyak outlet di berbagai daerah di Kota Bogor.

Bika Bogor

Umumnya orang mengenal bika sebagai oleh-oleh khas Medan. Namun di Bogor juga ada loh kue bika yang tak kalah enaknya. Berbeda dengan bika asal Medan, bika Bogor ini berbahan dasar ubi dan talas. Nah salah satu merk yang paling hits yaitu Bika Bogor Talubi yang berlokasi di Jalan Pajajaran No. 20, Bogor.

Ada banyak varian rasa dari Bika Bogor Talubi yang bisa kamu bawa pulang nih. Mulai dari rasa nangka, cocopandan, ubi madu, hingga talas.

Pie Talas

oleh-oleh khas bogor

Bogor dikenal sebagai daerah dengan penghasil talas terbesar. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa banyak oleh-oleh khas Bogor yang menggunakan talas sebagai bahan utamanya, salah satunya pie talas ini. 

Sekilas pie talas ini persis dengan pie susu, hanya saja memiliki isian yang berbeda. Pie susu biasanya dibuat dari susu dan telur, sedangkan pie talas ini memiliki isian berupa talas. 

Asinan Bogor

Ngomogin soal oleh-oleh, asinan Bogor merupakan salah satu oleh-oleh yang cukup populer dan banyak orang yang menyukainya. Bahkan saking lezatnya, asinan Bogor sudah banyak dijajakan di berbagai daerah di luar Kota Bogor.

Asinan memang paling segar disantap saat siang hari dan cocok juga dijadikan buah tangan untuk dibawa pulang.Ada banyak pedagang asinan yang bisa kamu temui di Kota Bogor, tapi yang paling legendaris ya Asinan Sedap Gedung Dalam. 

Toko yang berdiri sejak 1978-an ini selalu menjadi buruan para foodies. 

Kacang Bogor

oleh-oleh khas bogor
Sumber Foto : Wikipedia

Suka dengan camilan yang gurih dan crunchy? Kacang Bogor bisa menjadi camilan pilihan. Selain bisa dijadikan camilan, kacanh Bogor juga cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. 

Berbeda dengan kacang tanah, kacang kedelai, ataupun kacang pada umumnya, kacang Bogor ini memilimi bentuk bulat dengan warna ungu di dalamnya.

Sayangnya, kacang Bogor memiliki masa panen diantara bulan Februari sampai April. Nah di saat itulah kamu bisa menemui pedagang kacang Bogor dengan mudah. Meski begitu, tak perlu khawatir karena kini sudah ada olahan kacang Bogor dalam bentuk kemasan. Jadi kamu bisa membeli kacang Bogor sebagai oleh-oleh kapan pun.

Souvenir dan Kaos

Selain makanan, kamu juga bisa lho membeli oleh-oleh khas bogor berupa souvenir maupun kaos. Ada banyak beragam toko di berbagai wilayah di Bogor yang menjual cenderamata khas Bogor. Selain antik dan bagus-bagus, souvenir dan kaos bisa jadi kenang-kenangan kalau kamu pernah datang ke Bogor.

Itu dia oleh-oleh khas Bogor yang bisa menjadi pilihan untuk dibawa pulang. Sudah tahu mau beli yang mana? Kalau favoritku sih sudah pasti Si Lapis Bogor Sangkuriang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?