Ciri Khas Asinan Bogor – Bagi pecinta makanan pedas, asam, dan gurih, asinan tentu menjadi salah satu makanan favorit yang tak boleh dilewatkan. Meski sama-sama memiliki cita rasa yang menyegarkan, setiap asinan yang terdapat di beberapa daerah memiliki resep dan cita rasa khasnya tersendiri. 

Salah satu asinan yang populer dan legendaris yaitu asinan Bogor. Meski sekilas terlihat mirip dengan jenis asinan lainnya, siapa sangka kalau asinan ini juga memiliki cita rasa yang unik dan khas. 

Buat kamu pecinta asinan, wajib banget tahu nih apa saja ciri khas asinan Bogor. Yuk kita simak sama-sama!

Apa Itu Asinan?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai ciri khas asinan Bogor, ketahui dahulu yuk apasih sebenarnya asinan itu?

Asinan merupakan makanan tradisional Indonesia yang dibuat dengan teknik pengacaran atau teknik pengawetan.

Teknik pengacaran ini dilakukan melalui proses pengasinan dan pengasaman menggunakan garam dan cuka. Itulah sebabnya mengapa asinan memiliki rasa yang cenderung gurih dan asam. 

Sekilas, asinan terlihat mirip dengan rujak. Perbedaan utama kedua hidangan ini yaitu bahan rujak cenderung disajikan saat masih segar atau tanpa proses pengasinan, sedangkan asinan disajikan dalam keadaan sudah melalui proses pengasinan sehingga bumbu asinan lebih meresap.

Jenis Asinan

Sudah tahu kan apa itu asinan? Ternyata asinan tak hanya satu macam saja, lho! Meski rasanya sama-sama nikmat dan segar, bahan utama dari asinan bisa berbeda-beda. Apa saja? Kita cari tahu yuk!

Dahulu asinan Bogor lebih dikenal dengan bahan utama yang menggunakan buah-buahan, namun seiring berjalannya waktu kini asinan bogor sudah beragam variannya. Mulai dari asinan buah, asinan sayur, hingga campuran dari asinan buah dan sayur. Soal rasa, ketiganya tentu sama-sama enak! Apalagi kalau disantap saat siang hari. Hmm segar.

Ciri Khas Asinan Bogor

Kalau kamu mencicipi asinan Bogor, kamu pasti akan tahu apa saja perbedaan asinan Bogor dengan asinan yang ada di daerah lain.

Ciri khas dari asinan Bogor ini yaitu asinan ini kerap menggunakan taburan kacang tanah untuk menambahkan cita rasa gurih yang berpadu dengan rasa manis dan asam.

Selain itu, rasa pedas dari asinan Bogor yang khas ini berasal dari cabe merah atau cabe hijau besar yang khusus digunakan untuk meracik asinan.

Menariknya lagi, asinan Bogor disajikan lengkap dengan kerupuk mie Bogor. Nah, kerupuk inilah yang paling mencolok dan tak ada di kota lain. Berbeda dengan kerupuk mie pada umumnya, kerupuk mie di sini punya motif dan ukuran yang lebih kecil dibandingkan kerupuk mie Jawa.

Rekomendasi Asinan Bogor yang Enak

Bagi yang ingin mencicipi asinan Bogor, berikut rekomendasi asinan Bogor yang enak dan wajib kamu coba!

1. Asinan Sedap Gedung Dalam

Hidangan asinan yang terkenal memiliki tekstur renyah dan cita rasa segar ini berlokasi di Jalan Siliwangi No 27C, Sukasari, Bogor.

2. Asinan Asli Bogor

Tempat makan asinan yang berlokasi di Jalan Ir. Juanda No 90 ini juga digandrungi banyak orang. Baik warga lokal maupun wisatawan

3. Asinan Ny. Yenny

ciri khas asinan bogor ny. yenny

Asinan Ny. Yenny yang berlokasi di Jalan Binamarga No.1, Bogor, ini juga tak kalah sedapnya.

Kini kamu sudah tahu kan apa ciri khas dari asinan Bogor? Selain bisa membeli asinan Bogor sebagai oleh-oleh, kamu juga bisa nih membawa pulang Lapis Bogor Sangkuriang untuk keluarga di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?