Jajanan Legendaris Bogor – Bogor dikenal sebagai salah satu kota destinasi wisata yang menjanjikan berbagai keindahan alam dan panoramanya. Kota yang memiliki julukan sebagai Kota Hujan ini juga dikenal sebagai surganya wisata kuliner.

Mulai dari makanan kekinian yang tengah populer sampai makanan legendaris yang hingga kini masih eksis pun semua ada di sini.Meski makanan legendaris Bogor sudah ada sejak puluhan tahun silam. Namun soal cita rasa, makanan legendaris Bogor ini tetap terjaga kekhasannya.

Jika melancong ke Bogor, tak lengkap rasanya kalau kamu enggak mencicipi makanan legendaris Bogor ini.

1. Seupan Talas Suryakencana

jajanan legendaris bogor
Seupan Talas / Pergikuliner

Bogor dikenal sebagai salah satu penghasil talas dengan kualitas yang cukup baik. Itulah alasan mengapa banyak makanan khas Bogor yang menggunakan talas sebagai bahan utamanya, seperti seupan talas ini.

Seupan talas diolah menjadi jajanan tradisional Bogor yang proses pembuatannya dikukus atau diseupan untuk kemudian disajikan bersama dengan irisan gula merah dan taburan kelapa parut.

Kamu bisa menemukan seupan talas di beberapa wilayah di Kota Bogor, salah satu seupan talas yang terkenal lezat yaitu Seupan Talas Suryakencana. Persis namanya, seupan ini dijajakan di Jalan Suryakencana, Bogor.

2. Soto Mie Mang Ohim

Soto Mie Mang Ohim / Bogornet

Salah satu jajanan legendaris Bogor yang tetap eksis hingga kini yaitu Soto Mie Mang Ohim yang berlokasi di Jalan Taman Cimanggu Raya Nomor 22, Kedung Waringin, Tanah Sareal, Bogor.

Kalau ke Bogor sempatkan untuk mencicipi soto mie ini ya! Karena Soto Mie Mang Ohim ini memiliki cita rasa khas dan rasa rempah yang begitu kuat.

Dalam semangkuk hidangan soto mie ini, kamu bisa sekaligus menikmati potongan daging, renyahnya risol, dan mie kuning yang disiram dengan kuah segar. Hanya makan seporsi aja dijamin bakal bikin kamu kenyang deh.

3. Soto Kuning Pak Yusuf

Soto Kuning

Selain soto mie, soto kuning khas Bogor juga tak kalah enaknya nih. Berbeda dengan soto mie, soto kuah kuning punya kuah yang lebih kental dengan isian yang beragam mulai dari daging hingga jeroan kamu bebas pilih mau yang mana.

Nah, salah satu yang paling terkenal dan legendaris di Bogor yaitu Soto Kuning Pak Yusuf yang berlokasi di Jalan Suryakencana, Gang Aut, Bogor. Meski telah berdiri sejak 1977, rasa dari Soto Kuning Pak Yusuf ini tetap terjaga kekhasannya. 

Rasa sotonya yang begitu lezat dan gurih, ditambah dengan potongan daging akan membuat siapapun yang menyantapnya ketagihan.  

4. Toge Goreng H. Gebro

Toge Goreng / Qraved

Yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Bogor yaitu mencicipi Toge Goreng H. Gebro. Jajanan legendaris Bogor yang berlokasi di Jalan Pengadilan, Pasar Anyar, Bogor ini konon telah berdiri sejak 1967. 

Dalam seporsi toge goreng, kamu bisa menikmati lezatnya perpaduaan toge, mie, dan tahu yang disiram dengan saus tauco. Soal rasa, Toge Goreng H. Gebro juaranya! Para foodies yang doyan cemal-cemil, jajanan legendaris Bogor satu ini wajib masuk bucket list wisata kuliner.

5. Martabak Manis Encek

Martabak Manis / Indozone

Puas menyantap makanan manis yang pedas dan gurih, kini saatnya mencicipi hidangan manis yang legendaris dan tak kalah enaknya. Yaps, Martabak Manis Encek. Meskipun kini sudah banyak yang menjajakan martabak, tapi soal rasa Martabak Manis Encek tak ada tandingannya.

Jajanan legendaris Bogor ini rupanya sudah berdiri sejak 1970-an, namun hingga kini Martabak Manis Encek tetap eksis. Buat yang ingin coba, kamu bisa datang langsung ke Jalan Suryakencana, tepatnya di perempatan Gang Aut.

Dari sederet jajanan legendaris Bogor di atas, kamu paling penasaran sama yang mana nih? Setelah puas berburu wisata kuliner, kini saatnya beli oleh-oleh khas Bogor untuk keluarga di rumah.

Bicara soal oleh-oleh, Lapis Bogor Sangkuriang lah pilihannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?