Ciri Khas Jawa Barat — Jawa barat terletak di pulau Jawa bagian barat, berbatasan langsung dengan Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Banten di sebelah Barat dan Provinsi Jawa Tengah di sebelah timur.

Jika Anda berkunjung ke wilayah Jawa Barat, Anda akan menemukan suasana yang berbeda. Selain memiliki berbagai macam gaya bahasa, Jawa Barat juga terkenal dengan pengasil beras terbaik, Pandan Wangi.

Jawa Barat mempunyai beragam kuliner yang unik dan menarik. Selain itu, wisata di jawa barat juga tidak kalah menarik dengan tempat lain.

Ibu Kota Jawa Barat adalah Bandung, kota metropolitan yang dikenal sebagai Paris van Java

Selain wisata, Jawa Barat mempunyai ciri khas yang lain. Yuk, simak apa saja yang menjadi keunikan di Jawa Barat.

Ciri Khas Jawa Barat, Nasi Liwet Sunda

Makanan ciri khas Jawa Barat
Gambar dari Cookpad

Bila anda pecinta kuliner, Nasi Liwet adalah menu wajib yang harus dicoba saat berkunjung ke daerah Jawa Barat. 

Nasi liwet ini dulunya makanan untuk penghematan. Lauk pauk dan bumbu dimasukan dalam satu wadah panci, lalu dimasak seperti nasi biasa. 

Karena campuran bumbu dan rempah-rempah, nasi ini menjadi sangat menarik dan rasa yang menggoyang lidah.

Ada bisa menikmati nasi liwet di tempat makan khas sunda. saat ini, nasi liwet sudah bisa dinikmati oleh semua kalangan dengan sajian yang lebih menarik.

Sate Maranggi

Gambar dari Cookpad

Sate maranggi adalah makanan khas Jawa Barat yang harus Anda Coba. Sate ini berasal dari Ciamis. Namun, saat ini sate maranggi sudah menyebar sampai keluar jawa barat.

Bahan dasar sate ini biasanya dari daging kerbau yang sudah dicampurdengan bumbu seperti ketumbar, lengkuas, kunyit, jahe, kecap manis dan lahang.

Biasanya sate maranggi disajikan dengan nasi timbel atau lontong. Ada juga yang menikmati dengan sambel oncom dan uli bakar. Dengan menu apapun, sate maranggi sangat cocok dinikmati.

Tahu Susu Lembang

Jika anda berkunjung ke daerah Bandung, Jawa Barat. Jangan lupa untuk mampir ke Lembang untuk menikmati salah satu makanan khas Jawa Barat yang ada di Bandung, Tahu Susu Lembang.

Makanan ini dibuat dari kedelai lalu dicampur dengan susu murni. Menjadikan tekstur Tahu ini sangat lembut sehingga enak dimulut.

Anda dapat menimati Tahu ini dengan goreng terlebih dahulu, dan semakin saat dicocol dengan sambal.

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah makanan khas Jawa Barat yang berasal dari Cirebon. Terbuat dari tahu yang dipotong-potong bercampur bumbu lainnya.

Tahu gejrot bisa dinikmati berbagai kalangan, berbagai usia, dan di mana saja. Bahan utamanya tahu yang berasal masih dari Jawa Barat, yaitu Tahu Sumedang.

Saat ini Tahu gejrot sudah menyebar ke berbagai wilayah seperti Jakarta, Malang, Semarang dan lain-lain. Anda bisa menikmati Tahu Gejrot di mana saja, bahkan ada juga yang berkeliling.

Dodol Garut

Makanan yang satu ini sudah terkenal sebagai oleh-oleh Bandung dan garut. Anda dapat menemukannya dengan mudah saat  berkunjung ke daerah Garut, Tasik, dan Bandung.

Dodol Garut memiliki tekstur yang lebut, memiliki beberapa varian rasa, dan memili berbagai jenis ukuran. Anda bisa memilih sesuai selera.

Warga lokal biasanya menjadikan dodol garut sebagai jajanan yang dinikmati saat siang hari. Namun, anda bisa menikmatinya kapanpun. Di sajikan bersama teh, susu atau kopi akan semakin memanjakan lidah.

Jika Anda berkunjung ke daerah Jawa Barat, jangan lupa mencoba beberapa makanan khas di atas. Jangan lupa juga untuk membeli Lapis Bogor Sangkuriang, bolu olahan talas khas Bogor dengan cita rasa khas yang bikin nangih. Selamat menikmati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?