Seperti halnya kota lain, sejarah kota Bogor juga menarik untuk ditelusuri. Generasi sekarang sangat beruntung karena banyak peninggalan-peninggalan yang masih tersisa baik dalam bentuk monumen atau benda-benda di museum. Tentu berkunjung ke tempat-tempat yang kental akan sejarah akan menimbulkan sensasi tersendiri.

Jika kamu tertarik untuk menelusuri wisata sejarah Kota Bogor, berikut ini deretan destinasi wisata yang menarik banget untuk dikunjungi.

1. Jembatan Merah

sejarah kota bogor

Menurut sejarah, Jembatan merah yang lokasinya dekat dengan stasiun Bogor ini sudah ada sejak tahun 1801. Jembatan ini adalah saksi bisu tentara BKR dalam melawan penjajah Belanda.

Pada masanya, jembatan ini selalu ramai oleh penduduk Bogor maupun orang-orang Belanda serta Eropa.

Kental akan nilai-nilai sejarah, di masa ini, Jembatan Merah dibuka sebagai destinasi wisata sejarah Kota Bogor yang ikonik.

Ada juga mitos yang berhembus  entah dari kapan, bahwa jika pasangan melewati jembatan ini mereka akan putus namun, apabila orang single yang melewati jembatan ini maka ia akan mendapat pasangan! Wah menarik sekali ya.

2. Istana Bogor

sejarah kota bogor
Sumber: https://m.merdeka.com/

Istana Kepresidenan Bogor adalah tempat bersejarah yang tak kalah menarik untuk diulik. Asal usul bangunanya berawal dari Gubernur Jenderal Belanda, G.W. Baron van Imhoff memerintahkan untuk membangun sebuah pesanggrahan di wilayah Bogor. 

Pada masa pasca kemerdekaan, tempat tersebut kemudian dijadikan satu dari enam istana kepresidenan yang ada di Indonesia.

Istana Bogor juga dibuka untuk umum supaya  warga Indonesia mengenal budaya dan sejarah bangsa. Di sana juga terdapat berbagai macam flora fauna hadiah dari negara lain lho.

3. Prasasti Batu Tulis

sejarah kota bogor

Dari namanya, Prasasti Batu Tulis begitu kental dengan nilai sejarah Kota Bogor. Prasasti ini adalah bukti bahwa ibukota Kerajaan Pajajaran pernah berada Pakuan yang saat ini adalah wilayah bogor.

Pada mulanya Prasasti Batu Tulis dibangunt oleh Prabu Surawisesa sebagai penghormatan kepada Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi.

Sampai sekarang, prasasti ini masih ramai dikunjungi wisatawan yang tertarik dengan nilai sejarahnya. Tempatnya yang mudah diakses dipadu suasana yang damai membuat pengunjung semakin khusyuk dalam mengenang leluhur bangsa Indonesia.

4. Museum dan Monumen PETA

Wisata sejarah Kota Bogor selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah Museum dan Monumen PETA. Destinasi ini adalah salah satu tempat penting dalam sejarah kemiliteran Indonesia.

Hal ini karena di sana lah para pejuang PETA termasuk Soedirman, Soeharto dan Supriadi mendapatkan latihan militer mereka.

Di dalamnya pengunjung akan melihat alat-alat militer seperti tank, senjata api dan relief yang menggambarkan tokoh PETA yang sedang melakukan pendidikan tentara. Siapapun yang datang ke museum ini pasti sangat merasakan aura perjuangan.

5. Museum Perjuangan Bogor

Masih bertema perjuangan, museum ini adalah saksi warga Bogor dalam mengusir penjajah Belanda. Awalnya Museum Perjuangan Bogor dibangun pada 1957 oleh para tokoh pejuang demi mewariskan semangat juang pada generasi penerus.

Koleksi di museum ini pun berupa senjata, senapan hasil rampasan Jepang, mata uang VOC, pakaian pejuang dan masih banyak lagi. Sangat cocok untuk pelajar dan anak muda yang ingin belajar sejarah terutama di kota Bogor.

Wah menarik banget ya deretan wisata sejarah Kota Bogor di atas. Sebagai generasi muda Indonesia harus banget dong mengetahui sejarah bangsanya sendiri. Jangan lupa oleh-oleh khas Bogornya tetap Lapis Bogor Sangkuriang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?