Wisata edukasi Bogor menjadi tempat wajib dikunjungi ketika hari libur sekolah tiba. Selain untuk mengajak anak-anak refreshing setelah bekerja keras dalam satu semester sekolahnya, kita juga bisa sekaligus mengajarkan mereka tentang suatu hal.

Jika kamu bingung harus ke mana untuk mencari wisata edukasi Bogor, 5 rekomendasi wisata edukasi Bogor ini bisa kamu dijadikan referensi ya. Tempatnya asyik dan bisa menambah wawasan anak-anak loh!

Kampung Horta, Mengenal Alam di Wisata Edukasi Bogor

kampung horta bogor/infoserbaserbi

Tahu boneka horta? Betul, boneka dengan variasi bentuk yang di dalamnya terdapat bibit rerumputan sehingga jika rajin disiram akan tumbuh rumput selayaknya rambut si boneka.

Tempat wisata edukasi Bogor yang pertama bernama Kampung Horta karena sebagian besar penduduknya adalah pengrajin boneka horta. Di sini anak-anak akan lebih dekat dengan alam, bahkan mereka bisa belajar menanam padi di sawah loh. Wah, pasti menjadi pengalaman seru untuk mereka dan bisa diceritakan kembali ke teman-teman ketika sudah masuk sekolah nih.

Lokasi: Desa Selahuni Ciomas, Ciomas Rahayu, Bogor

Tiket masuk: Rp20.000 per kegiatan

Jam operasional: Senin – Minggu, 08.00 – 15.00 WIB

Sentulfresh, Kegiatan Asyik untuk Anak

Wisata Bogor edukasi selanjutnya adalah Sentulfresh. Tempat ini begitu terkenal sehingga selalu ramai akan rombongan sekolah yang sedang melakukan study tour dan keluarga dari berbagai kota loh.

Tidak heran, Sentulfresh memang memiliki banyak kegiatan edukasi yang bisa dijajal anak-anak. Mulai dari memberi makan ikan, observasi budidaya cacing, mengenal berbagai tanaman obat, hingga memerah susu sapi.

Lokasi: Kampung Cijulang, RT 03, RW 03, Desa Cadas Ngampar, Sukaraja, Bogor.

Tiket masuk: Rp50.000 per orang

Jam operasional: Senin – Sabtu, 08.00 – 16.00 WIB

Memancing di Kampung Wisata Cinangneng

kampung wisata cinangneng/deasikumbang

Di Kampung Wisata Cinangneng, kamu bisa mengajak anak-anak untuk memancing. Kegiatan orang dewasa yang sering kali dianggap membosankan ini justru membuat anak-anak merasa senang loh untuk melakukannya, terlebih kalau mendapatkan ikan.

Selain itu, anak-anak bisa diajarkan untuk bercocok tanam, memberi makan ikan, melukis caping, hingga membuat wayang dari tanaman singkong. Wah, seru sekali nih dan bisa dikenang anak-anak sebagai pengalaman yang sangat menyenangkan.

Lokasi: Jalan Babakan Kemang, RT 01, RW 02, Cihideung Udik, Ciampea, Bogor

Tiket masuk: Rp115.000 per orang

Jam operasional: Senin – Minggu, 08.00 – 17.00 WIB

Taman Buah Mekarsari, Wisata Petik Buah

taman buah mekarsari/dolanyok

Menjadi taman buah terbesar di dunia, Mekarsari memang selalu penuh akan pengunjung. Pasalnya, tempat ini memang sangat direkomendasi untuk dikunjungi bersama anak-anak di musim liburan.

Kegiatan petik buah tentu saja masih menjadi kegiatan utama dan yang paling menyenangkan di Mekarsari. Terlebih, anak-anak juga akan diberi edukasi ciri buah yang sudah siap dipetik sehingga menambah wawasan mereka.

Lokasi: Jalan Raya Cileungsi, Jonggol, KM 3, Mekarsari, Cileungsi, Bogor

Tiket masuk: Rp55.000 per paket

Jam operasional: Senin – Minggu, 09.00 – 16.00 WIB

Taman Budaya, Melatih Fisik Anak dengan Cara Seru

taman budaya bogor/travelspromo

Taman Budaya Bogor menjadi rekomendasi tempat wisata Bogor edukasi yang selanjutnya. Tempat ini begitu unik karena banyak menyajikan permainan yang menyenangkan untuk anak-anak.

Mulai dari outbound, segala jenis permainan tradisional, hingga melakukan trekking. Dengan begitu, anak-anak bisa melatih fisik mereka sehingga lebih sehat sekaligus bersenang-senang.

Lokasi: Jalan Siliwangi, Nomor 1, Sentul City, Sumur Batu, Babakan Madang, Bogor

Tiket masuk: Rp230.000 per orang

Jam operasional: Senin – Minggu, 09.00 – 16.30 WIB

Nah, bagaimana? Kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu dari lima rekomendasi wisata edukasi Bogor di atas? Atau bahkan sudah pernah mengunjungi salah satunya dan ingin mengulang lagi?

Jika ke Bogor dan mengunjungi salah satu atau kelima wisata edukasi Bogor di atas, jangan lupa membeli oleh-oleh ya. Lapis Bogor Sangkuriang bisa menjadi alternatif yang oke untuk dibawa pulang loh. Harganya terjangkau, rasanya berkualitas, dan variasi rasanya banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat