Ikon Kota Bogor – Apa sih ikon kota itu? Ikon kota adalah sebuah daerah, maskot, benda, atau bahkan sosok yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Mudahnya, ketika seseorang menyebut ikon kota, kamu pasti segera mengingat daerah tersebut!

Nah, kali ini kita akan membahas tentang ikon kota Bogor. Ya, kota Bogor dikenal sebagai salah satu destiasni paling termahsyur yang dikunjungi ribuan wisatawan setiap tahunnya. Mulai dari iklimnya yang sejuk dan jauh dari hiruk pikuk kota besar hingga berbagai fasilitas wisata, semua tersedia di Bogor!

Berikut adalah kumpulan ikon kota Bogor yang bikin kamu selalu teringat kota ini. Apa saja ya?

1. Suryakencana Bogor, mewakili ikon kuliner Kota Bogor

Kalau mendengar kata Suryakencana, tidak lain tidak bukan yang dipikirkan pertama kali pastilah Bogor!

Suryakencana merupakan salah satu nama jalan di kota Bogor yang terkenal karena berbagai kuliner legendaris yang ada di daerah ini. Mulai dari Nasi Pete Guan Tjo hingga Martabak Encik, kamu tidak boleh ketinggalan untuk mengunjungi daerah ini!

Tidak heran bila daerah pecinan Bogor ini ramai dipadati turis apalagi saat masa liburan. Saat malam hari tiba, kamu dipastikan tidak akan kelaparan karena jajaran pedagang makanan yang melimpah ruah!

2. Asinan Bogor

Sumber: https://www.ngobrolin.id/

Kalau kamu mampir ke Bogor, belum lengkap jika belum mencoba asinan khas Bogor!

Mirip dengan asinan Betawi yang menggunakan kuah bumbu kacang, namun asinan Bogor justru menggunakan kuah dari cabai merah yang segar. Kamu bisa memilih asinan sayur, buah, atau kombinasi keduanya.

Rasanya? Asam, manis, dan segar! Berlawanan dengan nama ‘asin’, asinan Bogor justru nagih karena rasanya yang pas dinikmati di hari hujan. Salah satu kuliner asinan Bogor yang menjadi ikon kota Bogor adalah Asinan “Asli Bogor” yang lokasinya dekat dengan Kebun Raya Bogor.

3. Istana Kebun Raya Bogor

ikon kota bogor

Rasanya tidak ada yang tidak mengenal Istana Kepresidenan Bogor dan Kebun Raya Bogor, ya! Istana Bogor merupakan kediaman presiden Republik Indonesia yang berada di area Kebun Raya Bogor.

Sedangkan Kebun Raya Bogor sendiri merupakan kebun botani dimana kamu bisa menikmati ribuan koleksi lengkap flora Indonesia maupun mancanegara.

4. Puncak

ikon kota bogor

Meskipun termasuk dalam Kabupaten Bogor, Puncak tetap menjadi ikon kota Bogor yang tidak bisa dipisahkan. Berada di lereng pegunungan Gede-Pangrango yang sejuk dan tenang, Puncak selalu menjadi jujukan wisata yang dipadati setiap akhir pekan!

Kamu bisa menikmati perkebunan teh yang sudah dibangun sejak pemerintah kolonial Belanda. Pemandangannya sangat menakjubkan!

5. Stasiun KRL Jabodetabek

Siapapun yang bekerja di Jabodetabek pasti pernah mencoba menaiki KRL. Bogor merupakan pemberhentian terakhir KRL, sehingga tidak jarang ketika mendengar kata ‘stasiun terakhir’, jadi baper teringat kota Bogor yang sejuk dan nyaman!

6. Lawang Salapan dan Tugu Kujang

ikon kota bogor

Lawang Salapan atau ‘Gerbang Sembilan’ dan Tugu Kujang menjadi sebuah landmark khas dari kota Bogor.

Artinya, kedua landmark ini pasti bisa kamu temukan sebagai lambang kota Bogor khususnya pada oleh-oleh para wisatawan. Jangan ngaku pernah ke Bogor kalau belum pernah mampir ke kedua landmark ini!

7. Talas Bogor

ikon kota bogor

Dianugerahi sumber daya alam melimpah, Bogor menjadi salah satu produsen talas terkenal di Indonesia. Tidak heran bila oleh-oleh Bogor pun berbahan baku talas.

Seperti Lapis Bogor Sangkuriang yang diolah dari talas Bogor lokal dengan kualitas terbaik, sehingga pas menjadi teman perjalananmu berjalan-jalan di Bogor.

Itu dia kumpulan ikon kota Bogor yang bikin kangen. Bagi yang baper karena teringat kenangan manis di Bogor atau ingin berkunjung, jangan lupa untuk mampir ke outlet atau mitra resmi Lapis Bogor Sangkuriang juga, ya! Manisnya pengalaman kamu saat berkelana di kota Bogor bakal makin lengkap, nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?