CFD Bogor – Car Free Day adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti Hari Bebas Kendaraan Bermotor. Pada awal dikenalnya kegiatan ini, aktivis lingkungan dan transportasi mengajak masyarakat untuk menurunkan penggunaan kendaraan bermotor.

Sedangkan di Indonesia sendiri, kegiatan car free day (yang sering pula disebut CFD) biasanya dipadukan dengan berbagai aktivitas sosial, olahraga, maupun bisnis. Tak terkecuali di Kota Hujan, CFD Bogor juga mendatangkan antusias yang besar bagi warganya. 

Yuk, intip keseruan CFD Bogor di artikel berikut!

Keseruan hari bebas berkendari di Bogor

Sumber: https://mediaindonesia.com/

Hari bebas kendaraan bermotor mulai dikenal di Bogor untuk meningkatkan kualitas udara. Sejak saat itu, para warganya pun secara rutin turut serta menurunkan ketergantungan menggunakan kendaraan bermotor, terutama di hari saat car free day itu ditentukan.

Biasanya,CFD Bogor  diadakan setiap akhir pekan selama beberapa kali setiap bulannya.

Pemerintah kota pun mengajak masyarakatnya untuk memberikan kontribusinya dalam menurunkan ketergantungan berkendara agar dapat kualitas udara yang sehat dan bersih dapat tercipta di Bogor. 

Para warganya juga senantiasa menyambut kegiatan ini, bahkan seringkali dijadikan waktu untuk berolahraga bersama keluarga, teman, maupun komunitas.

Karena tidak diperkenankan membawa kendaraan, maka pada hari itu masyarakat berbondong-bondong menuju kawasan CFD Bogor dengan berjalan kaki, bersepeda, atau jogging

Kegiatan yang biasanya di lakukan saat car free day

cfd bogor

Tidak hanya sekedar tidak membawa kendaraan, namun car free day di Indonesia juga dijadikan ajang berinteraksi sosial. Tak jarang melihat banyak komunitas dari berbagai bidang berkumpul dan mengekspresikan diri serta keahlianya selama waktu car free day. 

Di CFD Bogor, kamu juga pasti akan melihat pemandangan masyarakat yang pada ‘buka lapak’ berdagang, entah itu di bidang food and beverage, fashion, dan lain sebagainya. Selagi jalan santai, kamu bisa sambil melihat-lihat lapak yang unik-unik, juga jajan untuk santap pagi.

Lokasi CFD Bogor

cfd bogor

CFD Bogor biasanya dilakukan di hari Minggu pada jam 06.00 hingga 09.00 pagi. Lokasinya terletak di Jalan Jend. Sudirman. Sebelumnya, CFD Bogor diadakan di Jalan Jalak Harupat. 

Jalan Jend. Sudirman dipilih sebagai lokasi car free day karena dianggap sebagai kawasan yang pas untuk melakukan kegiatan-kegiatan di hari bebas berkendara.

Panjang jalannya yang mencapai 1.303 meter dan banyaknya alternatif area parkir di sekitar jalan tersebut menjadi pertimbangan pemerintah Kota Bogor.

Di titik tersebut, jalanan akan ditutup sepanjang kurang lebih satu kilometer untuk mengurangi pembuangan emisi gas bermotor di lokasi tersebut. Namun, tetap disediakan jalur alternatif di sekitar lokasi sebagai jalur lalu lintas.

Itu tadi informasi seputar CFD Bogor. Sambil menikmati udara pagi yang segar tanpa asap kendaraan bermotor, kamu bisa membawa Lapis Bogor Sangkuriang sebagai sarapan yang bisa kamu santap selagi di area car free day.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?